Butuh Uang untuk Beli Pemain, Manchester United Pilih Ambil Langkah Ekstrem

Manchester United berencana mengambil langkah berani demi menambah biaya transfer untuk Erik ten Hag.

oleh Thomas diperbarui 26 Jun 2023, 18:00 WIB
Kapten Manchester United (MU), Harry Maguire, berselebrasi setelah menjebol gawang Leeds United pada laga pekan ke-26 Liga Inggris di Elland Road, Minggu (20/2/2022). MU menang 4-2 dalam laga ini. (Mike Egerton/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta- Proses pergantian pemilik klub yang tak kunjung rampung membuat rencana besar Manchester United bersama manajer Erik ten Hag di bursa transfer musim panas 2023 bisa berantakan. Keluarga Glazer belum juga menyelesaikan penjualan klub hingga mendekati akhir Juni 2023.

Akibatnya MU harus menyiasatinya dengan menjual beberapa pemain tak berguna demi bisa mendapat tambahan anggaran belanja untuk dipakai Ten Hag berburu pemain. Ten Hag memerlukan banyak pemain baru agar MU bisa bersaing dalam perburuan gelar Liga Inggris dan berbicara banyak di Liga Champions musim depan.

Seperti diketahui Ten Hag menginginkan setidaknya dua penyerang, satu gelandang, satu bek dan satu penjaga gawang anyar pada bursa transfer musim panas 2023. Untuk striker, salah satunya yang diinginkan berharga mahal di atas 100 juta poundsterling. Ten Hag ingin striker haus gol yang berpengalaman.

Beberapa pemain sudah dimasukkan ke dalam daftar jual MU seperti Axel Tuanzebe, Eric Bailly, Alex Telles, Anthony Elanga hingga Hannibal Mejbri. Namun takkan menghasilkan tambahan dana terlalu banyak untuk Setan Merah.

Memasuki akhir Juni 2023, Ten Hag mengambil langkah ekstrem. Pria Belanda itu diklaim The Sun bersedia melepas dua pemain mahal milik Man Utd dengan diskon besar agar bisa segera laku terjual dan menghasilkan tambahan anggaran belanja cukup banyak.


Dua Pemain Mahal Dikorbankan MU

Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (Darren Staples / AFP)

Dua pemain mahal yang akan dikorbankan adalah bek tengah sekaligus kapten tim Harry Maguire dan winger Jadon Sancho. Kedua pemain nasional Inggris ini sudah membuat Ten Hag kehabisan kesabaran karena tak kunjung membaik kinerjanya.

Untuk Maguire, MU mematok harga cuma 40 juta poundsterling. Biaya transfer ini setengah lebih rendah dari uang yang dikeluarkan MU saat membeli Maguire dari Leicester City pada tahun 2019 lalu.

Sedangkan untuk Sancho, MU juga siap merugi banyak asalkan segera laku terjual. Sancho akan dilepas bila ada klub yang menawar sekitar 45 juta poundsterling. Padahal MU membeli Sancho dari Borussia Dortmund 70 juta poundsterling.


Sancho dan Maguire Tak Memuaskan di MU Musim Lalu

Maguire pada musim 2022/2023 menjadi pilihan kelima di posisi bek tengah. Bahkan Ten Hag lebih suka memainkan bek kiri Luke Shaw di posisi bek tengah ketimbang memainkan Maguire kala duet Lisandro Martinez dan Raphael Varane absen.

Ten Hag ingin mengganti Maguire dengan bek yang lebih konsisten. Kandidatnya adalah Kim Min-jae dari Napoli dan Goncalo Inacio asal Sporting CP.

Sedangkan Sancho sudah kalah saing dengan pemain muda Alejandro Garnacho. Musim depan Ten Hag kemungkinan ingin mengandalkan Facundo Pellistri ketimbang Sancho yang belum juga bisa menemukan sentuhan emas seperti ketika masih di Dortmund.


Klasemen Liga Inggris

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya