Penyanyi Rock n Roll Legendaris Tina Turner Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun Setelah Sakit Lama

Dalam beberapa tahun terakhir sebelum meninggal dunia, Tina Turner memang menghadapi beragam masalah kesehatan serius dari stroke, kanker, hinga gagal ginjal.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 25 Mei 2023, 07:28 WIB
Tina Turner pada 2009. (AP Photo/Hermann J. Knippertz, file)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia musik, dengan berpulangnya penyanyi rock n’ roll legendaris, Tina Turner. Ia meninggal dunia pada Rabu (24/5/2023) kemarin di rumahnya yang terletak di Zurich, Swiss.

Kabar Tina Turner meninggal dunia telah dikonfirmasi oleh publisisnya, Bernard Doherty.

“Tina Turner sang ‘Ratu Rock n Roll’ telah meninggal dalam damai dalam usia 83 tahun setelah menderita sakit yang panjang, di rumahnya yang terletak di Küsnacht dekat dengan Zurich, Swiss,” kata sang publisis, dilansir dari People.  

Ditambahkan, “Dengan kepergiannya, dunia kehilangan seorang legenda musik dan panutan.”

Sang publisis juga mengumumkan bahwa akan digelar pemakaman yang digelar privat, dan hanya dihadiri teman dekat dan sahabat mendiang. “Mohon hargai privasi keluarganya dalam masa yang sulit ini,” begitu penutup pernyataan tersebut.

Tina Turner memang telah menetap di Swiss sejak 1994 bersama suaminya, aktor dan produser musik asal Jerman, Erwin Bach. Ia bahkan menerima kewarganegaraan Swiss pada 2013.

Dalam beberapa tahun terakhir sebelum meninggal dunia, ia memang menghadapi beragam masalah kesehatan serius, mulai dari stroke, kanker usus, hingga gagal ginjal yang membutuhkan transplantasi organ.


Oprah: Tina Turner adalah Dewi Rock n Roll

Unggahan Oprah untuk Tina Turner. (Instagram/ oprah).

Kabar Tina Turner meninggal dunia langsung menuai belasungkawa dari masyarakat, termasuk pesohor dan tokoh dunia.

Salah satunya adalah Oprah Winfrey.

Oprah mengaku awalnya ia adalah seorang penggemar Tina Turner bahkan groupie yang mengikuti pertunjukan sang diva dari panggung ke panggung. Namun pada akhirnya, mereka menjadi teman.

Selamanya, ia adalah seorang dewi rock n’ roll yang memiliki kekuatan jiwa yang besar, yang ia tumbuhkan selama hidupnya. Ia tak hanya seorang panutan untuk diriku, tapi juga dunia,” tulis Oprah.


Perjalanan Karier Tina Turner

Tina Turner memiliki karier panjang di dunia musik. Ia mulai dikenal publik dalam duo bersama mantan suaminya, Ike Turner pada tahun 1960-an. Sejumlah hits mereka menguasai tangga lagu, termasuk “Fool in Love” dan “It's Gonna Work Out Fine.”

Tahun 1970-an ia membuktikan dirinya, dengan bersinar sebagai artis solo. Lagunya "What's Love Got to Do with It," "The Best," dan "Private Dancer" membuatnya menjadi artis papan atas dunia. 

Dalam situs Grammy, tercatat bahwa sepanjang kariernya sang diva telah membawa pulang delapan trofi gramofon dari penghargaan ini. Ia juga dianugerahi tiga piala Grammy Hall of Fame Awards dan satu Grammy Lifetime Achievement Award, membuat total piala Grammy yang didapatnya menjadi 12. 

Kariernya yang awet dan cemerlang, juga membuat pengisi soundtrack film James Bond Golden Eye ini, masuk dalam Rock 'n' Roll Hall of Fame.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya