Alasan Lionel Messi Pilih Gabung Inter Miami Ketimbang Barcelona

Megabintang Lionel Messi mengungkap alasannya lebih memilih gabung Inter Miami dibanding pulang ke klub lamanya Barcelona. Salah satu faktor yang memengaruhi keputusan Messi ialah pengalaman di masa lampau.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Jun 2023, 10:30 WIB
Bukan Barcelona dan klub Arab Saudi, bintang Timnas Argentina Lionel Messi memilih untuk melanjutkan kariernya di Inter Miami. Keputusan itu diambil oleh La Pulga dengan sejumlah alasan dan pertimbangan. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi membuat kejutan di akhir musim 2022/2023. Megabintang Timnas Argentina itu untuk bergabung dengan klub MLS Inter Miami ketimbang pulang ke klub lamanya, Barcelona.

Seperti diketahui, La Pulga memang bakal kehabisan kontrak di Paris Saint-Germain (PSG) dalam waktu dekat. Pesepak bola berusia 35 tahun itu cuma diikat kesepakatan hingga 30 Juni 2023 oleh sang raksasa Prancis.

Sejumlah klub lantas dikaitkan dengan kepindahan Messi jelang bursa transfer musim panas. Blaugrana menjadi salah satunya. Pihak klub konon berambisi memulangkan pemain legendanya ke markasnya mereka.

Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa Barcelona punya beberapa persoalan finansial yang harus diselesaikan demi mewujudkan transfer tersebut. Di sisi lain, ketertarikan dari klub Arab Saudi juga menjadi opsi yang sering dibahas.

Kubu Timur Tengah bahkanbersedia memberi tawaran fantastis bagi pemain yang sudah tujuh kali memenangkan Ballon d’Or itu. Lionel Messi juga berpeluang kembali mengecap persaingan dengan rival abadinya Cristiano Ronaldo yang kini berseragam Al-Nassr.

Namun, rumor transfer tersebutmusnah seketika setelah Messi mengambil keputusan terkait masa depannya. Alih-alih berkompetisi di La Liga Spanyol atau Saudi Pro League, sang pemain justru memilih menjajal MLS bersama Inter Miami.

Dalam wawancaranya bersama media Spanyol, Sport dan Mundo Deportivo, La Pulga pun mengungkap alasan di balik pilihannya menolak Barcelona demi hijrah ke Amerika. Penggawa internasional Argentina mengaku tak ingin mengulangi pengalaman tertentu jika kembali ke raksasa Catalan.


Alasan Lionel Messi Batal Pulang ke Barcelona

Jumlah gol terbanyak Lionel Messi dalam setahun adalah 79 gol yang dibuatnya pada tahun 2012 bersama Barcelona. Sementara gol terbanyak yang dicetak Cristiano Ronaldo hanya 59 gol bersama Real Madrid pada tahun 2013. (AFP/Lluis Gene)

“Ya, sejujurnya, saya sangat ingin (kembali ke Barcelona), saya sangat bersemangat bisa kembali (ke sana),” tutur Messi kepada Sport dan Mundo Deportivo pada Rabu (7/6/2023) waktu setempat, seperti dilansir dari Metro.

“Akan tetapi di sisi lain, setelah mengalami hal-hal yang pernah saya rasakan serta (momen) saya keluar (dari Barcelona), saya tidak ingin berada di situasi yang sama lagi – (situasi di mana saya hanya bisa) menunggu dan melihat apa yang akan terjadi, serta menyerahkan masa depan ke tangan orang lain. Boleh dibilang begitu.”

“Saya ingin membuat keputusan sendiri, memikirkan diri saya sendiri, dan (berpikir tentang)  keluarga saya. Meskipun saya dengan bahwa La Liga telah menerima semuanya, dan segala hal baik-baik saja kalau saya kembali, masih banyak hal lain yang harus dilakukan,” tandas eks bintang Barcelona itu.


Lionel Messi Tak Ingin Barcelona Kerja Keras Jual Pemain

Xavi Hernandez - Xavi merupakan salah sosok sentral di Barcelona ketika Messi datang. Mereka meraih berbagai prestasi hebat bersama-sama. Jika Xavi memberikan umpan, Messi dengan mudah menjebol gawang lawan. Kerja sama di antaranya keduanya sangat simpel, tapi mematikan. (AFP/Cesar Manso)

Lebih lanjut, Messi rupanya juga memikirkan nasib klub serta pemain lain jika ia kekeh kembali ke Barcelona. La Pulga tak ingin menyaksikan tim lamanya bekerja keras menjual atau memotong gaji penggawa hanya demi mendaratkan dia kembali di Catalan.

“Saya dengan bahwa mereka (Barcelona) harus menjual pemain atau menurunkan gaji pemain, dan sebenarnya saya tidak ingin melalui hal itu atau bertanggung jawab untuk mendapatkan sesuatu yang berkaitan dengan itu,” bebernya.

“Saya sudah pernah dituduh melakukan banyak hal yang tidak benar sepanjang karier saya di Barcelona, dan saya sudah mulai lelah. Saya tidak ingin melalui semua itu (lagi). Dan ketika saya harus pergi, La Lig juga menerima bahwa mereka (klub) berupaya mendaftarkan saya, tetapi pada akhirnya hal itu tidak bisa dilakukan.”

“Saya takut hal yang sama akan terjadi lagi, (saya takut) harus melalui skenario bullfight layaknya yang pernah terjadi di masa lalu di mana saya harus datang ke Paris untuk tinggal di hotel dalam waktu yang lama bersama keluarga saya.”

“Saya ingin membuat keputusan sendiri dan itulah alasan saya tidak kembali ke Barcelona. Meskipun saya menyukainya, (hal itu) tidak bisa (direalisasikan),” tandas dia.


Lionel Messi Ingin Lebih Rileks dan Pikirkan Keluarga

Pemain Argentina Lionel Messi duduk bersama istrinya Antonela Roccuzzo dan anak mereka usai mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 atas Prancis melalui drama adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 3-3. (AP Photo/Francisco Seco)

Di sisi lain, Messi juga tak menampik dirinya ingin lebih rileks di masa mendatang. Maklum, tuntutan bermain di liga besar layaknya La Liga atau Ligue 1 memang bukanlah hal mudah.

Oleh karena itu, La Pulga ingin menggunakan kesempatan ini untuk lebih banyak memikirkan keluarga. Apalagi dirinya juga sudah memenangkan banyak gelar sepanjang karier profesionalnya, termasuk trofi Piala Dunia yang baru ia sabet dengan Argentina.

“Saya juga berada di situasi di mana saya ingin sedikit mengalihkan fokus dan berpikir lebih banyak soal keluarga saya. Seperti yang saya katakan, saya menghabiskan dua tahun ini dengan sangat buruk dalam hal keluarga, sehingga saya tidak menikmatinya.”

“Setelah mencapai segalanya–syukur pada Tuhan–dan akhirnya meraih tofi Piala Dunia yang sangat saya idam-idamkan, saya juga ingin mencari sesuatu yang lain serta (menemukan) ketenangan pikiran,” pungkas Messi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya