Bangun Jalan, Bendungan hingga Dermaga di IKN, Pemerintah Kucurkan Rp 26,67 Triliun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan infrastruktur dasar IKN pada tahun 2023 mencapai Rp 26,67 triliun.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 07 Jun 2023, 16:10 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan infrastruktur dasar IKN pada tahun 2023 mencapai Rp 26,67 triliun.. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan infrastruktur dasar IKN pada tahun 2023 mencapai Rp 26,67 triliun.

"Dukungan infrastruktur dasar IKN pada tahun ini sebesar Rp26,67 triliun," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta dikutip dari Antara, Rabu (6/6/2023).

Basuki memaparkan, rincian dukungan infrastruktur dasar IKN tersebut antara lain untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air sebesar Rp1,13 triliun bagi drainase utama dan pengendalian Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Sanggai, penyelesaian Bendungan Sepaku Semoi, Embung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan untuk penyelesaian Intake Sungai Sepaku.

Kemudian untuk Ditjen Bina Marga sebesar Rp9,72 triliun antara lain untuk melaksanakan Jalan Kerja Logistik KIPP, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dan Sisi Barat, Jalan Tol IKN, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku, Jalan Akses Persemaian Mentawir, pembangunan (Duplikasi) Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, pembangunan Jalan Akses Bandara, dan pembangunan Dermaga Logistik.

Ditjen Cipta Karya sebesar Rp11,58 triliun untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan bangunan pendukung Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku, jaringan perpipaan Transmisi SPAM Sepaku, pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1,2,3 KIPP IKN, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) KIPP IKN.

Lalu pembangunan sarana Prasarana Pemerintahan KIPP IKN yakni Kantor Presiden, Kantor Wakil Presiden, Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Kementerian PUPR, Masjid Negara dan Beranda Nusantara.

 


Selanjutnya

Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Kemudian penyiapan KIPP IKN Tahap I dan II, penataan Sumbu Kebangsaan dan Tripraja, land development untuk Sub Wilayah Pengembangan 1B dan 1C.

Sedangkan Ditjen Perumahan sebesar Rp4,2 triliun, antara lain untuk pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri dan pembangunan rumah susun atau Rusun ASN.

Ditjen Bina Konstruksi sebesar Rp30 miliar untuk pelatihan dan sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) di IKN, manajemen pengadaan barang dan jasa terkait IKN.

"Kami laporkan bahwa di IKN sekarang ini terdapat pekerja sebanyak 8.000 orang, di mana 30 persen di antaranya merupakan tenaga kerja lokal yang sudah diberikan pelatihan dan sertifikasi," kata Basuki.


Kunjungan ke Singapura, Jokowi Akan Promosikan IKN ke Investor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peluncuran logo IKN di Istana Negara Jakarta, Selasa (30/5/2023). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana, beserta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Singapura dan Malaysia pada 7-8 Juni 2023. Jokowi akan terlebih dahulu melakukan kunjungan singkat ke Singapura untuk menghadiri Ecosperity Week 2023, Rabu (7/6/2023).

"Di Singapura, kunjungan dilakukan hanya beberapa jam saja, utamanya adalah untuk berbicara di Ecosperity Week 2023 yang diadakan oleh Temasek Foundation," kata Jokowi dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Dibubarkan Menurut dia, pertemuan ini akan dihadiri oleh kalangan investor, akademisi, hingga pemerintah. Jokowi pun akan memanfaatkan pertemuan ini untuk mempromosikan investasi di berbagai bidang, salah satunya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Pertemuan ini akan dihadiri oleh banyak kalangan investor, akademisi, dan dari pemerintah. Dan saya gunakan pertemuan ini untuk mempromosikan investasi, utamanya di bidang transisi energi, infrastruktur hijau, dan juga pembangunan Ibu Kota Nusantara," jelasnya.

 


Lanjut ke Malaysia

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi di tangga pesawat. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @jokowi)

Setelah itu, Jokowi dan para delegasi akan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu siang untuk memenuhi undangan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim. Jokowi diagendakan melakukan pertemuan dengan PM Anwar dan Raja Malaysia Sultan Abdullah.

"Siang hari ini juga saya akan berangkat ke kuala lumpur untuk kunjungan kerja, merupakan kunjungan balasan memenuhi undangan PM Malaysia," ujar Jokowi.

"Dan selama di Malaysia, saya akan lakukan pertemuan dgn PM Malaysia Anwar Ibrahim dan juga Yang Dipertuan Agung Sultan Abdullah," sambung Jokowi.

Jokowi direncanakan akan kembali ke Indonesia pada Kamis, 8 Juni 2023.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya