Profil SAM Air yang Pesawatnya Jatuh di Papua, Layani Penerbangan Daerah Terpencil di Wilayah Timur Indonesia

Nama SAM Air atau Semuwa Air mungkin tidak begitu popular. Maskapai ini memang hanya melayani rute-rute tertentu dan lebih sering di daerah terpencil di wilayah timur Indonesia.

oleh Henry diperbarui 24 Jun 2023, 02:01 WIB
Profil SAM Air yang Pesawatnya Jatuh di Papua, Layani Penerbangan Daerah Terpencil di Wilayah Timur Indonesia.  foto: Instagram @samair.indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Usai dikabarkan kontak hilang, pesawat SAM Air atau Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK SMW akhirnya ditemukan Tim SAR, dalam keadaan bagian depan hancur.  Tim SAR menemukan lokasi pesawat Semuwa Air dengan nomor PK SMW yang dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan Elelim-Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan.

Kadisops Basarnas Jayapura Marinus Ohoirat kepada Antara, Jumat, menjelaskan lokasi pesawat itu ditemukan pesawat helikopter milik PT. Intan Angkasa yang terbang dari Wamena sekitar pukul 15.30 WIT.  Lokasi pesawat SAM Air berada di tengah hutan belantara antara Elelim-Poik dan saat ditemukan masih terlihat asap keluar dari badan pesawat .

Helikopter tersebut menemukan lokasi sekitar pukul 16.08 WIT dan secara virtual dilaporkan bagian depan hancur sedangkan bagian belakang sampai ke tengah masih utuh.

"Untuk kondisi penumpang belum diketahui," ucap Marinus Ohoirat dikutip dari Antara, Jumat, 23 Juni 2023. Diakui, sebelumnya pesawat Susi Air juga sempat melakukan pencarian dengan terbang dari Wamena-Elelim.

Namun pencarian pertama tidak menemukan keberadaan pesawat tersebut, kata Marinus Ohoirat. Sebelumnya Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan mengakui adanya laporan tentang hilang kontaknya pesawat milik Semuwa Air dengan kode penerbangan PK SMW.

"Memang benar ada laporan pesawat PK-SMW jenis Grand Caravan C208B hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim menuju Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan," katanya.

Pesawat yang dikemudikan pilot Capten Hari Permadi dan co pilot Levi Murib dilaporkan berangkat dari Elelim pukul 10.53 LT menuju Poik yang dijadwalkan tiba pukul 11.06 LT, namun hingga kini pesawat tersebut belum tiba di Poik.

 


Layanan Penerbangan Tak Terjadwal

Pesawat Semuwa Air dengan nomor penerbangan PK SMW ditemukan Tim SAR, dalam keadaan bagian depan hancur. (Liputan6.com/ Dok Ist)

"Dari laporan yang diterima posisi pesawat PK-SMW melalui satelite tracking terakhir pada koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956FT, kata Danlanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan.

Nama SAM Air atau Semuwa Air mungkin tidak begitu popular. Maskapai ini memang hanya melayani rute-rute tertentu dan lebih sering di kota-kota bahkan daerah terpencil di Indonesia.

Melansir berbagai sumber, SAM Air atau Semuwa Aviasi Mandiri adalah maskapai yang melayani penerbangan perintis atau daerah-daerah terpencil di wilayah timur Indonesia. Pesawat terbang jenis propeller SAM Air kini meladeni charter flight, layanan penerbangan tak terjadwal di Papua.

Sejak awal tahun 2021, SAM Air mendapat mandat dari pemerintah untuk melayani penerbangan terjadwal di 10 bandara perintis di gugus Kepulauan Maluku.  Pesawat propeller milik SAM Air adalah DHC-6 Twin Otter (SMH, SMS) dan C208 Caravan (SMW, SMG) Pemilik SAM Air adalah pria kelahiran Wamena, Papua, 16 Agustus 1975 yang bernama Wagus Hidayat.


Pemilik SAM Air

Pesawat SAM Air tergelincir saat mendarat di lapangan terbang Beoga di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Senin (23/1/2023). (Liputan6.com/ Ist)

Pria yang akrab disapa Haji Hidayat itu adalah seorang politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).Sebelum menjadi anggota PKS, mantan anggota DPRD Kabupaten Jayapura itu pernah menjadi bagian dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

H. Wagus Hidayat dikenal ulet dan pekerja keras. Ia tidak secara tiba-tiba menjadi pengusaha penerbangan. Ia bahkan pernah menjadi pedagang sirih pinang di Wamena, menjual bensin botolan di Puncak Jaya bahkan menjadi kondektur bus di Makassar.

Namun kerja keras dan keberuntungan telah membawanya menjadi pengusaha sukses, bahkan ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Meski begitu, gaya hidupnya tetap sederhana.

Selain menjabat Ketua Kerukunan Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat juga pernah menerima sederet penghargaan. Ia pun pernah terpilih sebagai Tokoh Motivator Interpreuner Inspiratif dari Papua.

Sebelumnya, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau lebih dikenal sebagai AirNav Indonesia melaporkan, pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri atau pesawat SAM Air hilang kontak di Papua.


Melacak Keberadaan Pesawat

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. Unsplash.com/@trinitymmoss)

Pesawat SAM Air tersebut hilang jejak pasca lepas landas dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga pada Jumat, 23 Juni 2023.

"Jumat, 23 Juni 2023, dilaporkan bahwa pesawat SAM Air dengan registrasi PK-SMW Tipe Cessna Grand Caravan C208B, yang berangkat dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga 10.53 WIT telah hilang kontak pada pukul 11.07 WIT, pada koordinat POIK (16 NM arah selatan dari Bandara Elelim)," terang Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi, Jumat, 23 Juni 2023 dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Rosedi mengatakan, pihaknya kini telah mengerahkan bantuan untuk melacak keberadaan pesawat SAM Air tersebut. Dengan turut dibantu armada pesawat milik Susi Air yang biasa mengangkasa di langit Papua.

"Hingga statement ini dikeluarkan, pencarian sedang dilakukan menggunakan pesawat Pilatus Susi Air dengan registrasi PK-VVK, yang berangkat dari bandara Wamena pukul 13.37 WITA," ungkapnya. "AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder penerbangan terkait, terus mengupayakan pencarian keberadaan pesawat PK-SMW tersebut dan update kondisi di lapangan," tambahnya.

 

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya