Utang Warga Amerika Tembus Rp 252 Kuadriliun Pertama Kalinya, Apa Sebabnya?

Beban utang warga Amerika Serikat melonjak sebesar USD 2,9 triliun sejak akhir 2019.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 16 Mei 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi Beban utang warga Amerika Serikat. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Tingkat utang warga Amerika terus melejit ketika kondisi ekonomi menjadi semakin tidak stabil. Federal Reserve Bank of New York melaporkan saldo utang rumah tangga mampu mencetak rekor tertinggi untuk pertama kalinya mencapai USD 17,05 triliun atau sekitar Rp 252,7 kuadriliun selama kuartal pertama (Q1).

Angka utang AS ini tumbuh USD 148 miliar atau 0,9 persen dari kuartal 4 tahun lalu. Beban utang itu telah melonjak sebesar USD 2,9 triliun sejak akhir 2019.

Selama kuartal pertama, melanir CNN, Selasa (16/5/2023), peningkatan utang terlihat di hampir semua kategori, dengan saldo yang lebih besar untuk hipotek, jalur kredit ekuitas rumah, pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa, kartu ritel, dan pinjaman konsumen lainnya.

Efek dari Pengeluaran yang Kuat

Sampai saat ini, utang kartu kredit telah meningkat pada kecepatan tertajam dari semua utang yang tercakup dalam laporan tersebut, kata analis industri senior untuk Bankrate Ted Rossman.

“Menurut saya itu mencerminkan lebih banyak orang menggunakan kartu kredit untuk membiayai kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Dia mencatat, penelitian Bankrate menunjukkan bahwa 46 persen pemegang kartu memiliki utang setiap bulannya, dengan 54 persen membayar penuh, kata Rossman.

Di samping itu, penyebab utamanya adalah inflasi, peningkatan pengeluaran sejak pandemi dan perilaku konsumen yang khas, tambah Kepala Analis Kredit di LendingTree Matt Schulz.

Peningkatan utang kartu kredit bisa menjadi tanda kepercayaan atau perjuangan.“Kecuali pada saat bencana ekonomi, seperti awal pandemi atau Resesi Hebat, utang kartu kredit terus bertambah,” kata Schulz.

“Kedua peristiwa itu adalah satu-satunya saat dalam beberapa dekade di mana kami melihat penurunan yang berarti dalam utang kartu kredit.”

Meskipun utang naik ke rekor baru, rata-rata rumah tangga secara efektif mengelola kewajiban mereka. Menurut laporan Fed New York, porsi utang saat ini menjadi tunggakan meningkat di sebagian besar jenis utang.

Namun, sebagian besar menetap di bawah tingkat pra-pandemi. Tingkat kenakalan turun tajam pada awal pandemi.

Sementara itu, "ledakan pembiayaan kembali" juga membantu posisi keuangan rumah tangga, catat para peneliti New York Fed.

Selama pandemi, 14 juta hipotek dibiayai kembali, memungkinkan USD 430 miliar ekuitas rumah untuk diekstraksi melalui pembiayaan kembali secara tunai.

Sekitar 64 persen dari tindakan tersebut adalah pembiayaan kembali pemilik rumah ke tingkat yang lebih rendah, yang memungkinkan pengurangan pembayaran rata-rata USD 220 per bulan, menurut para peneliti.

"Boom pembiayaan kembali hipotek telah berakhir, tetapi dampaknya akan terlihat selama beberapa dekade mendatang," kata Andrew Haughwout, Direktur Penelitian Kebijakan Rumah Tangga dan Publik di The Fed New York, dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai hasil dari penarikan ekuitas yang signifikan, peminjam hipotek mengurangi pembayaran tahunan mereka hingga puluhan miliar dolar, menyediakan dana tambahan untuk pengeluaran atau pembayaran dalam kategori utang lainnya."

 


Tanda Peringatan

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Namun, kumpulan data rumah tangga terbaru ini membawa beberapa sinyal yang mengkhawatirkan, kata para peneliti dan analis New York Fed.

Tunggakan pinjaman otomatis untuk peminjam yang lebih muda, mereka yang berusia di bawah 40 tahun, melampaui tingkat pra-pandemi. Dengan inflasi yang menaikkan harga mobil, pembayaran rata-rata berkisar sekitar USD 700 per bulan, kata Rossman.

“Bagi sebagian orang, pembayaran mobil mungkin menyaingi pembayaran sewa. Akan tetapi sekali lagi, harga sewa telah naik sangat banyak sehingga saya pikir itu adalah efek kumulatifnya,” kata Rossman. “Harga lebih tinggi untuk banyak hal, suku bunga lebih tinggi. Saya merasa tren itu bertabrakan secara negatif, sayangnya, untuk banyak rumah tangga.”

Selain itu, laporan ini tidak sepenuhnya mencerminkan efek dan beban utang dari pinjaman cicilan Beli Sekarang, Bayar Nanti, catat para peneliti New York Fed.

“Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk berutang, tetapi lebih buruk lagi ketika ada banyak ketidakpastian,” katanya.

Bagi konsumen yang terbebani hutang, ada hikmahnya dari tingkat tabungan yang lebih tinggi, kata Schulz. Rossman mencatat ada jalan lain juga.

“Di masa mendatang, kita terjebak dengan suku bunga kartu kredit yang tinggi, saldo yang tinggi, dan lebih banyak orang yang memiliki hutang,” katanya. “Saran saya adalah membayar utang kartu kredit, secepat dan seefektif mungkin.”

Dia menambahkan, "Kemungkinannya adalah, jika Anda memiliki hutang kartu kredit, ini adalah suku bunga tertinggi Anda dengan margin yang lebar, jadi menurut saya itu perlu menjadi prioritas."

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya