Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Erick Thohir Siapkan Bonus Berapa?

Tim nasional U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final di SEA Games 2023. Kabarnya, banyak bonus menanti bagi para pemain timnas tersebut, termasuk dari pemerintah.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 17 Mei 2023, 14:57 WIB
Timnas Indonesia U-22 berselebrasi di podium setelah memenangkan pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa, 16 Mei 2023. Timnas Indonesia U-22 menang 5-2. (foto: Nhac NGUYEN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Tim nasional U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final di SEA Games 2023. Kabarnya, banyak bonus menanti bagi para pemain timnas tersebut, termasuk dari pemerintah.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir kabarnya juga telah menyiapkan bonus bagi para punggawa timnas Indonesia. Apalagi setelah menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas setelah 32 tahun penantian.

Kendati begitu, Erick belum mengungkap bentuk bonus yang akan diberikan. Termasuk besaran nominal yang disiapkan. Yang pasti, pemerintah sendiri telah menganggarkan sejumlah dana sebagai bonus untuk peraih medali di ajang Sea Games 2023.

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus," kata Erick Thohir, dikutip Rabu (17/5/2023).

Sebelumnya, Erick juga pernah mengungkap akan memberikan bonus. Ungkapan itu disampaikan saat klub PSM Makassar menjadi pemenang BRI Liga 1. Tak tanggung-tanggung, ada dana Rp 2 miliar bonus yang dikucurkan.

"PSM (juara Liga 1) saja ada bonus, masa ini enggak ada. Ya pasti ada lah (bonus untuk pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2023),” katanya beberapa waktu lalu.

Bonus dari Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Pemerintah akan memberikan hadiah atau bonus kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil memenangkan medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Namun, Jokowi belum mengungkap besaran hadiah yang akan dikeluarkan pemerintah untuk timnas dan atlet Indonesia peraih medali SEA Games.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Jokowi pun menyambut kemenangan Timnas U-22 kali ini di ajang SEA Games, yang menjadi penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun. "Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," tuturnya.

 

 


Jokowi Bangga

Muhammad Ramadhan Sananta pada pertandingan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023 Kamboja. (dok.PSSI)

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final sepak bola SEA Games 2023.

Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta.

Dengan penantian selama 32 tahun, Jokowi mengungkapkan ikut merasa sangat bahagia melihat kemenangan timnas Indonesia

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," pungkasnya.

Dalam ajang SEA Games tahun 2021 di Vietnam, Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp. 130,5 miliar untuk atlet peraih medali. Adapun bonus yang diberikan kepada para pelatih dan asisten pelatih senilai Rp. 32 miliar.

 


Bonus Sea Games 2021

Selebrasi striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta setelah mencetak gol kedua ke gawang Thailand pada laga final cabor sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Saat ajang SEA Games tahun 2021 di Vietnam, bonus tertinggi yang diserahkan pemerintah kepada para peraih medali emas adalah sebesar Rp. 500 juta.

Bonus ini berlaku bagi atlet peraih medali emas pada sektor tunggal. Rincian hadiah peraih medali lainnya adalah sebagai berikut:

- Peraih emas sektor ganda mendapatkan Rp. 400 juta

- Peraih medali perak pada kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan Rp. 300 juta, Rp. 240 juta, dan Rp. 120 juta

- Peraih medali perunggu untuk kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan Rp. 150 juta, Rp. 120 juta, dan Rp. 105 juta.

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya