PKN Daftarkan 580 Bacaleg, Partai Gelora Hanya 481

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU RI pada Minggu, (14/5/2023) malam. PKN mendaftarkan total sebanyak 580 bacaleg.

oleh Nila Chrisna YulikaDelvira Hutabarat diperbarui 15 Mei 2023, 07:37 WIB
Sekjen Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Sri Mulyono menyerahkan dokumen daftar bakal calon legislatif (bacaleg) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (14/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU RI pada Minggu, (14/5/2023) malam. PKN mendaftarkan total sebanyak 580 bacaleg.

"Alhamdulillah PKN sudah menyerahkan pendaftaran caleg," kata Waketum PKN Gerry Hakubun di KPU RI, Menteng, Minggu (14/5/2023).

Menurut Gerry, 580 bacaleg berasal dari 84 dapil seluruh Indonesia. Dari total bacaleg tersebut, eks Ketum Demokrat Anas Urbaningrum (AU) tidak mendaftar menjadi caleg.

Alasannya, Anas masih menjalani cuti menjelang bebas dari statusnya sebagai napi.

"Mas AU belum bisa untuk menjadi, bukan cuma cuti menjelang bebas, tapi beliau belum bisa dicalonkan atau mencalonkan menjadi jabatan yang seperti legislatif dan eksekutif, tapi beliau punya hak asasi manusia untuk berserikat dan berkumpul termasuk organisasi politik. Sehingga beliau belum bisa untuk mencalonkan diri," kata Gerry.

Sementara itu, Partai Gelora juga resmi mendaftarkan bacaleg 2024 ke KPU hari ini. Total sebanyak 481 bacaleg yang didaftarkan.

"Kami malam ini mendaftarkan 481 orang calon dari 580 seat ya ini secara presentase hampir 83%," ujar Sekretaris Jenderal Partai Gelora, Mahfuz Sidik, Minggu (14/5/2023).

Salah satu nama Bacaleg DPR RI dari Gelora adalah Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah. "Pak Fahri Hamzah karena beliau memang publik figur ya, dan basis pendukung beliau juga sangat kuat dan fanatik di NTB, beliau sekarang Pak Fahri Hamzah maju dari NTB 1, Sumbawa ya," kata Mahfuz.

Infografis Ramai-Ramai Daftar Bakal Caleg Pemilu 2024 ke KPU. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya