Harga Minyak Dunia Terbang Lagi, Ada yang Tembus Level Tertinggi

Harga minyak Brent berjangka naik USD 1,77 atau 2,5% menjadi USD 74,03 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik USD 1,86 atau 2,8% menjadi USD 69,56.

oleh Septian Deny diperbarui 29 Jun 2023, 09:00 WIB
Harga minyak Brent berjangka naik USD 1,77 atau 2,5% menjadi USD 74,03 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik USD 1,86 atau 2,8% menjadi USD 69,56. (iStockPhoto)

 

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik sekitar 3% pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta) karena penarikan mingguan kedua berturut-turut dari stok minyak mentah AS lebih besar dari yang diharapkan.

Hal ini mengimbangi kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak global.

Dikutip dari CNBC, Kamis (29/6/2023), harga minyak Brent berjangka naik USD 1,77 atau 2,5% menjadi USD 74,03 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik USD 1,86 atau 2,8% menjadi USD 69,56.

Ini menjadi adalah level penutupan harga minyak tertinggi untuk WTI sejak 21 Juni.

Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah turun 9,6 juta barel dalam pekan yang berakhir 23 Juni, jauh melebihi perkiraan analis penarikan 1,8 juta barel dalam jajak pendapat Reuters dan juga jauh lebih besar dari penarikan 2,8 juta barel setahun sebelumnya. Angka tersebut juga melampaui rata-rata undian dalam lima tahun dari 2018-2022.

“Secara keseluruhan, angka yang sangat solid seperti itu di hadapan orang-orang yang mengatakan bahwa pasar kelebihan pasokan. Laporan ini bisa menjadi dasar (untuk harga minyak),” kata Phil Flynn, Analis di Price Futures Group.

Investor tetap berhati-hati bahwa kenaikan suku bunga dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

“Jika ada yang akan menghujani pasar bull itu adalah (Ketua Federal Reserve AS) Jerome Powell,” kata Flynn.

Pemimpin bank sentral top dunia menegaskan kembali bahwa mereka melihat pengetatan kebijakan lebih lanjut diperlukan untuk menjinakkan inflasi tetapi percaya mereka dapat mencapainya tanpa memicu resesi.

Powell tidak mengesampingkan kenaikan lebih lanjut pada pertemuan Fed berturut-turut sementara Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengkonfirmasi ekspektasi bank akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli, dengan mengatakan langkah seperti itu 'kemungkinan'.

 


Resesi

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

 

Kemunduran 12 bulan untuk Brent dan WTI — dinamika harga yang menunjukkan permintaan yang lebih tinggi untuk pengiriman segera — keduanya berada di level terendah sejak Desember 2022.

Analis di perusahaan konsultan energi Gelber and Associates mengatakan bahwa penurunan keterbelakangan menyarankan “berkurangnya kekhawatiran atas potensi kekurangan pasokan.”

Namun, beberapa analis memperkirakan pasar akan mengetat pada paruh kedua tahun 2023 sebagian karena pemotongan pasokan yang sedang berlangsung oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu mereka seperti Rusia, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+, dan pengurangan sukarela Arab Saudi untuk bulan Juli. .

Di China, konsumen minyak terbesar kedua di dunia, laba tahunan di perusahaan industri memperpanjang penurunan dua digit dalam lima bulan pertama karena pelemahan permintaan menekan margin, memperkuat harapan akan lebih banyak dukungan kebijakan untuk pemulihan ekonomi pasca-COVID yang tersendat. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya