Raih Elektabilitas Tertinggi, Erick Thohir Dinilai Cawapres Berpengaruh Global

Ia menjelaskan elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres untuk kontestasi demokrasi mendatang memang menjadi daya tarik utama bagi setiap calon presiden (capres) yang ingin berpasangan dengannya.

oleh Muhammad Ali diperbarui 25 Jun 2023, 18:26 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers mengenai pembentukan yayasan PSSI dan perwasitan Indonesia di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi. Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan menyatakan, hal ini tidak lepas dari kekuatan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sebagai pemimpin yang berpengaruh secara global.

Pengaruh secara global ini menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh pemimpin Indonesia untuk menjawab tantangan zaman saat ini.

“Satu dari sisi elektabilitas yang sangat tinggi ya, kedua tentu tantangan zaman ke depan ini kan sudah sangat kompleks ya, Pak Erick Thohir saya kira, berpotensi mampu menghadirkan style kepemimpinan publik yang berwawasan global dan visioner,” kata Yusak dikutip Minggu (25/6/2023).

Ia menjelaskan elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres untuk kontestasi demokrasi mendatang memang menjadi daya tarik utama bagi setiap calon presiden (capres) yang ingin berpasangan dengannya. Ditambah dengan sosoknya yang sudah malang melintang di berbagai bidang, menjadikannya kandidat kuat untuk mendulang suara tambahan bagi capres yang berduet dengannya.

Seperti diungkapkan pada survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut sukses mengantongi angka elektabilitas tertinggi. Pada survei yang diselenggarakan 26-30 Mei 2023 tersebut, Erick Thohir berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 15,5 persen.

Terpisah, pada survei yang diadakan oleh Indonesia Political Opinion (IPO), Erick Thohir berhasil menduduki peringkat pertama pada survei dengan skema 20 nama. Pada survei yang diadakan 5-13 Juni 2023 tersebut, Eks Presiden Inter Milan itu sukses mengantongi suara sebesar 15,5 persen.

 


Erick Punya Daya Pikat Optimal

Karenanya, Yusak meyakini selain dari angka elektabilitas yang tinggi itu, Erick Thohir memang sosok cawapres yang punya daya pikat paling optimal dibanding kandidat lain. Memiliki latar belakang pengusaha dan dekat dengan milenial juga jadi nilai tambah bagi pria yang jadi Anggota Kehormatan Banser NU tersebut.

“Kelebihan Pak Erick Thohir selain di pemerintahan dan juga punya background pengusaha saya kira Pak Erick Thohir sangat digandrungi kalangan milenial,” ujar Yusak.

Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya