7 Bunga yang Akan Membawa Keberuntungan ke dalam Rumah Menurut Para Ahli

Bunga sering dianggap indah dan menyegarkan. Bunga di dalam rumah Anda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan harmonis. Keindahan ini diyakini dapat membawa keberuntungan dan energi positif ke dalam rumah.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 17 Jun 2023, 16:51 WIB
Ilustrasi Pot Bunga/https://unsplash.com/Diego Botero

Liputan6.com, Jakarta - Menyimpan bunga di dalam rumah Anda secara tidak langsung dapat menambah warna dan keceriaan. Namun, para ahli mengatakan bahwa di luar manfaat estetikanya, bunga-bunga tertentu juga dipercaya dapat membawa keberuntungan ke dalam rumah Anda.

Faktanya, meletakkan bunga tertentu di dalam vas atau pot dapat melambangkan keberuntungan dalam cinta, kekayaan, dan menjadi awal yang baru, atau bisa juga mengundang keharmonisan dan kebahagiaan ke dalam rumah Anda.

Bunga sering dianggap indah dan menyegarkan. Salah satu manfaat bunga di dalam rumah Anda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan harmonis. Keindahan ini diyakini dapat membawa keberuntungan dan energi positif ke dalam rumah.

Selain itu, merawat bunga di dalam rumah dapat menjadi salah satu cara Anda untuk tetap terhubung dengan alam. Oleh karena itu, beberapa orang percaya bahwa menjalin hubungan dengan alam akan memberikan dampak yang positif dengan memberikan keberuntungan yang baik.

Merawat bunga di dalam rumah juga dipercaya akan mengurangi rasa stres. Hal ini karena bunga memiliki aroma yang menenangkan sehingga dapat memperbaiki suasana hati Anda dan menghilangkan stres.

Berikut 7 bunga yang akan membawa keberuntungan dalam rumah Anda, melansir dari laman Bestlife, Jumat (16/6/2023). 


1. Bunga Anggrek

Ilustrasi Tanaman Anggrek Credit: unsplash.com/Yeimy

Bunga Anggrek mungkin sedikit sulit untuk dipelihara, tetapi jika Anda dapat membuatnya tetap subur, anggrek dianggap sebagai bunga yang dapat memberi keberuntungan.

"Anggrek dianggap membawa keberuntungan dalam beberapa budaya, termasuk Cina dan Jepang. Anggrek melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan kelimpahan," jelas Aaditya Bhatta, pendiri situs berkebun Plants Craze.

Dalam budaya China, anggrek dipercaya menarik energi positif dan keberuntungan, sedangkan dalam budaya Jepang, anggrek diasosiasikan dengan kemurnian dan keanggunan.

2. Bunga Matahari

Besar, berani, dan indah. Bunga matahari dapat menambah vitalitas dan keceriaan di dalam rumah Anda. Para ahli mengatakan bunga ini juga bisa membawa keberuntungan karena bunga matahari selalu menghadap ke matahari dan mengikuti pergerakan sinar matahari sepanjang hari. Hal ini melambangkan keceriaan, optimisme, dan kegembiraan.

"Dalam banyak budaya, bunga matahari melambangkan kebahagiaan, kepositifan, dan nasib baik," kata Adnan, pendiri The Plant Bible.

Kemiripan mereka dengan matahari dan kemampuan mereka untuk membawa kehangatan dan cahaya membuat mereka menjadi pilihan populer untuk menarik energi positif.


3. Bunga Teratai

Ilustrasi bunga teratai. (dok. pexels.com/Pixabay)

Menjadi salah satu tanaman air yang unik, teratai mungkin tidak menjadi bunga pertama yang Anda pikirkan untuk dirawat di dalam rumah. Namun, para ahli mengatakan bahwa bunga teratai dianggap memiliki banyak keberuntungan menurut tradisi, mewakili kesempurnaan ilahi, dan dianggap sebagai reinkarnasi atau kelahiran kembali.

"Bunga teratai sangat dihormati di banyak budaya Timur dan dianggap sebagai simbol kesucian, pencerahan, dan pertumbuhan spiritual. Teratai tumbuh subur di air berlumpur, namun bunganya muncul di atas permukaan, melambangkan ketangguhan dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Ini sering dikaitkan dengan keberuntungan, kemakmuran, dan pencapaian kedamaian batin." ujar Adnan.

4. Bunga Marigold

Bersemangat dan penuh warna, bunga marigold diyakini membawa keberuntungan dan kemakmuran di banyak budaya. Bunga ini menjadi salah satu bunga yang akan membawa keberuntungan jika Anda pelihara di dalam rumah.

"Dalam tradisi Meksiko, marigold digunakan selama perayaan Hari Orang Nati untuk menghormati orang-orang terkasih yang telah meninggal dan membimbing arwah mereka kembali ke rumah. Bunga-bunga ini juga digunakan sebagai jimat pelindung terhadap energi negatif dan diyakini membawa kegembiraan dan energi positif bagi rumah tangga." ujar Adnan.


5. Bunga Daffodil

'Georgie Boy' Daffodil. (Via: housebeautiful.com)

Muncul di awal musim semi bersama tulip dan eceng gondok, daffodil menandai akhir musim dingin dan melambangkan reinkarnasi atau kelahiran kembali sebagai awal yang baru.

"Daffodil mekar di sekitar tahun baru imlek, yang membantu memperkuat reputasi mereka sebagai orang yang sangat beruntung," kata Elle Meager, pendiri Outdoor Happens.

6. Bunga Peony

Selain untuk karangan bunga pernikahan musim semi, bunga ini juga diyakini membawa keberuntungan dalam budaya Tionghoa.

"Mereka melambangkan kemakmuran, kehormatan, dan nasib baik. Bunga peony sering diasosiasikan dengan kekayaan dan kesuksesan dan diyakini membawa keberuntungan, terutama dalam bisnis dan hubungan pribadi," ujar Bhatta.

7. Bunga Krisan

Bunga ini mekar pada musim gugur. Bunga ini dapat menjadi pilihan yang cocok Anda rawat di dalam rumah untuk membawa keberuntungan.

"Krisan sangat dihormati dalam budaya Tionghoa karena dikaitkan dengan umur panjang dan keberuntungan. Bunga krisan sering ditukarkan sebagai hadiah selama perayaan Tahun Baru Imlek," jelas Zeeshan Haider, pendiri Greenry Enthusiast.

wilayah penghasil bungan (liputan6.com/trie yas)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya