Termasuk Eeng Saptahadi, 6 Artis Ini Meninggal Dunia Saat Terlibat Produksi Sinetron yang Masih Berjalan: Ada Ida Kusumah juga Benyamin Sueb

Aktor Eeng Saptahadi meninggal dunia pada Minggu, 21 Mei 2023. Selain Eeng, sederet artis ini juga meninggal ketika terlibat produksi sinetron yang sedang berjalan.

oleh Panditio Rayendra diperbarui 22 Mei 2023, 17:00 WIB
Adegan sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih tayang setiap hari di SCTV (Dok Sinemart)

Liputan6.com, Jakarta Aktor Eeng Saptahadi meninggal dunia pada Minggu (21/05/2023). Berpulang di usia 65 tahun, Eeng mengembuskan napas terakhirnya di RS Primaya Bekasi. Kabarnya, aktor ini meninggal akibat terinfeksi Covid-19.

Meninggalnya Eeng membuat rekan artis hingga penonton televisi berduka sekaligus kaget. Pasalnya, pria kelahiran Indramayu ini sedang terlibat dalam sinetron Takdir Cinta yang Kupilih tayangan SCTV. Minggu lalu, ia masih syuting sinetron garapan SinemArt Productions.

Meninggalnya artis yang masih aktif bekerja tentu membawa duka sekaligus keterkejutan bagi teman artis juga pemirsa. Eeng bukan satu-satunya. Tercatat seniman Betawi ikonis, Benyamin Sueb juga meninggal ketika produksi Si Doel Anak Sekolahan masih berjalan.

Salah satu anggota Golden Girls Indonesia, Ida Kusumah, juga tutup usia di pekan terakhir produksi sinetron Cinta Fitri Season 6. Berikut daftarnya dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (22/05/2023).


Benyamin Sueb

Benyamin Sueb (Foto: screenshot Youtube)

Benyamin Sueb dikenal sebagai seniman Betawi yang ikonis. Ia dikenal sebagai seniman serbabisa, mulai dari aktor, pelawak, sutradara hingga penyanyi. Benyamin meninggal dunia dalam usia 56 tahun pada 5 September 1995, terkena serangan jantung usai bermain bola.

Kala itu, Benyamin sedang terlibat syuting Si Doel Anak Sekolahan musim ketiga. Ia berperan sebagai Babe Sabeni, ayah dari Doel (Rano Karno). Karakter Babe akhirnya dibuat meninggal lantaran mengalami kecelakaan.

Saat tampil dalam podcast Sule pada 2021, Rano Karno mengenang harus membuang naskah 13 episode Si Doel Anak Sekolahan yang telah rampung. Rano juga sempat tak ingin melanjutkan syuting, namun dorongan kru dan pemain lain membuat Si Doel Anak Sekolahan terus berlanjut hingga musim tujuh, serta film layar lebar dan mini seri.


ida Kusumah

ida Kusumah (dok Liputan6)

Aktris kawakan Ida Kusumah meninggal dunia pada 25 November 2011, di lokasi syuting Cinta Fitri season 6. Ia mengalami serangan jantung saat tengah beristirahat di ruang tunggu. Dalam Cinta Fitri, Ida memerankan tokoh Oma (nenek dari Farrel yang diperankan Teuku Wisnu) yang sering menimbulkan kelucuan saat konfrontasi Miska (Dinda Kanyadewi).

Ida meninggal di pekan terakhir syuting Cinta Fitri season 6. Pada Cinta Fitri season 7, karakter Oma diceritakan sudah meninggal dunia.


Didi Petet

Penonton berfoto di depan poster almarhum Didi Petet di luar ruang Teater Luwes Institut Kesenian Jakarta, Cikini, Selasa (23/6/2015). Memperingati 40 hari kepergian Didi Petet, IKJ menggelar acara bertema 'Wajah Rinduku'. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Preman Pensiun merupakan sinetron yang populer di Indonesia, sudah menghasilkan delapan musim juga dibuatkan film bioskop, beberapa FTV dan sempalan. Awal tayang 2015, Preman Pensiun memasang Didi Petet sebagai pemeran utama, melakonkan tokoh Kang Bahar.

Namun Didi Petet meninggal dunia pada 15 Mei 2015, di usia 58 tahun. Didi mengalami komplikasi penyakit lambung dan meninggal di rumahnya. Didi berpulang di tengah produksi Preman Pensiun 2 berjalan. Karakter Kang Bahar akhirnya juga dibuat meninggal.


Renita Sukardi

Renita Sukardi (Instagram)

Artis Renita Sukardi meninggal pada 10 April 2017 dalam usia yang relatif muda, 37 tahun. Sejak sekitar tahun 2015, Renita diketahui mengidap kanker payudara.

Beberapa hari sebelum meninggal, Renita mengunggah potretnya saat syuting sinetron Tukang Ojek Pengkolan. Ia kala itu mengaku bersyukur masih bisa syuting meski pengambilan gambar dirinya selalu dalam kondisi berbaring.


Eddy Riwanto

Eddy Riwanto dan Uci Bing Slamet sama-sama bermain dalam sinetron Cinta Suci di SCTV. (Istimewa)

Aktor Eddy Riwanto berpulang dalam usia 63 tahun pada 29 April 2019. Eddy meninggal di lokasi syuting sinetron Cinta Suci, usai menjalankan sholat Ashar. Eddy meminta izin untuk berbaring sebentar, namun ketika dibangunkan pria asal Lampung sudah tak sadarkan diri. Sempat dibawa ke UGD RS Melia Cibubur, namun tak tertolong.


Eeng Saptahadi

Adegan sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih tayang setiap hari di SCTV (Dok Sinemart)

Identik dengan peran antagonis, Eeng Saptahadi tampil sebagai sosok ayah bijaksana dalam sinetron Takdir Cinta yang Kupilih tayangan SCTV. Tak disangka, peran ini jadi penampilan terakhir Eeng. Pada Minggu (21/05/2023), Eeng tutup usia akibat Covid-19 pada umur 65 tahun.

Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya