6 Fakta Putri Ariani yang Jadi Sorotan Publik Usai Dapat Golden Buzzer di America's Got Talent 2023

Kondisinya sebagai penyandang tunanetra tak menghalangi Putri Ariani meraih mimpi saat tampil di acara yang bukan kaleng-kaleng, ajang pencarian bakat America’s Got Talent.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 08 Jun 2023, 16:51 WIB
Kondisinya sebagai penyandang tunanetra tak menghalangi Putri Ariani meraih mimpi saat tampil di acara yang bukan kaleng-kaleng, ajang pencarian bakat America’s Got Talent. (Tangkapan layar YouTube/ America's Got Talent) America's Got Talent)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, nama Putri Ariani sangat menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, kondisinya sebagai penyandang tunanetra itu tak menghalanginya meraih mimpi saat tampil di acara yang bukan kaleng-kaleng, ajang pencarian bakat America’s Got Talent.

Dalam cuplikan tayangan yang dibagikan dalam kanal YouTube resmi acara America’s Got Talent, Rabu 7 Juni 2023, dibagikan penampilan memukau gadis yang sebelumnya menjuarai Indonesia's Got Talent pada 2014 silam.

Di awal video audisi ini, Putri terlihat begitu ceria, termasuk saat memperkenalkan dirinya.

"Aku selalu bermimpi untuk bisa berada di America’s Got Talent sejak kecil. Tantangan terbesarkku, adalah orang melihatku hanya sebagai orang buta, bukan sebagai musisi. Tapi saat aku menyanyi, aku merasa seperti seorang superstar," ucap Putri Ariani.

Ia berharap bisa memenangkan kompetisi itu sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah musik ke Juilliard, sekolah musik bergengsi di dunia.

"Mimpi terbesarku adalah menjadi diva terbesar di dunia seperti Whitney Houston dan memenangkan Grammy Award," tutur Putri sebelum beraksi.

Sang host, aktor Terry Crews, lantas bertanya apa yang akan ia tampilkan dalam ajang ini.

"Aku akan bernyanyi dan bermain piano," kata dia.

Putri kemudian naik ke panggung dengan diantar ayahnya. Dia yang sudah menelurkan lagu sendiri bertajuk “Loneliness” ini kemudian membawakan karyanya tersebut di hadapan hadirin dan dewan juri sambil memainkan piano.

Begitu ia menampilkan suara merdunya, penonton dan dewan juri terhenyak.

"Oh my gosh," kata seorang penonton wanita, merespons penampilan Putri.

"That's amazing," kata yang lain.

Bahkan hingga pada akhirnya, Simon Cowell memberikannya Golden Buzzer, yang membuatnya otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Berikut sederet fakta terkait penyandang tunanetra bernama Putri Ariani asal Indonesia yang berhasil memukau para juri America’s Got Talent dihimpun Liputan6.com:

 


1. Putri Ariani Bangga Sampaikan Berasal dari Indonesia, Tampil Bernyanyi Sambil Main Piano

Putri Ariani Dapat Perhatian Simon Cowell dan Dapat Golden Buzzer. Foto: YouTube America's Got Talent

Musisi asal Indonesia, Putri Ariani, membuktikan bahwa kondisi tubuh yang berbeda tak menghalanginya meraih mimpi. Penyandang tunanetra ini membuktikannya saat tampil di acara yang bukan kaleng-kaleng, ajang pencarian bakat America’s Got Talent.

Dalam cuplikan tayangan yang dibagikan dalam kanal YouTube resmi acara ini pada Rabu 7 Juni 2023, dibagikan penampilan memukau gadis yang sebelumnya menjuarai Indonesia's Got Talent pada 2014 silam.

Di awal video audisi ini, Putri terlihat begitu ceria, termasuk saat memperkenalkan dirinya.

"Aku selalu bermimpi untuk bisa berada di America’s Got Talent sejak kecil," kata dia.

"Tantangan terbesarkku, adalah orang melihatku hanya sebagai orang buta, bukan sebagai musisi. Tapi saat aku menyanyi, aku merasa seperti seorang superstar," tuturnya sambil tertawa kecil.

Sang host, aktor Terry Crews, lantas bertanya apa yang akan ia tampilkan dalam ajang ini.

"Aku akan bernyanyi dan bermain piano," kata dia.

Putri kemudian naik ke panggung dengan diantar ayahnya. Aktris Sofia Vergara yang duduk di bangku dewan juri menyapanya dengan hangat.

"My name is Putri Ariani, Im’17 years old, and I’m from Indonesia," kata gadis ini disambut tepuk tangan penonton.

 


2. Mimpi Putri Ariani: Juilliard, Jadi Diva, dan Grammy, Berhasil Bikin Juri Kagum dan Berikan Golden Buzzer

Prestasi Putri Ariani di Dunia Musik, Peraih Golden Buzzer America's Got Talent (Sumber: Instagram/arianinismaputri)

Kesempatan ini rupanya adalah pertama kalinya bagi Putri menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Ia juga membagikan mimpi besar yang hendak diraihnya.

"Mimpiku adalah menjadi Diva besar di dunia seperti Whitney Houston dan memenangkan Grammy Award," kata Putri yang disambut hangat Sofia Vergara.

Putri meneruskan bahwa kini ia masih duduk di bangku SMA, dan berharap bisa masuk sekolah seni ternama di Amerika, Juilliard.

Gadis muda yang sudah menelurkan lagu sendiri bertajuk “Loneliness” ini kemudian membawakan karyanya tersebut di hadapan hadirin dan dewan juri sambil memainkan piano.

Begitu ia menampilkan suara merdunya, penonton dan dewan juri terhenyak.

"Oh my gosh," kata seorang penonton wanita, merespons penampilan Putri.

"That's amazing," kata yang lain.

Usai penampilan Putri membawakan "Loneliness," sambutan riuh menggema. Simon Cowell bahkan langsung naik ke atas panggung dan memintanya menyanyikan satu lagu lain.

Tantangan ini dijawab Putri dengan membawakan lagu “Sorry Seems to Be the Hardest Word.” Tepuk tangan kembali bergemuruh untuk Putri, hadirin dan dewan juri serempak memberi standing ovation.

Bahkan pada akhirnya Simon Cowell memberikannya Golden Buzzer, yang membuatnya otomatis lolos ke babak selanjutnya.

 


3. Putri Melompat di Atas Panggung dan Komentar para Juri

Saking terkesimanya, Cowell memberikan Golden Buzzer untuk penyanyi tunanetra tersebut.

Penampilan Putri membuat juri semakin yakin bahwa mantan kontestan Indonesia's Got Talent itu berbakat. Sofia Vergara tak segan menyebut suaranya seperti malaikat. Begitu pula dengan Howard Stern yang meyakini Putri adalah salah satu malaikat yang diturunkan ke bumi.

Sementara, Heidi Klum mengomentari kemampuan olah vokal Putri yang dinilainya mengagumkan. Keputusan untuk menekan tombol golden buzzer akhirnya diambil Simon Cowell.

"Aku tak tahu apakah ini akan membantumu mencapai cita-citamu," ucapnya seraya menekan tombol emas itu.

Hal itu sontak membuat Putri bahagia. Dengan terbata-bata, ia mengatakan, "Aku sangat bersemangat, aku tak percaya aku di sini sekarang."

Simon pun dengan segera menghampiri Putri yang dipeluk ayah ibunya. Ia memuji Putri dengan mengatakan, "Aku pikir, kamu adalah salah satu penyanyi terbaik yang kami miliki selama show ini berlangsung."

Di kolom komentar Instagram America's Got Talent, Putri kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Simon Cowell dan pihak AGT.

"Terima kasih membuat mimpiku menjadi nyata. Aku tak tahu bagaimana mengekspresikan kesenangan ini, ini benar-benar magis," tulisnya.

 


4. Profil Putri Ariani

Putri Ariani di ajang America’s Got Talent (Foto: Twitter: America’s Got Talent/AGT)

Pemilik nama lengkap Ariani Nisma Putri merupakan seorang penyanyi kelahiran 31 Desember 2005 Bangkinang, Kampar, Riau. Ia merupakan anak dari pasangan Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty. Putri lahir di kala usia kandungan sang ibu masih enam bulan.

Putri ternyata pernah mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent saat anak-anak pada 2014. Di mana ia berhasil meraih posisi sebagai pemenang. Ia juga dikenal sebagai penyanyi yang mempunyai suara luar biasa meskipun mempunyai keterbatasan penglihatan.

Dalam karier bernyanyinya, Putri sering mendapatkan berbagai penghargaan mulai dari juara 2 tingkat nasional FSL2N hingga masuk menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia musim kedua.

Putri juga dipilih dalam membawakan lagu untuk acara Asian Para Games 2018 dengan lagu "Song of Victory" di acara pembukaan tersebut. Saat ini ia menggemparkan publik dengan penampilan memukaunya di acara America’s Got Talent.

Putri juga mempunyai album perdana berjudul "Melihat Dengan Hati". Selain itu, ia mempunyai kanal YouTube sendiri dengan nama pribadinya. Saat ini banyak yang mendukung Putri dan mendoakannya dalam ajang America’s Got Talent.

Mengutip laman stekom.ac.id, namanya mulai dikenal sejak mengikuti kompetisi Indonesia's Got Talent 2014 dan menjadi pemenang.

Pada 2016, Putri mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional. Masih di tahun yang sama, Putri mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N, dan menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia (musim kedua).

Putri piawai dalam bermain piano dan menciptakan beberapa lagu, Putri juga mengembangkan karyanya di channel youtube nya dan menciptakan album perdana yang bertajuk “Melihat Dengan Hati”.

Ketika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 Putri mendapat kesempatan membawa lagu "Song of Victory" di acara pembukaan pesta olahraga Disabilitas se-Asia, untuk memberikan semangat para atlet Disabilitas. Ia kini bergabung di label Satrio Pininigit Records.

 


5. Putri Ariani Jadi Sorotan Media Asing

Penampilan Putri Ariani di America’s Got Talent Bikin Simon Cowell Terpukau, Warganet: Keren Bikin Merinding. (Doc: YouTube | America's Got Talent)

Keberhasilan Putri Ariani yang memukau di America’s Got Talent 2023 tak hanya menarik perhatian publik Indonesia namun juga menjadi sorotan dunia.

Media asing seperti People.com menulis tentang keberhasilan Putri yang sukses mendapat Golden Buzzer dari Simon Cowell.

'AGT': Simon Cowell Gives Golden Buzzer to 17-Year-Old Blind Singer: 'One of the Best We've Ever Had', ditulis sebagai judul People.com yang dipublis pada 6 Juni 2023.

"Saya tidak bisa menggambarkan betapa bersyukurnya saya dan betapa menakjubkan dan ajaibnya momen ini. Saya tidak pernah menyangka itu akan terjadi pada saya," Putri Ariani secara eksklusif kepada People.com.

"Tantangan terbesar adalah ketika orang melihat saya sebagai tunanetra, bukan sebagai musisi," katanya.

"Tapi saat aku bernyanyi, aku merasa seperti superstar."

Putri juga berbicara tentang impiannya yaitu menjadi penyanyi terkenal seperti Whitney Houston, memenangkan Grammy Award dan menghadiri Juilliard di New York City.

"Saya harap saya bisa memenangkan America's Got Talent sehingga saya bisa mencapai impian saya," katanya kepada para juri.

 


6. Momen Putri Ariani Baca Al-Qur'an Jadi Sorotan Setelah Dapat Golden Buzzer di America's Got Talent 2023

Prestasi Putri Ariani di Dunia Musik, Peraih Golden Buzzer America's Got Talent (Sumber: Instagram/arianinismaputri)

Sementara pujian atas kemahirannya bernyanyi masih terus mengalir, kekaguman lain datang dari momen Putri mengunggah dirinya melantunkan ayat suci Al-Qur'an.

Dalam unggahan Instagram, April 2023, ia menulis, "Enggak terasa hari ini udah puasa kita yang ke-17 di bulan Ramadhan #nuzululquran #alquranbraille."

"Surah Al-'Alaq adalah surah ke- 96 dalam Al-Qur'an," ia menyambung. "Surah ini terdiri atas 19 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah (diturunkan di kota Makkah). Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama kali diturunkan. Yuk, jangan lupa dibaca Al-Qur'an nya ya."

Karena keterbatasan penglihatannya, sebagaimana tertulis, perempuan tunatera itu membaca Al-Qur'an dalam versi braille. Warganet pun berbondong-bondong membanjiri unggahan ini dengan sejumlah pujian.

"Masya Allah suaranya," komentar salah satunya.

"Alhamdulillah, lengkap. Semoga selalu istiqamah," sahut yang lain, sementara seorang warganet lain menulis, "Semoga cantik paras dan hatinya membawa Putri jadi orang yang sukses dunia akhir. Kami dukung dari Indonesia."

Tidak hanya ayat Al-Qur'an, di unggahan berbeda, Putri Ariani juga melantunkan salawat, menulis dalam keterangannya, "Semoga Dengan banyaknya kita bersalawat, apalagi di bulan Ramadhan, (semoga) kita semua mendapatkan syafaat dan keberkahan dari Rasulullah SAW. Aamin, aamin, yra."

Infografis Prostitusi Artis (Liputan6.com/desi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya