Ada Alasan Mulia di Balik Keputusan Lionel Messi Tolak Barcelona dan Pilih Inter Miami

Lionel Messi baru saja memutuskan pindah ke Inter Miami. Messi menolak Barcelona dan Al-Hilal.

oleh Thomas diperbarui 13 Jun 2023, 11:32 WIB
Lionel Messi (AFP/Nelson Almeida)

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi membuat heboh jagat sepak bola pekan lalu. Pria Argentina itu memutuskan akan menjajal Liga Amerika Serikat bersama Inter Miami. Messi batal kembali ke Barcelona seperti yang sempat digembar-gemborkan sebelumnya.

Messi dapat pindah klub dengan gratis di musim panas 2023 setelah memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama Paris Saint Germain (PSG) yang habis pada Juni 2023. Messi tak betah di Paris, sehingga cuma bertahan dua tahun di sana.

Sebelum akhirnya resmi memilih Inter Miami, Messi begitu santer dikabarkan akan balik ke Barcelona. Ayah yang juga agennya, Jorge, telah melakukan pertemuan dengan Presiden Barcelona Joan Laporta. Sayangnya, negosiasi tampaknya tidak menemui titik temu.

Menanggapi batalnya Messi kembali ke Barcelona, mantan rekan setimnya di timnas Argentina Carlos Tevez meyakini ada alasan mulai di baliknya. Tevez melihat Messi sebenarnya ingin kembali ke Barca. Namun, Messi tak ingin terlihat sebagai penjahat, karena akan merusak keharmonisan tim di mana beberapa pemain harus rela potong gaji demi Messi.

Seperti diketahui, keuangan Barcelona memang masih belum sehat, sehingga mereka harus menjual beberapa pemain dan mengurangi beban gaji untuk bisa menampung Messi di Nou Camp lagi.

Masalah keuangan ini juga yang membuat Messi harus pindah dari Barcelona ke PSG dua tahun lalu. Kala itu Blaugrana tak bisa mendaftarkan kontrak Messi ke LaLiga.


Komentar Tevez soal Lionel Messi

Pemain Argentina Lionel Messi (tengah) mengangkat replika trofi Piala Dunia di samping rekan satu timnya saat upacara penghargaan untuk pemain pemenang Piala Dunia, setelah pertandingan sepak bola persahabatan antara Argentina dan Curacao di Stadion Madre de Ciudades, Santiago del Estero, Argentina, Selasa (28/3/2023). (JUAN MABROMATA/AFP)

"Tidak bisa kembali ke Barcelona sangat buruk baginya, tetapi dia membuat keputusan dengan mengetahui dan memahami situasinya sedikit. Dia tidak ingin kembali dan memaksa banyak rekan satu timnya untuk berganti tim atau mengurangi gaji mereka. Dia tidak bisa kembali dan menjadi penjahat film," ujar Tevez kepada ESPN.

Di mata Tevez, menjajal MLS adalah pilihan terbaik Messi. Menurut Tevez, Messi tak bertahan di sepak bola Eropa bukan karena tidak laku. Messi mengakhiri petualangan di Eropa karena cuma ingin kembali ke Barcelona setelah selesai di PSG.

"Leo memilih Amerika Serikat karena dia menyukai Miami, itu akan menenangkan dia dan keluarganya. Saya pikir apa yang dia lakukan adalah hal yang paling benar. Jika dia tidak bisa kembali ke Barcelona, dia tidak bisa bertahan di Eropa."


Gaji Besar Lionel Messi

Sebelum resmi pindah ke MLS, Messi juga diincar klub kaya Arab Saudi Al-Hilal. Bahkan mereka siap memberikan gaji dahsyat agar mau pindah ke Arab Saudi. Messi akan dibayar 500 juta euro.

Bersama Inter Miami, Messi kabarnya akan mendapat honor di kisaran 54 juta dolar per musim, atau setara dengan kurang lebih Rp804 miliar.


Klasemen LaLiga

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya