Figur Kuat Cawapres Pilihan PPP, Arsul Sani: Ada Pak Erick Thohir

Diakuinya, Erick Thohir menjadi figur yang mendapat banyak atensi kuat dari para kader. Menurut dia hal tersebut menjadi wujud aspirasi yang harus ditangkap oleh para pengurus PPP.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Mei 2023, 18:43 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi di acara Seminar Nasional dan Temu Tokoh Perempuan WPP di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat. (Winda Nelfira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu figur yang masuk dalam radar calon wakil presiden (cawapres) pilihan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Nama Erick Thohir muncul berdasarkan usulan dari kader akar rumput di berbagai daerah.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP, Arsul Sani mengatakan, sebelumnya PPP sudah melakukan musyawarah Bersama pada kader di seluruh wilayah. Hal itu dilakukan untuk menjadi figur-figur kuat untuk dapat diusung di Pilpres 2024.

Diakuinya, Erick Thohir menjadi figur yang mendapat banyak atensi kuat dari para kader. Menurut dia hal tersebut menjadi wujud aspirasi yang harus ditangkap oleh para pengurus PPP.

“Kita kan melakukan proses bottom up, ya ada Pak Erick Thohir,” kata Arsul Sani dikutip Senin (15/5/2023).

Dia mengungkapkan bahwa setiap figur yang muncul merupakan hasil dari musyawarah bersama yang dilakukan di internal PPP. Sehingga bakal diajukan dalam penentuan sosok cawapres terhadap para partai koalisi.

“Itu nama-nama yang memang ada diproses bottom up-nya PPP untuk cawapres,” ujar Arsul Sani.

Kondisi demikian ditambah dengan tingkat elektabilitas Erick Thohir yang konsisten tumbuh positif. Terdapat dalam sejumlah hasil rekaman survei, elektabilitas dari eks Presiden Inter Milan ini berhasil tempati daftar teratas.

Hasil rekaman survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada periode 11-17 April 2023. Tergambar begitu jelas, capaian elektabilitas Erick Thohir konsisten tunjukkan peningkatan positif yang sangat signifikan.

Tren elektabilitas Erick Thohir terus mengalami kenaikan pesat dalam beberapa waktu belakangan. Mulai dari Februari 17,5 persen lalu Maret sebesar 11,3 persen. Kemudian melesat pada April menjadi 17,3 persen.


Erick Sosok Religius

Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dinilai oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy sebagai sosok pemimpin religius dalam peta perpolitikan Indonesia. Menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, menurutnya kepemimpinan ideal Indonesia ke depan bercorak nasionalis dan religius.

Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pemeluk agama Islam, karena itu sosok religius sangat penting dalam kepemimpinan nasional. Sosok pemimpin religius Erick Thohir dinilai cocok untuk bersanding dengan pemimpin yang bercorak nasionalis.

“Hari ini sosok nasionalis dan religius tidak bisa dipisahkan. Pak Erick Thohir salah satu pemimpin yang memiliki branding religius,” terang pria yang akrab disapa Rommy tersebut.

Mantan Ketum PPP ini kemudian menjelaskan religiusitas Erick Thohir terhubung erat dengan organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU). Dimana Erick Thohir adalah Anggota Kehormatan Banser NU.

Erick Thohir juga telah mengemban amanah dari PBNU untuk menyelenggarakan peringatan satu abad NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU. Ia berhasil menyelenggarakan acara tersebut dengan sukses dan meriah sebagai ketua panitia.

“Pak Erick Thohir masuk menjadi Banser dan Ketua Panitia Satu Abad NU, artinya ia sudah menjadi NU,” ujar Rommy.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya