Petinggi Newcastle Tercengang Rekrutan Baru Sandro Tonali Sudah Bikin Rekor Sebelum Menendang Bola

Nilai yang dibayarkan Newcastle ini menjadikan Tonali pemain Italia termahal dalam sejarah dan rekor kepergian dari AC Milan.

oleh Iin Yuniarti diperbarui 09 Agu 2023, 15:23 WIB
Pemain AC Milan, Sandro Tonali merayakan kemenangan atas Dinamo Zagreb pada laga lanjutan Grup E Liga Champions 2022/2023 di Maksimir Stadium, Zagreb, 25 Oktober 2022. Tonali akan dilepas AC Milan setelah mencapai kesepakatan kontrak dengan Newcastle pada bursa transfer musim panas ini. Ia dibeli The Magpies dengan harga 80 juta euro. (AFP/Damir Sencar)

Liputan6.com, Jakarta Newcastle United telah menjadikan gelandang Italia Sandro Tonali sebagai penandatanganan rekor klub sebelum tampil di Liga Champions musim depan.

The Magpies akan membayar biaya 70 juta euro serta bonus tambahan 10 juta euro. Nilai ini menjadikan Tonali pemain Italia termahal dalam sejarah dan rekor kepergian dari AC Milan.

Newcastle telah melakukan banyak penandatanganan sejak klub diambil alih oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi, termasuk orang-orang seperti Bruno Guimaraes dan Alexander Isak.

Tapi, kesepakatan ini terasa monumental dan menandakan niat yang berkembang di St James 'Park. Faktanya, ofisial Newcastle dibuat tercengang karena mampu mendatangkan Tonali, salah satu gelandang paling berbakat dan menarik di dunia.

Seorang tokoh klub senior mengatakan kepada The Athletic: "Mirip dengan penandatanganan Isak, kami tidak benar-benar berpikir kami bisa mendapatkannya. Sandro adalah bintang di AC Milan. Dia hidup dan bernafas di klub. Kami tidak mengharapkannya."


Tonali Ikut Bantu AC Milan Menangkan Serie A

Gelandang AC Milan, Sandro Tonali (kiri) berduel udara dengan gelandang Inter Milan, Nicolo Barella pada laga Liga Italia 2022/2023 di San Siro Stadium, Milan (5/2/2023). Alessandro Bastoni yang baru berusia 22 tahun kini mempunyai nilai pasar sebesar 50 juta euro atau setara Rp807 miliar. (AFP/Miguel Medina)

Tonali, 23, naik pangkat di Brescia dan melakukan debutnya sebagai pemain berusia 17 tahun sebelum membuat 88 penampilan lagi.

Dia kemudian bergabung dengan AC Milan, awalnya dengan status pinjaman sebelum pindah menjadi permanen, dan membuat 130 penampilan dan memenangkan Serie A pada tahun 2022.


Tonali Menjadi Rekrutan Pertama Newcastle

5

Pemain internasional Italia itu menjadi rekrutan pertama Newcastle tahun ini, sebelum memasuki musim yang luar biasa di kompetisi klub utama Eropa.

"Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Newcastle United karena mereka memberi saya peluang besar untuk karier saya," kata Tonali kepada situs resmi Newcastle setelah menandatangani kontrak lima tahun.


AC Milan Memiliki Klausul Penjualan 10 Persen

Gelandang AC Milan, Sandro Tonali mengontrol bola saat bertanding melawan Torino pada pertandingan babak 16 besar Coppa Italia di Stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (12/1/2023). Torino menang tipis atas AC Milan dengan skor 1-0 berkat gol Michel Adopo di perpanjangan waktu. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

“Saya ingin membalas kepercayaan di lapangan, memberikan segalanya, seperti yang selalu saya lakukan. Saya sangat bersemangat bermain di St. James' Park, saya tidak sabar untuk merasakan kehangatan para fans."

Menurut Fabrizio Romano, Milan memiliki klausul penjualan 10 persen untuk setiap transfer di masa depan yang dibayarkan untuk Tonali.


Tonali Sebenarnya Penggemar Berat AC Milan

Gelandang AC Milan, Sandro Tonali berebut bola dengan pemain Sampdoria pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Genoa Luigi Ferraris, Italia, Senin (7/12/2020). AC Milan menang tipis atas Sampdoria 2-1. (Tano Pecoraro/LaPresse via AP)

Tonali sendiri merupakan penggemar berat AC Milan. Dalam berbagai kesempatan sejak didatangkan dari Brescia 2021 lalu, dia berulangkali menyatakan hal ini.

"Melihat karakter permaiannya, Tonali bisa tampil baik di Inggris. Premier League punya tempo yang berbeda dari Serie A, tapi saya harus bilang kalau tekanan di sana juga lebih kecil dari Italia," kata eks pemain AC Milan Samuele Dalla Bona.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya