Gondol Puluhan Ayam di Kandang Japfa, Pria di Banyuwangi Dibekuk Polisi

Seorang pria di Banyuwangi kedapatan menggondol puluhan ayam di kandang milik PT. Japfa Comfeed unit Wongsorejo. Pelaku berinisal S (39) beralamat di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, ditangkap dirumahnya saat tengah lelap tertidur, Rabu (24/5/2023) lalu.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 28 Mei 2023, 12:00 WIB
Anak ayam terlihat di sebuah peternakan unggas selama pemeriksaan yang dilakukan oleh pegawai pemerintah untuk memeriksa tanda-tanda infeksi flu burung di Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Kamis (2/32023). Dinas Peternakan Provinsi Aceh melakukan disinfektan, pemeriksaan kesehatan, dan monitoring ke sejumlah usaha peternak unggas dalam upaya pencegahan flu burung. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Liputan6.com, Banyuwangi - Seorang pria di Banyuwangi kedapatan menggondol puluhan ayam di kandang milik PT. Japfa Comfeed unit Wongsorejo.

Pelaku berinisal S (39) beralamat di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, ditangkap di rumahnya saat tengah lelap tertidur, Rabu (24/5/2023) lalu. 

Kapolsek Wongsorejo, AKP Sudarso mengatakan insiden ini terjadi pada April 2023 lalu. Lokasi kandang yang dibobol berada satu desa dengan rumah pelaku.

"Pelaku kami amankan di rumahnya tadi pagi sekira pukul 04.00 WIB. Saat diamankan dia masih tertidur," ujar Sudarso, Sabtu (27/5/2023).

Dalam menjalankan aksinya pelaku tidak sendiri. Ada dua rekan lain yang ikut terlibat. "Tetapi masih satu orang yang berhasil kami amankan. Lainnya masih kita buru," kata dia. 

Sudarso menyebut aksinya terjadi pada 7 April 2023 sekira pukul 23.00 WIB. Kala itu ketiga orang itu masuk ke kandang nomor 16.

Untuk mengecoh, salah satu dari mereka berperan memamatikan lampu. Dua lainnya memunguti ayam dan memasukannya ke dalam karung. Total ada 40 ekor ayam yang mereka curi.

Rupanya di dalam kandang terdapat CCTV. Sehingga aksinya para pelaku diketahui penjaga. "Setelah tau, penjaga langsung menuju kandang," tegasnya.

Tahu aksinya terbongkar, para pelaku pun kocar-kacir meninggalkan kandang. Puluhan ayam yang dikarungi juga ditinggalkan. Para pelaku berhasil lolos.

Berbekal kamera pengawas, petugas kemudian melapor ke Polsek Wongsorejo. Kemudian pelaku berhasil diamankan.

"Pelaku kami tahan di Mapolsek. Akibat insiden ini perusahaan merugi Rp4 juta. Dari hasil pendalaman tersangka mengaku nekat mencuri ayam lantaran terbelit masalah ekonomi," tandasnya.

 

 

Contoh Infografis Hemat Energi (Hemat Energi di Rumah). Sumber : www.kominfo.go.id/

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya