Kucing Sphynx, Jenis Kucing Tidak Berbulu yang Mahal Harganya

Jenis kucing Sphynx merupakan kucing tanpa bulu yang harganya mahal.

oleh Reza diperbarui 25 Mei 2023, 23:30 WIB
Kira-kira mana yang akan membuatmu jatuh cinta?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu melihat kucing tanpa bulu? Kalau pernah, mungkin kamu melihat kucing berjenis Sphynx. Walaupun tanpa bulu, jenis kucing ini terbilang mahal, harganya bisa menyentuh puluhan juta rupiah.

Memang bagi mereka yang jarang melihat, kucing ini kerap dianggap menakutkan. Hal itu dikarenakan kucing ini melihatkan kulit secara langsung dan tanpa bulu.

Namun, hal itu tidak mencegah komika sekaligus aktor Raditya Dika untuk memelihara. Walaupun sudah tiada, kucing berjenis Sphynx itu sangat disayang oleh artis tersebut.

Nah, bagi kamu yang tertarik memelihara jenis kucing ini, bagaimana perawatannya? Apakah sama dengan perawatan kucing lainnya.

Dilansir dari Liputan6.com, untuk perawatan jenis kucing ini terbilang lebih mudah dari kucing lainnya. Pasalnya, karena tidak berbulu jadi pemilik tidak perlu mengeringkan bulunya.

Perlu diketahui, kucing yang selalu melegenda dalam cerita mesir kuno ini, ternyata pertama kali dikembangbiakan di Kanada dengan sebutan Canadian Hairless. Jenis kucing tersebut merupakan hasil rekayasa genetika.

Nama Canadian Hairless muncul ketika Cat Fanciers Association (CFA) memberikan status kucing itu pada 1970. Sepuluh tahun sebelumnya, sepasang kucing lokal melahirkan anak-anak tanpa bulu dan program pengembangbiakkannya pun dimulai.

Satu tahun setelah menyematkan nama ras untuk kucing itu, CFA justru menarik kembali. Alasannya, ada masalah kesehatan dan perkembangbiakan ras tersebut. Ketika itu gen yang berhubungan dengan ketiadaan bulu dianggap mematikan.

Pada 1975, Georgiana Gattenby, seorang breeder dari Minnesota mencoba mengembangkan ras kucing tanpa bulu dari induk lain bernama Pearson yang juga menghasilkan anak tanpa bulu. Ia mengawinkan kucing-kucing tersebut dengan ras Devon Rex untuk memperkuat sifat-sifat genetiknya.

 Hasilnya, keturunan kucing kuat dan sehat. Keturunan ini diberi nama Sphynx, terinsipirasi dari Sphinx di Mesir. CFA mulai menerima registrasi ras Sphynx pada 1998 dan dalam waktu dua tahun setelah itu terdaftar 120 ekor ras Sphynx di sana.

Untuk makanan, jenis kucing ini bisa diberikan makanan kucing yang kaya akan nutrisi. Hal itu untuk mencegah kucing mudah sakit. Salah satu makanan yang bisa dijadikan referensi ialah Muezza.

Makanan kucing tersebut memiliki kandungan kaya vitamin dan protein, Muezza bisa merawat kesehatan kucing. Selain itu, Muezza halal dan memiliki beragam jenis rasa yang cocok untuk kucing peliharanmu. Mulai dari Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Kalau sudah begitu, kamu bisa merawat bulu kucingmu dengan baik. Yuk, pesan sekarang di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya