Sempat Lama Vakum, Lomba Perahu Hias di Palangka Raya Kembali Digelar

Teriknya matahari siang yang menyengat ke kulit tak menyurutkan warga untuk untuk menyaksikan Karnaval Lomba Perahu Hias di Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 27 Mei 2023, 07:00 WIB
Foto: Marifka Wahyu HIdayat

Liputan6.com, Palangka Raya - Tertiknya matahari siang yang menyengat ke kulit tak menyurutkan warga untuk untuk menyaksikan Karnaval Lomba Perahu Hias di Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (23/5/2023).

Setelah beberapa tahun vakum, akhirnya Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng kembali menggelar Lomba Perahu Hias dengan total hadiah mencapai Rp 156 juta pada rangkaian peringatan hari jadinya ke-66.

Warga pun menyambut antusias, hal itu terlihat dari banyaknya kerumunan di sepanjang Dermaga Flamboyan hingga Jembatan Kahayan, Robi salah satunya. Warga dari Kabupaten Pulang Pisau ini datang ke Kota Palangka Raya hanya untuk menyaksikan Lomba Perahu hias.

"Pengen lihat aja, karena emang udah lama gak gak digelar lomba perahu hias," ungkap Robi.

Rasa penasaran Robi pun terbayar lunas saat jejeran perahu hias memecah arus Sungai Kahayan. Apalagi ketika dirinya melihat para penari beraktraksi menggunakan mandau yang berada di atas perahu.

Sementara itu Adiah Chandra Sari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng mengatakan pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengawalan dalam acara tersebut. Dirinya tak menapik jika kegiatan di sungai memiliki resiko yang sangat tinggi ketimbang di jalan raya.

"Memiliki resiko agak tinggi dibandingkan di jalan raya, tetapi pengawalannya dilakukan secara maksimal," ujar Adiah Chandra Sari.

Adiah Chandra Sari juga berharap adanya lomba perahu hias dapat dijadikan pematik untuk menarik wisatawan untuk berkunjung Provinsi Kalteng dan menjadi hiburan bagi para warga.

"Semoga kedepannya acara semacam ini semakin banyak persertanya dan lebih baik," pungkas Adiah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya