Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 28 Juni 2023: Pagi Cerah Berawan, Siang hingga Sore Hujan Sebagian

Mengawali libur panjang Idul Adha hari ini, Rabu (28/6/2023), langit pagi Indonesia keseluruhannya diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, asap, kabut, dan berawan tebal kecuali Ternate hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Rabu (28/6/2023).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 28 Jun 2023, 17:13 WIB
Pria main skateboard saat cuaca cerah di Jakarta, Selasa (1/12/2020). Kota Jakarta dengan langit biru menambah keindahan hutan beton. BMKG bahwa kualitas udara Jakarta jadi baik dalam dua minggu ini, Jakarta mengalami hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali libur panjang Idul Adha hari ini, Rabu (28/6/2023), langit pagi Indonesia keseluruhannya diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, asap, kabut, dan berawan tebal kecuali Ternate hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Rabu (28/6/2023).

Kemudian pada siang hari nanti, sebagian langit Indonesia diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir, seperti laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan guyur Gorontalo, Banjarmasin, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Manokwari, Mamuju, dan Manado pada siang nanti.

Serta hujan sedang siang hari nanti diprediksi turun di Medan serta Palembang waspada hujan petir.

Senada, malam hari nanti, wilayah Indonesia sebagiannya diprakirakan cerah, cerah berawan, berawan, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah  Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Yogyakarta   Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah  Cerah Berawan  Berawan
 Gorontalo   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jambi   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Bandung   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Semarang   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Surabaya   Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Pontianak   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Banjarmasin   Asap  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Palangkaraya  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Samarinda  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Tarakan   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Pangkal Pinang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Tanjung Pinang   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bandar Lampung  Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Ambon   Berawan Tebal  Berawan  Berawan
 Ternate   Hujan Ringan  Berawan  Berawan 
 Mataram   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kupang   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kota Jayapura  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Manokwari   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Pekanbaru   Kabut  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Mamuju   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Sedang
 Makassar   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kendari   Berawan  Berawan  Berawan
 Manado    Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Padang   Berawan  Berawan  Berawan
 Palembang  Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Petir

Keppres Jokowi soal Libur Idul Adha

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sambutan Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 pada 10 Desember 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 16 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Keppres Nomor 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Keppres tersebut diteken Jokowi pada 22 Juni 2023. Dalam Keppres yang baru, ditetapkan bahwa cuti bersama ASN bertambah dua hari yakni, tanggal 28 dan 30 Juni 2023 pada Hari Raya Idul Adha.

Adapun penambahan cuti bersama ini dalam rangka meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kelancaran mobilitas selama perayaan Iduladha 1444 Hijriah.

Kemudian, pemerintah memberikan kesempatan kebersamaan orang tua dengan anak pada saat libur sekolah, dan meningkatkan pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," bunyi Keppres sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Kamis 22 Juni 2023.


Alasan Jokowi Tambah 2 Hari Cuti Bersama Idul Adha 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutkan status pandemi COVID-19 pada Rabu, 21 Juni 2023. Saat ini Indonesia memasuki masa endemic (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan 28 Juni dan 30 Juni 2023 menjadi cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023, sedangkan 29 Juni merupakan libur nasional.

Jokowi menjelaskan ditambahnya hari libur Idul Adha ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor pariwisata lokal.

"Ya itu kan harinya memang memerlukan waktu yang lebih untuk mendorong ekonomi, utamanya di daerah agar lebih baik lagi. Utamanya di daerah pariwisata lokal. Karena kita lihat bisa, diputuskan," jelas Jokowi di Pasar Parungpung Gunung Sindur Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu 21 Juni 2023.

Saat ditanya di mana akan merayakan Hari Raya Idul Adha 2023, dia tak mau mengungkapkan. Jokowi malah berkelakar bahwa Idul Adha akan jatuh pada pekan depan.

"Idul Adha minggu depan," ucap Jokowi.


Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan Selama Libur Panjang Idul Adha 2023

caption foto : Bandung - Calon penumpang di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, mulai melakukan perjalanan libur panjang Idul Adha 2023. (sumber foto : Humas Daop 2 Bandung)

Polda Metro Jaya memastikan, tidak memberlakukan aturan ganjil genap (Gage) di Jakarta saat libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, peniadaan aturan ganjil genap Jakarta akan dimulai pada Rabu 28 Juni 2023.

"Pokoknya libur nasional memang tidak ada Gage. Kita ikuti saja sesuai ketentuan," kata Latif dilansir dari situs ntmcpolri.info, Senin 26 Juni 2023.

Latif menambahkan, saat cuti bersama aturan ganjil genap ini tetap akan diliburkan. Hal itu, kata Latif, dilakukan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Cuti bersama kan libur nasional yang ditentukan oleh pemerintah," tambahnya.

"Iya (lima hari berturut-turut)," tambah dia.

Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya