Top 3 News: Sederet Fakta Gempa Bantul Yogyakarta Berkekuatan Magnitudo 6,4 pada Jumat 30 Juni 2023

Sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat 30 Juni 2023, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiAchmad SudarnoBam Sinulingga diperbarui 02 Jul 2023, 08:30 WIB
SMP Negeri 1 Paranggupito Rusak Akibat Gempa yang Terpusat di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat 30 Juni 2023, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Itulah top 3 news hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Lalu pusat gempa tersebut berada di kedalaman 25 kilometer dan terletak di 86 kilometer barat daya Bantul.

Gempa Bantul Yogyakarta ini dirasakan kuat di beberapa daerah, seperti di Gunungkidul, Jogja, Solo, hingga Banyumas. Bahkan warganet menyebutkan gempa terasa di Cirebon.

Sementara itu, Polsek Medan Satria melimpahkan kasus pembunuhan pedagang sate di Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat, ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) TNI. Hal ini terkait status pelaku yang merupakan pecatan TNI.

Kapolsek Medan Satria Kompol Nur Aqsha Ferdianto menjelaskan, berdasarkan informasi yang beredar, pelaku, DR (22), disebutkan telah diberhentikan dengan tidak hormat dari satuannya karena terbukti melakukan pelanggaran berat.

Meski begitu, Aqsha mengaku tidak bisa mengonfirmasi lebih lanjut terkait status pelaku di instansi TNI.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait seorang pengunjung Bogor Trade Mal (BTM) Jalan Djuanda, Kota Bogor, Jawa Barat yang tewas bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 5 parkiran di pusat perbelanjaan tersebut, Jumat malam 30 Juni 2023.

Menurut Kapolsek Bogor Tengah Kompol Surya, peristiwa bunuh diri terjadi sekitar pukul 19.15 WIB. Sesaat sebelum kejadian, petugas keamanan Mal BTM sempat menghampirinya, namun dilarang oleh pria tersebut.

Belum sempat ditangkap, pria yang mengenakan kaos warna kuning dan celana jeans hitam langsung melompat ke bawah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 1 Juli 2023:


1. Delapan Fakta Terkait Gempa Bantul Yogyakarta Berkekuatan Magnitudo 6,4 pada Jumat 30 Juni 2023

SMP Negeri 1 Paranggupito Rusak Akibat Gempa yang Terpusat di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat 30 Juni 2023, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laman resminya, Jumat 30 Juni 2023.

Pusat gempa tersebut berada di kedalaman 25 kilometer dan terletak di 86 kilometer barat daya Bantul.

Gempa Bantul Yogyakarta ini dirasakan kuat di beberapa daerah, seperti di Gunungkidul, Jogja, Solo, hingga Banyumas. Bahkan warganet menyebutkan gempa terasa di Cirebon.

Pantauan Liputan6.com di Gunungkidul, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa. Di Kelurahan Pacarejo, Semanu, atap-atap rumah warga ambruk.

 

Selengkapnya...


2. Ini Tampang Anak Tega Bunuh Ayah Pedagang Sate di Bekasi, Kasusnya Dilimpahkan ke Denpom TNI

DR (22), pelaku pembunuhan pedagang sate yang juga ayahnya sendiri di Medansatria, Kota Bekasi (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Polsek Medan Satria melimpahkan kasus pembunuhan pedagang sate di Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat, ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) TNI. Hal ini terkait status pelaku yang merupakan pecatan TNI.

"Perkembangan dari hasil koordinasi dengan instansi terkait, bahwa kasus diduga 338 ini sudah dilimpahkan ke instansi terkait, yaitu Denpom TNI," kata Kapolsek Medan Satria, Kompol Nur Aqsha Ferdianto kepada awak media, Jumat 30 Juni 2023.

Berdasarkan informasi yang beredar, pelaku, DR (22), disebutkan telah diberhentikan dengan tidak hormat dari satuannya karena terbukti melakukan pelanggaran berat.

Meski begitu, Aqsha mengaku tidak bisa mengonfirmasi lebih lanjut terkait status pelaku di instansi TNI.

"Kalau masalah status, kita kan hanya pemeriksaan di awal ya. Setelah itu, kan ada terkait diduga oknum ini diserahkan di sana. Untuk masalah status tersangka atau tidaknya pemeriksaan lanjut di sana, hasilnya silakan koordinasi di sana," jelasnya.

 

Selengkapnya...


3. Pengunjung Mal BTM Bogor Tewas Usai Melompat dari Lantai 5

Jasad Korban Bunuh Diri di Mal BTM Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Seorang pengunjung Bogor Trade Mal (BTM) Jalan Djuanda, Kota Bogor, Jawa Barat, tewas bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 5 parkiran di pusat perbelanjaan tersebut, Jumat malam 30 Juni 2023.

Kapolsek Bogor Tengah Kompol Surya mengatakan peristiwa bunuh diri terjadi sekitar pukul 19.15 WIB. Sesaat sebelum kejadian, petugas keamanan mal sempat menghampirinya, namun dilarang oleh pria tersebut.

"Security melihat ada orang di pinggir gedung parkiran lantai 5. Dia lalu mendekat, tapi si korban ini menyatakan; jangan mendekat, saya akan lompat," ujar Surya.

Belum sempat ditangkap, pria yang mengenakan kaos warna kuning dan celana jeans hitam langsung melompat ke bawah.

 

Selengkapnya...

Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya