Mengenal Haikal Aquino, Tiktoker dan Influencer Asal Pasaman dengan Jutaan Pengikut

Haikal Aquino merupakan seorang influencer yang dikenal dengan nama panggung Ekal atau Kikonggg.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Jun 2023, 06:32 WIB
Mengenal Haikal Aquino, Tiktoker Asal Pasaman dengan Jutaan Pengikut.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Haikal Aquino atau bernama lengkap Haikal Aquino Setiadi ini merupakan seorang influencer yang dikenal dengan nama panggung Ekal atau Kikonggg. Lahir di Pasaman Timur, 25 Juli 2004, Ekal sudah cukup berpengalaman di bidang entertainment.

Ia adalah seorang anak kampung yang bermimpi ingin terkenal di dunia entertainment. Untuk mewujudkan mimpinya, Ekal terus berjuang dengan menjadi fotografer dan videografer di acara resepsi pernikahan. Bermula dari sinilah, ketertarikannya pada dunia foto dan video semakin besar. Dari sini pula, akhirnya ia memulai terjun ke platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Facebook.

Pada 2020, di saat pandemi Covid-19 membara, video pertama Ekal diunggahnya ke platform TikTok dan mendapatkan respons positif. Dirinya berhasil memikat jutaan mata dari masyarakat.

"Setelah dapat impresi yabg tinggi, saya semakin semangat untuk meng-upload video-video sebanyak mungkin," ujar pemilik akun Tiktok @call me ekal dengan ribuan pengikut ini.

Seiring dengan waktu, kiprah Ekal sebagai Tiktoker semakin dikenal luas, sehingga dirinya bisa bekerjasama dengan beberapa management seperti Ambigram, Nusantara House, dan lainnya. Di kala itu, usianya pun baru menginjak 16 tahun, tapi dia sudah berhasil menggaet management. "Dengan modal nekat dan keberanian, saya meninggalkan kampung halaman. Saya pergi merantau ke Jakarta," ujar dia.

 


Segudang Prestasi dan Penghasilan

Mengenal Haikal Aquino, Tiktoker Asal Pasaman dengan Jutaan Pengikut. foto: istimewa

Karier Ekal di Jakarta cukup moncer. Di media sosial yang dimilikinya seperti TikTok dan Instagram, dia memiliki jutaan pengikut. IG @haikalequinostd miliknya diikuti 1,4 juta pengikut, sementara akun TikTok-nya dengan 9 juta pengikut.

Diakuinya, tidak mudah baginya untuk mendapatkan pengikut sebanyak itu. Bahkan, Ekal pernah menghadapi tantangan berupa kehilangan akun IG yang sudah punya ratusan ribu pengikut. Dengan semangat juangnya, perlahan dia kembali bangkit. Di usia yang masih belia, kini dia mampu menghasilkan dana hingga ratusan juta rupiah. "Dream it & Prove it," tegas Haikal.

Selain berhasil di bidangnya, Ekal juga memiliki segudang prestasi dimulai dari saat ia bersekolah, dimana dirinya merupakan seorang Paskibraka Provinsi Sumatra Barat. Dia juga jadi Ketua OSIS di sekolahnya dan menjadi Putra Duta Remaja Nusantara 2021.

Pria yang hobi bermain musik dan olahraga basket dan badminton ini juga kerap membagikan sedikit rezekinya kepada anak yatim dan juga kepada mereka yang membutuhkan.

 

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya