Segera Diuji Coba, Waktu Tempuh Transjakarta Rute Kalideres-Soetta Diklaim Hanya 45 Menit

Pemprov DKI Jakarta akan memulai melakukan uji coba bus Transjakarta rute Kalideres - Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mulai 4 Juli 2023 mendatang.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Jun 2023, 17:21 WIB
Bus melintasi Halte Transjakarta Harmoni yang ditutup, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Halte Sentral Transjakarta Harmoni direlokasi sementara sejak 4 Maret 2023. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan memulai melakukan uji coba bus Transjakarta rute Kalideres - Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mulai 4 Juli 2023 mendatang. Uji coba ini rencananya dilakukan selama satu bulan dan gratis bagi penumpang.

"Sekali perjalanan dari Kalideres ke bandara maksimal 45 menit," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balaikota, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Sehingga apabila ditaksir waktu tempuh pulang pergi baik dari dari Halte Kalideres-Bandara Soetta maupun sebaliknya hanya akan memakan waktu sekitar 90 menit. Hal itu sudah termasuk perhitungan dari sejumlah tempat pemberhentian bus TJ.

"Tentu nanti ada beberapa bus stop yg kita siapkan di lintasan. Karena kan tidak masuk tol," ujar Syafrin.

Dia melanjutkan akan ada sekitar lima unit Transjakarta yang siap melayani beroperasi. Pada waktu pertama dimulai dari jam 06.00 WIB - 09.00 WIB dan untuk sore beroperasi dari jam 18.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.

Adapun rentang waktu kedatangan antara bus yang satu dengan bus yang lain (headway) ditentukan sebanyak 20 menit.

Meskipun demikian, Syafrin belum dapat merinci perihal berapa banyak tarif yang akan digocek apabila rute TJ itu sudah melewati masa uji coba.


Tak Hanya Layani Karyawan Bandara

Menhub Budi Karya Sumadi dan Heru Budi mengecek satu persatu fasilitas sebelum LRT resmi dioperasikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bus TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak hanya melayani karyawan bandara internasional itu saja, tetapi juga masyarakat umum.

Selain itu, Heru menyebutkan, tarif TransJakarta menuju Bandara Soetta masih sama seperti tarif subsidi, yakni sebesar Rp3.500.

Adapun rute layanan TransJakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta ini masih menunggu izin dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya