Arsenal Kasihan Banget, 248 Hari Memimpin Klasemen Liga Inggris eh Gak Juara

Arsenal gagal juara Liga Inggris meski begitu lama memuncaki klasemen selama 248 hari.

oleh Thomas diperbarui 21 Mei 2023, 10:00 WIB
Pemain Arsenal lesu usai rentatan hasil negatif sehingga gagal juara Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta Nasib Arsenal sungguh tragis. Meriam London dipastikan gagal menjadi juara Liga Inggris usai kalah 0-1 ketika dijamu Nottingham Forest di Stadion City Ground pada Sabtu (20/5/2023) malam waktu setempat. Gol tunggal Taiwo Awoniyi mengubur mimpi klub ibukota Inggris itu.

Kekalahan Arsenal dari Nottingham membuat Manchester City yang menjadi juara Liga Inggris musim 2022/2023. City memastikan menjadi juara tanpa perlu mengeluarkan keringat. Mereka baru bertanding melawan Chelsea nanti malam.

Dengan hasil di kandang Forest, Arsenal baru mendapat 81 poin dan berada di posisi dua klasemen Liga Inggris. Mereka tertinggal empat poin dari City. The Gunners cuma memiliki sisa satu laga lagi sehingga Manchester City tidak akan bisa mengejar City lagi.

Kegagalan Arsenal menjadi juara Liga Inggris musim 2022/2023 sangat memilukan. Pasukan Mikel Arteta nyaris selalu berada di puncak klasemen sepanjang musim. Mereka berkuasa selama 248 hari.

Arsenal pun tercatat dalam sejarah sebagai tim yang paling lama berkuasa tapi gagal menjadi juara di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Rekor terlama sebelumnya dipegang Newcastle United selama 212 hari di musim 1995-1996.

Praktis sudah tiga kali Arsenal mengalami nasib suram berkuasa nyaris sepanjang musim tapi gagal juara. Mereka pernah merasakannya di musim 2002/2003 (189 hari) dan 2007/2008 (156 hari).


Sejak Sombong Lawan Fulham

Pemain Arsenal lemas usai gagal juara Liga Inggris (AFP)

Kejatuhan Arsenal dimulai usai kemenangan 3-0 di kandang Fulham pada 12 Maret. Saat itu skuad Arsenal merayakan dengan besar-besaran dan merasa sudah akan menjadi juara. Usai pertandingan skuad Arsenal membawa jam raksasa di ruang ganti dengan menunjukkan angka 11 dan dua. Yang berarti 11 laga tersisa. Kala itu mereka unggul lima poin atas City.

Setelah perayaan berlebihan melawan Fulham, malapetaka terus menghampiri Arsenal. Lima hari kemudian mereka tersingkir dari Liga Europa setelah kalah adu penalti dari Sporting CP.


Puasa Lebih Lama Lagi

Arsenal memang kemudian menang dua kali dengan skror 4-1 di Liga Inggris usai tersisih dari Liga Europa. Namun setelahnya mereka tiga kali beruntun bermain imbang di Premier League sehingga City mulai semakin dekat.

Puncaknya Arsenal kalah telak 1-4 ketika dijamu Manchester City pada 27 April 2023. Sempat bangkit dengan menang dua kali melawan Chelsea dan Newcastle, The Gunners akhirnya harus merelakan gelar juara ke City setelah dihajar Brighton and Hove Albion dan kalah dari Nottingham Forest.

Fans Arsenal kini harus menunggu lebih lama lagi untuk merasakan kembali menjadi juara Liga Inggris. Arsenal terakhir kali menjadi juara Liga Iggris pada musim 2003/2004.


Klasemen

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya