4 Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Kucing Bermain di Litterbox

Kucing menganggap litterbox sebagai tempat yang istimewa. Bukan hanya digunakan untuk buang air, kotak pasir ini pun terkadang dimanfaatkan sebagai area bersembunyi yang aman dan nyaman.

oleh Reza pada 21 Jun 2023, 20:10 WIB
Ilustrasi litterbox (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Kucing menganggap litterbox sebagai tempat yang istimewa. Bukan hanya digunakan untuk buang air, kotak pasir ini pun terkadang dimanfaatkan sebagai area bersembunyi yang aman dan nyaman. 

Tidak heran kalau kebiasaan bermain di dalamnya seringkali sudah dimulai sejak anakan, untuk melatih naluri alaminya. Mulai dari melompat, mencakar, dan berguling-guling di atas pasir, untungnya kebiasaan ini bisa dikurangi dengan mencoba beberapa tips ini.

Menjadikan Miliknya

Litterbox (Shutterstock)

Bagi manusia, pindah rumah, menyambut anggota keluarga baru, atau mengadopsi hewan peliharaan lain merupakan hal yang biasa. Berbeda dengan kucing yang merasa keamanan dan kenyamanannya terganggu. 

Memilih untuk menghabiskan waktu di satu-satunya tempat miliknya, coba jenis litterbox yang berbeda untuk mengurangi kenyamanannya. Misalnya kotak pasir yang tertutup bisa diganti dengan litterbox yang terbuka bagian atasnya atau pilih yang lebih dangkal.

Pastikan Kebersihannya

Litterbox kucing (Shutterstock)

Kucing tergolong hewan peliharaan yang menyukai tempat bersih untuk buang air, juga lebih peka terhadap bau. Jika menemukan anabul membuang pasir ke luar litterbox, menggali secara berlebihan, atau menggaruk-garuk sisi kotak, bisa jadi itu tanda untuk membersihkan kotak pasir. Wajib melakukannya setiap hari, pilih jenis litterbox yang lebih praktis dalam membersihkannya misalnya fitur ayakan di dalamnya.

Kurangi Jumlah Pasir

Litterbox kucing (Shutterstock)

Berguling-guling di litterbox yang bersih sering dilakukan kucing yang mengikuti naluri alaminya. Kucing liar akan berguling di tanah untuk menghilangkan bulu, kotoran, hingga bakteri yang membuatnya terasa kotor dan gatal. Tak punya akses ke luar ruangan, tak sedikit anabul yang memilih melakukannya di kotak pasir sebagai caranya untuk membersihkan diri.

Coba kurangi jumlah pasir di dalam litterbox untuk mengurangi kepuasan kucing saat berguling di dalamnya atau digali. Cara ini cukup efektif, meskipun membuat pemiliknya perlu lebih sering membersihkannya.

Atasi Pemicunya

Terkadang masalahnya bukan pada litterbox, tapi adanya rasa cemas atau stres yang dialami oleh kucing hingga mendorongnya untuk bersembunyi di dalamnya. Kalau ada hal-hal baru di luar kebiasaannya, pastikan untuk menghabiskan waktu bermain, membelainya, berbicara, atau sekadar berada dekat dengannya.

Berikan perhatian ekstra, salah satunya lewat cat food favoritnya yang punya 4 varian lezat. Tersedia dalam rasa Ocean Fish, Salmon, Tuna, dan Mackerel, Muezza jadi favorit hewan peliharaanmu karena tekstur dan citarasanya yang cocok di lidah. Bukan hanya bikin lahap makan, cat food ini pun mengandung nutrisi penting dengan kadar seimbang.

Membantu menjaga kesehatan kucing, Muezza hanya menggunakan bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, tanpa melibatkan bahan sintetik yang dapat mengganggu sistem metabolisme. Kualitasnya kian terjamin berkat sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, yang bikin pemiliknya bebas cemas saat merawat kucing kesayangannya, mulai dari memegang makanan, membelai, hingga mencuci wadah makannya.

Tunggu apalagi, berikan cat food terbaik dari Muezza yang bisa dipesan secara online di Shopee dan Tokopedia.

(*/eth)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya