Sebelum Meninggal, RSCM Sudah Kerahkan Tim Medis Multi Disiplin Ilmu Tangani Obesitas Fajri

Moch Fajri Rifana (26), pasien obesitas Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUP) Cipto Mangunkusumo yang berasal dari Tangerang meninggal dunia.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 22 Jun 2023, 13:23 WIB
Keterbatasan alat membuat Fajri, 27 tahun, pria penderita obesitas dengan bobot 280 Kilogram, yang sebelumnya mendapat penanganan di RSU Kota Tangerang, kini harus dirujuk ke RSCM Jakarta. Proses pemindahan Fajri pun tak kalah dramatis, sebab, bukan ambulans yang digunakan, melainkan menggunakan truk Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kota Tangerang, yang dimodifikasi untuk mengangkut pria bertubuh obesitas tersebut.

 

Liputan6.com, Jakarta - Mohammad Fajri Rifana (26), pasien obesitas Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUP) Cipto Mangunkusumo yang berasal dari Tangerang meninggal dunia pada Kamis (22/6/2023) dini hari pukul 1.25 WIB.

"Betul. Kami akan share siaran persnya," kata Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUP) Cipto Mangunkusumo Jakarta Lies Dina Liastuti, Kamis (22/6/2023).

Fajri merupakan pasien obesitas yang diperkirakan pihak medis RSU Kota Tangerang berbobot tubuh lebih dari 260 kilogram sebelum dirujuk ke RSCM.

Warga Jalan Kedaung No125 RT02 RW02 Kelurahan Larangan Indah, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang itu dipastikan kesulitan beraktivitas karena timbunan lemak di tubuhnya.

Kejadian itu dialami pasien setelah mengalami kecelakaan lalu lintas pada tiga tahun lalu. Peristiwa itu membuat Fajri hanya tergolek lemas di tempat tidur dan membuat tubuhnya membesar.

Sebelum peristiwa kecelakaan itu terjadi, Fajri memiliki berat tubuh 150 kg. Kini, tim medis RSCM memperkirakan bobot tubuh Fajri berkisar 300 kg yang diperkirakan akibat gangguan hormon.

RSCM Jakarta sudah melibatkan tim medis multi-disiplin keilmuan untuk memulihkan berat tubuh pasien.

Lies mengatakan kasus yang dialami Fajri termasuk kejadian langka yang dialami orang dewasa. Kasus itu adalah kali kedua ditangani tim medis RSCM, setelah sebelumnya kasus serupa dialami pasien atas nama Arya Permana (10) pada 2016 dengan bobot sekitar 190 kg.

Sedangkan kasus obesitas pada anak ditangani RSCM pada awal 2023 atas nama Muhammad Kenzi Alfaro, balita 16 bulan berbobot 27 kg asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dua kasus itu berhasil tertangani tim medis RSCM.


Dimakamkan di Menteng Pulo

Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)

Jenazah Muhammad Fajri rencananya bakal dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Menteng Pulo, Jakarta Selatan siang ini.

Pelaksana Tugas Direktur Pelayanan Operasional RSCM Renan Sukmawan mengatakan, pihak RSCM berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta perihal ketersediaan liang lahat.

"Insyaalah rencana akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo pada hari ini dengan pihak keluarga terutama, secara intens. Dan tim pemulasaran jenazah juga sudah melakukan yang terbaik untuk itu," kata Renan dalam konferensi pers di Gedung A RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Adapun jenazah Fajri saat ini masih berada di RSCM setelah disalatkan dan dikafani. Menurut Renan, tim RSCM yang menangani MF telah berupaya selama 14 hari terakhir saat kondisi MF sudah mulai memburuk.

"Jadi kita ketahui Almarhum tuan MF ya dirawat sekitar 14 hari disini sejak 9 juni," kata dia.

Arya Permana, salah satu contoh kasus obesitas yang mengkhawatirkan (liputan6.com/Tri yasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya