Cuaca Indonesia Hari Ini Selasa 23 Mei 2023: Langit Pagi Diprediksi Cerah Berawan

Langit pagi Indonesia pada pagi hari ini, Selasa (23/5/2023) hampir keseluruhannya diprakirakan berawan dan cerah berawan. Begitulah prediksi cuaca Indonesia hari ini, Selasa (23/5/2023).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 23 Mei 2023, 15:01 WIB
Warga beraktivitas menggunakan payung saat suhu udara mencapai 35 derajat Celcius di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah) Event

Liputan6.com, Jakarta - Langit pagi Indonesia pada pagi hari ini, Selasa (23/5/2023) hampir keseluruhannya diprakirakan berawan dan cerah berawan, kecuali kabut di Pekanbaru, lalu hujan ringan di Tanjung Pinang serta Ambon. Begitulah prediksi cuaca Indonesia hari ini, Selasa (23/5/2023).

Kemudian pada siang hari nanti, sebagian langit Indonesia bakal berawan, cerah berawan, cerah, hujan ringan, dan hujan sedang, seperti laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hujan dengan intensitas ringan diprediksi guyur wilayah Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, dan Ternate, sedangkan hujan sedang di Kendari dan Medan pada siang nanti.

Begitu pula pada malam hari nanti, cuaca Indonesia sebagian langitnya akan berawan, cerah berawan, berawan tebal, cerah, hujan ringan, dan hujan sedang.

Wilayah yang pada malam nanti diprediksi bakal turun hujan ringan yaitu Palangkaraya, Pangkal Pinang, dan Kota Jayapura, serta hujan sedang di Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Gorontalo   Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Jambi   Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Bandung   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Semarang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Surabaya   Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Pontianak   Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Banjarmasin   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Palangkaraya  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Samarinda  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Tarakan   Berawan  Cerah Berawan  Berawan Tebal
 Pangkal Pinang  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tanjung Pinang   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Bandar Lampung  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Ambon   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
 Ternate   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Mataram   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Kupang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kota Jayapura  Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Manokwari   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Pekanbaru   Kabut  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Mamuju   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Makassar   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kendari   Berawan  Hujan Sedang  Berawan
 Manado    Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Padang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Palembang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang

Perbedaan Iklim dan Cuaca

Beraktivitas di Tengah Cuaca Panas Tak Biasa, Apa Anak Butuh Tabir Surya? Foto: Pixabay.

Perbedaan iklim dan cuaca memberi dampak khusus bagi lingkungan. Iklim dan cuaca menjadi penentu kondisi lingkungan di suatu wilayah. Iklim dan cuaca merupakan fenomena yang dirasakan efeknya setiap hari.

Terkadang, orang sulit mengenali perbedaan iklim dan cuaca. Padahal keduanya adalah kondisi uang berbeda. Meski berbeda, ada keterkaitan antara perbedaan iklim dan cuaca.

Perbedaan iklim dan cuaca bisa memengaruhi tiap bagian belahan bumi. Perbedaan iklim dan cuaca bisa dilihat dari periode, wilayah, dan dampaknya bagi lingkungan. Mengenali perbedaan iklim dan cuaca penting untuk mengamati perubahan pada lingkungan.

Berikut sederet perbedaan iklim dan cuaca yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

Perbedaan Iklim dan Cuaca: Pengertian

Iklim

Menurut Buku Saku Klimatologi oleh BMKG, iklim adalah Iklim adalah kondisi rerata atmosfer (cuaca) yang relatif lama pada wilayah yang luas.

Iklim adalahkondisi rata-rata atmosfer selama periode waktu yang lama, seperti dalam rentang waktu 30 tahun atau lebih, untuk lokasi tertentu.

KBBI mendefinisikan iklim sebagai keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah. Menurut NASA, iklim adalah gambaran pola cuaca jangka panjang di suatu daerah.

Cuaca

Menurut Peraturan Kepala BMKG nomor 009 tahun 2010, pengertian cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. KBBI mendefinisikan cuaca sebagai keadaan udara (tentang suhu, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

Menurut NASA, pengertian cuaca adalah cara atmosfer berperilaku, terutama yang berkaitan dengan pengaruhnya terhadap kehidupan dan aktivitas manusia.


Perbedaan Iklim dan Cuaca: Periode Waktu

Rumput gajah mini cukup tahan terhadap cuaca ekstrem, namun pastikan untuk memberikan perlindungan jika terjadi hujan deras atau cuaca sangat panas. (Sumber: Pinterest/jualrumputtaman.my.id)

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca yang utama adalah periode waktu berlangsungnya. Iklim menggambarkan kondisi rata-rata atmosfer selama periode waktu yang lama, seperti dalam rentang waktu 30 tahun atau lebih. Kondisi iklim jauh lebih tidak mudah berubah.

Menurut World Meteorological Organization (WMO), periode waktu untuk mendeskripsikan iklim adalah minimal 30 tahun.

Misalnya saat suatu wilayah dinyatakan beriklim tropis, itu adalah sintesa dari data keadaan atmosfer dalam rentang minimal 30 tahun.

Cuaca

Sementara cuaca adalah sekumpulan kondisi atmosfer di satu lokasi untuk periode waktu terbatas mulai dari menit sampai bulan. Cuaca bisa berubah dalam hitungan hari atau jam.

Di kebanyakan tempat, cuaca dapat berubah dari menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari, dan musim ke musim. ontohnya cuaca sepanjang hari, malam, atau pada titik tertentu pada siang hari.


Perbedaan Iklim dan Cuaca: Wilayah yang Terdampak

Pengendara motor menggunakan jas hujan saat hujan deras mengguyur kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini dipengaruhi oleh kemunculan bibit siklon tropis 92S di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca juga bisa dilihat dari wilayah yang terdampak. Iklim menjadi pola cuaca rata-rata untuk wilayah tertentu.

Daerah yang berbeda memiliki iklim daerah yang berbeda pula. Pola cuaca rata-rata di suatu tempat selama beberapa dekade disebut iklim.

Kondisi iklim juga berbeda antara satu bagian planet dengan bagian lainnya. Contohnya, Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu udara tinggi, sementara di Inggris memiliki iklim sedang yang sejuk dan basah.

Cuaca

Cuaca bisa berbeda antara lingkungan, kota, atau daerah di permukaan bumi. Cuaca adalah kondisi awan yang selalu berubah.

Misalnya, jika di Jakarta sedang turun hujan, di Yogyakarta justru sedang panas terik. Ini menunjukkan bahwa wilayah yang terdampak cuaca bisa lebih sempit dibanding iklim yang berdampak bagi sebagian besar wilayah bumi.


Perbedaan Iklim dan Cuaca: Dampaknya

Ilustrasi Lipsus Cuaca Panas

Iklim

Dampak perubahan iklim, sekecil apapun itu konsekuensinya bisa jauh lebih parah daripada cuaca buruk pada sore hari.

Perubahan iklim akan mengubah pola cuaca. Di alam liar, tumbuhan dan hewan khusus yang telah berevolusi untuk beradaptasi dengan serangkaian kondisi iklim menghadapi tantangan untuk tiba-tiba didorong ke dalam kondisi yang tidak sesuai untuk mereka.

Cuaca

Cuaca bisa berubah setiap saat dan tidak memberi dampak signifikan secara langsung.

Cuaca mungkin bisa mempengaruhi penerbangan, kualitas udara, kesehatan, transportasi darat dan laut, pertahanan, pertanian, perikanan, air, energi, konstruksi, pariwisata, dan banyak sektor ekonomi lainnya. Namun, biasanya dampak ini tidak bersifat jangka panjang.

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya