Pasar Makanan Laut Ini Jual Belut Raksasa, Ukurannya Bikin Melongo

Pasar makanan laut yang menjual belut raksasa, ukurannya bikin melongo.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 31 Mei 2023, 21:40 WIB
Penjual di pasar makanan laut sedang mengangkat belut raksasa. (Sumber: Facebook/Aaron Kwan)

Liputan6.com, Jakarta Pasar makanan laut yang bernama Pasar Mei Foo tepatnya di Hongkong, menjual belut raksasa setinggi 12 kaki. Belut ini menyedot perhatian semua orang yang melihatnya. Belut raksasa ini mulai dijual di Pasar Mei Foo pada 29 Maret 2021 lalu.

Belut yang memiliki panjang kira-kira 12 kaki ini mempunyai berat sekitar 15 kg. Membuatnya cukup besar sehingga dibutuhkan dua pria dewasa untuk mengangkatnya. 

Pemilik toko mengatakan bahwa seorang pemancing membawa belut raksasa ini tadi pagi. Namun, dia menolak menyebutkan berapa harga belut tersebut.

Berikut ulasan fakta unik belut raksasa yang dijual di Pasar Mei Foo Hongkong yang Liputan6.com kutip dari Mashable SEA, Jumat (2/4/2021).


Panjangnya 12 Kaki Orang Dewasa

Belut Raksasa di Pasar Mei Foo Hongkong. (Sumber: Facebook/Aaron Kwan)

Foto belut raksasa ini diposting oleh pengguna Facebook Aaron Kwan. Sebelum dipotong kecil-kecil dan dijual, belut raksasa ini hampir menyerupai seekor ular besar. 

Postingan tersebut menerima lebih dari 2.000 suka, dan beberapa komentar di foto tersebut menyamakan belut dengan naga atau hewan prasejarah lainnya.

Seorang individu yang bekerja di pasar mengatakan bahwa menemukan belut sebesar itu adalah kejadian langka, tetapi yang membuat keseluruhan kejadian ini lebih mengesankan adalah kenyataan bahwa belut tersebut diduga ditangkap hanya dengan umpan kecil, bukan jebakan.


Penampakan Belut Raksasa Ketika Sudah Dipotong-potong

Belut Raksasa yang telah dipotong-potong. (Sumber: Mashable SEA)

Belut yang telah dipotong-potong kecil tersebut terjual dengan cepat. Setelah fotonya viral, banyak pelanggan berbondong-bondong datang ke toko tersebut dan membeli daging belut dengan harga sekitar US $13 per kati atau sekitar 600 gram.

Rupanya, banyak pembeli yang tidak tahu cara memasak belut tersebut. Pemilik toko pun menyarankan kepada pelanggan untuk direbus terlebih dahulu atau langsung dipanggang.


Penemuan Belut Raksasa sangat Langka

Belut Raksasa yang telah dipotong-potong. (Sumber: Mashable SEA)

Belut raksasa umumnya ditemukan di seluruh dunia terutama di lautan, dan sering dicari sebagai sumber makanan untuk beberapa masakan, terutama masakan Jepang dan Cina.

Namun, menemukan belut sebesar itu jarang terjadi. Belut raksasa ini biasanya tumbuh hingga panjang antara dua hingga lima kaki. Namun, belut dengan spesies tertentu dapat tumbuh hingga dua kali lipatnya. Spesies tersebut dinamakan spesies Gymnothorax javanicus, atau dikenal juga sebagai Giant moray.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya