Geger Temuan Gundukan Tanah Misterius Mirip Makam di Pekarangan Warga Kebumen

Desa Surotrunan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah heboh usai ditemukan gundukan tanah menyerupai makam di pekarangan warga, Sabtu (24/6/2023)

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Jun 2023, 21:12 WIB
Warga Alian, Kebumen geger usai temuan gundukan tanah misterius mirip makam di pekarangan warga. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Kebumen)

Liputan6.com, Kebumen - Desa Surotrunan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah heboh usai ditemukan gundukan tanah menyerupai makam di pekarangan warga, Sabtu (24/6/2023).

Gundukan tanah itu lengkap dengan penanda nisan di sisi utara dan selatan, mirip betul seperti makam baru.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengatakan, penemuan gundukan tanah mirip makam bermula dari salah seorang warga sekitar pergi ke ladang untuk mencari burung sekitar pukul 09.30 WIB.

Di tengah perjalanan, warga tersebut mendapati gundukan tersebut. Padahal, itu bukanlah komplek pemakaman.

Dari makam desa setempat kurang lebih berjarak satu kilometer.

Lantaran khawatir, temuan gundukan mirip makam tersebut dilaporkan ke Polsek Alian, Kebumen untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Pembongkaran

Pembongkaran gundukan tanah misterius mirip makam di pekarangan warga Alian, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Humas Polres Kebumen)

Pada Sabtu itu juga, polisi membongkar gundukan tanah sebagai bentuk tindak lanjut laporan warga yang masuk ke Polsek Alian lalu diteruskan ke Polres Kebumen.

"Setelah kita bongkar, di dalam tanah tersebut kita tidak menemukan apapun. Sekilas jika kita perhatikan, gundukan tanah tersebut mirip dengan makam baru. Sedangkan warga setempat tidak pernah merasa menguburkan warganya di lokasi tersebut," jelas AKP Heru.

Meski hanya sebuah gundukan tanah biasa, lanjut AKP Heru, Polres Kebumen sangat mengapresiasi laporan warga. Karena sekecil bentuk laporan sangat bermanfaat bagi Polres Kebumen dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Pembongkaran ini untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi. Karena letaknya yang tak lazim. Apakah itu benar-benar makam, atau jika benar makam, apakah merupakan korban tindak pidana. Jadi perlu dilakukan pembongkaran untuk menjawab teka-teki di tengah warga," ucap dia.

Tim Rembulan

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya