JIS Masuk Daftar Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Jakpro Siap Buka Akses Baru untuk Keluar Masuk Stadion

PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku pengelola Jakarta Interational Stadion (JIS), menyatakan siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 November hingga Desember 2023.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 03 Jul 2023, 15:36 WIB
Bus Transjakarta menunggu penumpang di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai melakukan uji coba layanan non bus rapid transit (non BRT) rute 14 yang melayani trayek Stadion JIS - Senen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku pengelola Jakarta Interational Stadium (JIS), menyatakan siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 November hingga Desember 2023.

Direktur Utama PT Jakpro, Iwan Takwin, menyebut pihaknya siap melakukan perbaikan dan perkembangan fasilitas stadion. Termasuk membuka sejumlah akses keluar masuk kawasan stadion dan akses masuk pemain ke ruang ganti sesuai dengan regulasi FIFA.

Iwan mengaku tengah berkordinasi dengan PT KAI terkait rencana pembukaan akses Timur Utara stadion. Pembukaan akses melewati fasilitas rel kereta itu akan menghubungkan stadion dengan Jalan RE Martadinata.

"Kita juga juga tengah berkordinasi dengan pihak terkait untuk membuka akses arah Timur Selatan ke seberang Danau Cincin. Dengan begitu, nantinya akses keluar masuk akan dihubungkan ke daerah Papanggo, Tanjung Priok," ujarnya dikutip dari beritajakarta, Senin (3/7/2023).

Mengenai akses pemain ke ruang ganti, Iwan menyatakan siap melakukan pengaturan teknis, menjamin keamanan pemain saat memasuki stadion. Secara teknis, pihaknya hanya tinggal mengatur flow keluar masuk pemain dengan pengamanan ketat.

"Sejak jauh hari kita telah melakukan berbagai pengembangan fasilitas pendukung di lapangan. Pokoknya kita siap," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa kegiatan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Menyusul, adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 digelar di JIS.

"Kalau (renovasi) JIS sementara dari DKI. Tinggal kita kan asisten teknisnya," ungkapnya kepada awak media di di Kompleks DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta, Kamis, 29 Juni 2023.

Menpora Dito menyampaikan, kegiatan renovasi meliputi perbaikan Ramp Timur Akses JIS. Kemudian, penyediaan tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

"Karena kereta belum jadi, stasiun (KRL JIS) juga kan belum jadi," ungkapnya.


Belum Diketahui Kapan Renovasi

Suasana pertandingan dari atas tribun penonton saat laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Chonburi FC dalam rangka Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Meski begitu, Menpora Dito belum bersedia membocorkan informasi lebih detail terkait kapan dimulai renovasi JIS. Dia menyebut, pekan depan pihaknya akan mengajak Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk meninjau langsung kondisi JIS.

"Saya rencana minggu depan bersama Pak Heru, kita ajak melihat JIS biar memastikan melihat lokasi dan potensi ke depan," pungkasnya.

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya