Kumpulan Hoaks Catut Nama Anies Baswedan Terbaru, Simak Faktanya

Deretan hoaks terus mencatut nama Bacapres Anies Baswedan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 04 Jul 2023, 15:00 WIB
ilustrasii hoaks catut nama Anies Baswedan (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Deretan hoaks terus mencatut nama Bacapres Anies Baswedan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks terbaru seputar Anies Baswedan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Video Anies Baswedan Didaulat Membaca Khutbah di Depan Ka'bah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 Juni 2023.

Unggahan video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah menampilkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sedang berbicara sebagai berikut.

"Kenegaraan yang pertama setelah setelah 29 tahun, jadi kunjungan yang terakhir adalah dilakukan oleh ayahnya oleh ayah beliau, jadi beliau sangat senang bisa kembali ke Indonesia dan ini juga merupakan selain dari sisi kenegaraan juga pertemuan antara dua sahabat dekat, memiliki hubungan yang sangat dekat dengan istilahnya klick verymuch jadi sudah ngeklik kalau kita bilang.

Dan ini juga salah satu pertemuan yang terpanjang yang pernah dilakukan tamu dari negara lain, mulai dari Airport di dalam mobil sekitar kurang lebih satu setengah jam kemudian dilanjutkan dengan pembahasan di teras di beranda selama lebih dari 1 jam."

Dalam video tersebut juga menampilkan cuplikan foto Anies sedang berjalan bersama Raja Salman di dekat ka'bah.

Dalam video tersebut juga terdapat tulisan sebagai berikut.

"SATU-SATUNYA CAPRES RI!! RAJA SALMAN MINTA ANIES PIMPIN KHUTBAH DIDEPAN KA'BAH"

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ANIES DISAMBUT SEBAGAI TAMU KEHORMATAN OLEH RAJA SALMAN DAN DI DAULAT UNTUK MEMBACA KHOTBAH DIDEPAN KA'BAH SUBHANALLOH SEMOGA DIBERKAHI DAN DIRIDHOI MEMIMPIN BANGSA INDONESIA"

Benarkah mendapati kalim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Majalah Tempo Terbitkan Edisi Sugeng Suparwoto jadi Pemodal Anies Baswedan

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan yang mengklaim Majalah Tempo menerbitkan edisi terkait Sugeng Suparwoto yang menjadi pemodal Anies Baswedan. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat cover Majalah Tempo berjudul "Sugeng Suparwoto, Bohir Anies Yang Terlibat Banyak Kasus"

Selain itu postingan tersebut juga disertai foto Anies Baswedan dan Sugeng Suparwoto dengan narasi "Dana Suap Pertamina Mengalir Ke Anies. Gencarnya kampanye Anies Baswedan tidak lepas dari peran bohir-bohir yang menjadi penyandang dana. Diantara nama-nama bohir tersebut terdapat nama Sugeng Suparwoto (Pendiri Nasdem dan Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi Nasdem."

Akun itu menambahkan narasi "Gilak parah banget kalau beneran"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Majalah Tempo menerbitkan edisi terkait Sugeng Suparwoto yang menjadi pemodal Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Anies Baswedan Beri Solusi Banjir dengan Menunggu Musim Kemarau

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Anies Baswedan memberikan solusi banjir dengan menunggu musim kemarau. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan dengan narasi "Solusi Banjir Itu Mudah Tinggal Tunggu Musim Kemarau"

Akun itu menambahkan narasi "Solusi banjir itu mudah tinggal tunggu kemarau ide si Anies"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Anies Baswedan memberikan solusi banjir dengan menunggu musim kemarau? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya