9 Gejala Hipertensi yang Kebanyakan Wanita Tak Sadari, Bisa Jadi Silent Killer

Berikut ini gejala hipertensi pada wanita yang dapat menjadi silent killer

oleh Sulung Lahitani diperbarui 19 Mei 2023, 18:05 WIB
Ilustrasi kontrol tekanan darah. Credits: pexels.com by Pavel Danilyuk

Liputan6.com, Jakarta Para ahli telah memperingatkan wanita di seluruh dunia tentang bahaya yang ditimbulkan oleh tekanan darah tinggi, karena dokter mendesak mereka untuk menganggapnya serius.

Menurut NHS seperti dilaporkan oleh Mirror, tekanan darah tinggi “jarang memiliki gejala yang terlihat”, tetapi jika tidak diobati dapat meningkatkan risiko masalah serius, dan berpotensi mematikan, seperti serangan jantung dan stroke. Sekitar 1 dari 4 orang dewasa di Inggris menderita silent killer ini tetapi bahkan mungkin tidak menyadarinya.

Ketika tekanan darah terlalu tinggi, itu memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung, otak, dan organ lain seseorang termasuk mata dan ginjal. Tekanan darah tinggi yang terus-menerus dapat menyebabkan kondisi yang berpotensi mematikan.

Ahli jantung dari European Society of Cardiology (ESC) telah menyoroti bahwa risiko penyakit jantung meningkat pada tingkat tekanan darah yang lebih rendah untuk wanita, dibandingkan dengan pria.

Profesor Angela Maas, direktur emeritus Women's Cardiac Health Programme, Radboud University Medical Centre, Belanda, mengatakan: "Pesan saya kepada semua wanita adalah untuk memperhatikan tekanan darah Anda dengan serius, ketahuilah nilai-nilai Anda [pembacaan tekanan darah] dan yakinkan dokter Anda bahwa jika terlalu tinggi maka perlu pengobatan. Jangan remehkan efek jangka panjang dari tekanan darah tinggi."

Maas menambahkan: "Salah satu konsekuensi terpenting dari hipertensi pada wanita adalah jenis gagal jantung di mana otot jantung menjadi kaku."

Hal ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi dan pencegahan sangat penting karena hanya ada sedikit perawatan yang tersedia, katanya.

 


9 gejala silent killer hipertensi pada wanita

Ilustrasi hipertensi pada milenial. Photo by Mockup Graphics on Unsplash

Berikut sembilan gejala yang perlu diketahui wanita:

  1. Kelelahan
  2. Retensi cairan
  3. Sesak napas di kemudian hari
  4. Palpitasi
  5. Nyeri di dada atau di antara tulang belikat
  6. Sakit kepala
  7. Sesak napas
  8. Kelelahan
  9. Rasa panas

Beberapa gejala dapat disalahartikan sebagai menopause, stres, atau kecemasan. Tekanan darah tinggi juga dikaitkan dengan demensia pada Hari Hipertensi Sedunia di mana dokter telah mendesak wanita untuk tidak menunggu sampai kerusakan terjadi di kemudian hari sebelum mereka memikirkan tekanan darah.

NHS mengatakan tekanan darah tinggi adalah apabila angkanya lebih dari 140/90mmHg ke atas.

Namun, orang dengan kondisi kesehatan yang menyertai mungkin berisiko mengalami tingkat tekanan darah yang lebih rendah dari ini - dan Maas mengatakan "diskusi sedang dilakukan tentang apakah nilai tekanan darah normal harus lebih rendah pada wanita dibandingkan pria".

Tetapi meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum pedoman apa pun diubah, para ahli telah menyarankan wanita untuk memeriksakan tekanan darah mereka setiap tahun sejak usia 40 tahun ke atas.


Kenali 5 Gejala Infeksi Menular Seksual Pada Pria yang Tak Boleh Diabaikan

Ilustrasi buang air besar (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Infeksi menular seksual (IMS) adalah salah satu aspek kehidupan seksual yang banyak ditakuti individu.

Namun, banyak di antara individu yang tidak membicarakannya secara terbuka dan ragu untuk pergi ke dokter. Padahal, mengabaikan infeksi menular seksual memberikan ruang lingkup untuk maju dan memengaruhi kualitas hidup termasuk kesuburan.

IMS juga harus diwaspadai karena bisa dengan mudah ditularkan dari satu pasangan seksual ke pasangan seksual lainnya.

Untuk itu, mengetahui tanda-tanda IMS bisa membantu seseorang mengidentifikasi masalah dengan cepat dan mendapatkan penanganan medis.

Berikut beberapa gejala infeksi menular seksual yang terlihat di bagian tubuh pribadi laki-laki, seperti melansir dari Times of India, Jumat (19/5/2023).

1. Sensasi terbakar saat buang air kecil

Ini menjadi tanda klasik IMS yang terlihat pada pria. Wanita juga mengalami hal ini ketika mengalami komplikasi serupa.

Gejala umum penis ini disertai dengan keinginan untuk buang air kecil lebih sering dan rasa sakit yang tajam saat buang air kecil.

2. Keluar cairan dari penis yang tidak bisa dijelaskan

Gejala IMS lain yang tidak boleh diabaikan pria adalah keluarnya cairan abnormal dari penis.

Ini bisa berupa cairan yang tidak berbau, atau cairan bewarna. Terkadang keluarnya cairan berbau busuk yang membutuhkan perhatian medis.


3. Kesulitan saat ejakulasi

Ilustrasi Mengejan dan Sembelit Saat Buang Air Besar Credit: pexels.com/Drio

IMS akan mempersulit pria untuk ejakulasi selama berhubungan seksual. Jika Anda sudah lama mengalami hal ini, jangan ragu dan segera konsultasikan ke dokter.

Gejala ini ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketidaknyamanan saat berhubungan seks dan saat ejakulasi.

4. Nyeri di perut

Anda akan terkejut mengetahui bahwa nyeri perut yang tidak bisa dijelaskan, terutama perut bagian bawah, dapat disebabkan oleh IMS.

5. Benjolan gatal di area pribadi

Jangan langsung panik setelah melihat bintil-bintil merah di area pribadimu. Hal ini mungkin karena kebiasaan tidak bersih seperti tidak membersihkan aren tersebut dengan baik, atau tidak mencuci sabun dengan benar dari tempat tersebut, atau memakai pakaian dalam yang kotor.

Namun, jika masalah berlanjut selama beberapa hari, jangan tunda lagi dan segera periksakan ke dokter.

Infografis tanda dan gejala hipertensi. Infographic hypertension by Freepik

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya