SEA Games 2023 Resmi Ditutup, Indonesia Lampaui Target Plus Akhiri Penantian 32 Tahun

SEA Games 2023 di Kamboja resmi ditutup, Rabu (17/5/2023) malam WIB. Indonesia melampaui target medali emas dan mengakhiri penantian 32 tahun dari cabang sepak bola.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 17 Mei 2023, 21:40 WIB
Upacara penutupan atau closing ceremony SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (17/5/2023) malam WIB. (TANG CHHIN SOTHY / AFP)

Liputan6.com, Jakarta SEA Games 2023 di Kamboja resmi ditutup. Acara penutupan atau closing ceremony digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023) malam WIB.

Indonesia dalam SEA Games edisi ke-32 ini berada di peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali. Kontingan Merah Putih meraih 276 medali yang terdiri dari 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Perolehan medali emas Indonesia melampaui target yang ditetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, yakni 60 medali emas. Sedangkan Presiden Joko Widodo mengusung target lebih tinggi, yaitu 69 medali emas.

Selain itu, Indonesia juga mengakhiri penanti selama 32 tahun medali emas dari cabang sepak bola. Ini setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand pada laga final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor telak 5-2 lewat babak perpanjangan waktu. Sukses Skuad Garuda diwarnai hujan kartu merah dan kuning.

 


Berlangsung Meriah

Atraksi bela diri khas Kamboja, yakni kun bokator dalam acara penutupan atau closing ceremony SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023) malam WIB. (foto: Tang Chhin Sothy / AFP)

Closing ceremony SEA Games 2023 berlangsung meriah dengan atraksi musikal dari para artis ternama Kamboja. Mereka menyanyikan lagu resmi SEA Games 2023 dengan mengunakan kostum indah warna-warni.

Performa mereka dilengkapi dengan beragam tarian. Lampu warna-warni yang menyinari Morodok Techo National Stadium semakin menambah semarak acara penutupan.

Acara dilanjutkan atraksi bela diri khas Kamboja, yakni kun bokator. Ratusan penampil beraksi dengan berbagai gerakan kun bokator yang menunjukkan semangat dan daya juang para pejuang Kamboja.

Pertunjukan kun bokator juga menampilkan berbagai macam koreografi yang selaras dengan lantunan musik yang dimainkan. Atraksi indah itu pun mengundang decak kagum para penonton yang bersorak-sorai melihat kehebatan mereka.

Setelah itu, parade atlet yang berasal dari 11 negara peserta pun berjalan memasuki tengah lapangan. Mereka mengenakan setelan training yang dilengkapi dengan jaket tim mereka.

Atlet Indonesia dengan bangga mengenakan setelan bernuansa hitam dan merah. Saat berjalan, para atlet memamerkan medali emas, perak, dan perunggu yang mereka dapatkan pada SEA Games 2023.

Acara dilanjutkan dengan penurunan bendera SEA Games yang diserahkan perwakilan Kamboja pada Thailand. Seperti diketahui, SEA Games 2025 akan berlangsung di Thailand.

Tak hanya menyerahkan bendera, sebagai penanda SEA Games akan beralih dari Kamboja ke Thailand, dalam acara penutupan juga ditampilkan tarian kebudayaan dari Negeri Gajah Putih. 


Atlet Terbaik SEA Games 2023

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen memberi salam hormat saat upacara penutupan atau closing ceremony SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (17/5/2023) malam WIB. (Tang Chhin Sothy / AFP)

Acara penutupan atau closing ceremony SEA Games 2023 juga mengumumkan atlet terbaik dari ajang multievent ini. Mereka adalah Ting Wen Quah dari Singapura dan atlet Kamboja Pal Choraksmey.

Ting Weng Quah dinobatkan sebagai atlet terbaik setelah meraih delapan medali dari cabang renang. Ia merebut enam medali emas dan dua perak.

Sementara Pal Choraksmey tampil gemilang pada cabang Vovinam. Dia sukses mendulang enam medali, yakni empat emas, satu perak dan satu perunggu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya