Cek Fakta: Tidak Benar Laga Uji Coba Timnas Indonesia Vs Portugal pada 16 Juli 2023

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada 16 Juli 2023.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 03 Jul 2023, 14:48 WIB
Cek Fakta Timnas Indonesia Vs Portugal pada 16 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial posting-an yang menyebut Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada 16 Juli 2023. Posting-an itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 30 Juni 2023.

Dalam posting-annya terdapat video dengan narasi:

"Jangan lewatkan Minggu 16 Juli Indonesia vs Portugal. Ronaldo sudah dipastikan hadir mana suaranya fan Ronaldo?"

Lalu, benarkah posting-an yang menyebut Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Portugal pada 16 Juli 2023?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari Bola.com berjudul "PSSI Buka Kemungkinan Timnas Indonesia Beruji Coba dengan Portugal: Cristiano Ronaldo Jangan Kaya Lionel Messi, Ya!" yang tayang pada 28 Juni 2023.

Dalam artikel itu terdapat penjelasan dari Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali. Ia menyebut uji coba melawan Portugal masih dalam rencana.

"Ada yang bertanya, setelah melawan Argentina, ada rencana apa lagi. Saya bilang pasti karena buat Pak Erick Thohir, tujuan FIFA Matchday adalah untuk membuat mental anak-anak sebagai uji nyali," ujar Amali.

"Kemudian ditanya kira-kira siapa lawannya, dengan Portugal bisa, dengan Brasil dan Maroko juga. Bukan saya bilang pasti dengan Portugal. Apalagi sebut Cristiano Ronaldo, tidak ada saya ngomong seperti itu," ucap Amali menambahkan.

"Jadi kalau nanti partai Timnas Indonesia, tim melawan tim, bukan orang dengan orang. Mana yang akhirnya cocok, karena belum tentu juga mereka mau. Kalau tidak cocok tanggal, belum tentu juga," tuturnya.

"Jadi belum bisa kami pastikan. Tapi kalau ditanya bagaimana Pak Erick Thohir berkomunikasi dengan berbagai pihak, sekali lagi saya nyatakan tidak ada yang bilang sudah pasti. Kalau satu di antara dijajaki, ya," Amali menjelaskan.

Sumber:

https://www.bola.com/indonesia/read/5331033/pssi-buka-kemungkinan-timnas-indonesia-beruji-coba-dengan-portugal-cristiano-ronaldo-jangan-kaya-lionel-messi-ya


Kesimpulan

Postingan yang menyebut Timnas Indonesia akan berujicoba melawan Portugal pada 16 Juli 2023 adalah tidak benar. Faktanya laga tersebut masih dalam tahap rencana.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya