War Tiket LRT Jabodebek Rp 1 Dibuka Hari Ini, Simak Cara Daftarnya!

Buat yang sudah tidak sabar mau mencoba LRT Jabodebek Trial Operation Terbatas, nih ada berita bagus buat kalian, Yuk buruan daftar pada tanggal 10 Juli 2023, jangan sampe ketinggalan!

oleh Arthur Gideon diperbarui 10 Jul 2023, 08:45 WIB
LRT Jabodebek membuka pendafataran uji coba dengan tarif Rp 1 pada hari ini Senin 10 Juli 2023. Tiket ini bisa digunakan untuk moda transportasi modern tersebut pada 12 hingga 15 Juli 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - LRT Jabodebek membuka pendafataran uji coba dengan tarif Rp 1 pada hari ini Senin 10 Juli 2023. Tiket ini bisa digunakan untuk moda transportasi modern tersebut pada 12 hingga 15 Juli 2023.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, dalam tahap uji coba ini, kuota penumpang LRT Jabodebek dibatasi.

"Dalam 1 hari kita menyiapkan 4 perjalanan untuk soft launching. Artinya, akan ada lebih kurang 600 masyarakat yang bisa ikut dalam perjalanan itu," ujar Kuswardojo pada Kamis 6 Juli 2023.

Ia pun mengajak masyarakat yang berminat agar terus memantau informasi di media sosial LRT Jabodebek. Pihak manajemen bakal menyematkan link pendaftaran di media sosial.

"Link pendaftaran itu nanti bisa diklik, nanti kemudian bisa isi formulir pendaftaran tersebut, dan pastikan mereka mengikuti setelah mendapatkan konfirmasi dari kami. Karena nanti kami akan menyampaikan konfirmasi kepada warga masyarakat yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Pesan konfirmasi itu nantinya bisa dikirimkan melalui WhatsApp atau email, berisi jadwal keberangkatan sang penumpang, beserta dari stasiun mana mereka akan berangkat. Pasalnya, untuk masa uji coba ini baru ada 3 pilihan stasiun saja.

Sudah Naik Tak Boleh Daftar Lagi

Lebih lanjut, Kuswardojo juga meminta masyarakat yang sudah pernah mencicipi LRT Jabodebek agar tidak mendaftar lagi untuk kedua kalinya.

"Tentunya pada masa soft launching LRT ini yang pertama memang jelas, kita meminta pada warga masyarakat untuk memaklumi kondisi tersebut. Karena kami yakin akan banyak sekali warga masyarakat yang ingin mengikuti uji coba ini. Jadi makanya, coba untuk kita semua rajin-rajin lihat medsos kita. Pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," tuturnya.


Cara Mendaftar

Jelang uji coba secara terbatas LRT Jabodebek pada 12 Juli mendatang, interior pada rangkaian LRT Jabodebek sudah rampung dan dapat digunakan oleh penumpang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Buat yang sudah tidak sabar mau mencoba LRT Jabodebek Trial Operation Terbatas, nih ada berita bagus buat kalian, Yuk buruan daftar pada tanggal 10 Juli 2023, jangan sampe ketinggalan!

Apa saja syarat dan ketentuannya?

1. Isi formulir/google form yang tersedia di link pendaftaran

2. TUNGGU Konfirmasi dari Tim LRT Jabodebek terkait jadwal perjalanannya

3. WAJIB menunjukan bukti konfirmasi yang diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL dari pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun

4. WAJIB membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku

5. DILARANG makan dan minum di dalam kereta

6. Bersedia mengikuti rute perjalanan yang SUDAH DITENTUKAN oleh pihak LRT Jabodebek

Ingat yaa! hanya yang sudah mendapatkan konfirmasi yang dapat mengikuti perjalanan ini

Ingat yaa! Link Pendaftaran ada di semua sosial media kami pada tanggal 10 Juli 2023 yaa teman Raina!


Melaju Kencang Saat Hujan Badai

Selama masa uji coba berlangsung, LRT Jabodebek menyiapkan empat rangkaian kereta fan empat perjalanan dalam sehari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada masa uji coba, sebanyak empat rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek akan diperasikan per hari.Kuswardojo menjamin, LRT Jabodebek aman melaju kencang di tengah hujan badai. Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menilai,hal itu sudah terbukti saat pihaknya menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Jatimulya ketika hujan.

“Tentunya kalau kecepatan enggak akan diturunkan. Kecepatan tidak akan berubah karena memang dalam perjalanan ini semua akan diatur by sistem,” ujar Kuswardojo.

Ia menambahkan, artinya jarak dari satu kereta ke kereta lain kecepatannya sudah diatur dengan sistem. “Jadi kalau jadwalnya dia berjalan 30 KM per jam tetap ikuti itu,” ujar dia.  


Pengoperasian Tanpa Masinis

Sebelumnya, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kisaran tarif LRT Jabodebek terjauh mencapai Rp 25.000. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

KAI menyebutkan, pengoperasian LRT Jabodebek ini dijalankan tanpa bantuan masinis, tetapi tersambung ke dalam sistem CBTC, atau sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi dari pusat kendali operasi.

Saat uji coba dan beroperasi, kecepatan maksimal LRT Jabodebek bisa mencapai hingga 80 KM per jam. Akan tetapi, kecepatan itu tidak akan diterapkan sama pada setiap stasiun.

“Jadi kecepatan operasional itu maksimal 80 KM per jam. Tapi tentunya tidak akan sama dari satu titik ke titik yang lain, karena jarak dari stasiunnya beda-beda. Jadi makin dekat jarak stasiun, pasti kecepatannya tidak akan sama dengan kecepatan maksimal,” kata dia.


Dukuh Atas-Jatimulya Tempuh Waktu 48 Menit

Adapun LRT Jabodebek memiliki dua line yakni Green Line dari Bekasi Timur hingga Dukuh Atas, serta Blue Line yakni dari Cibubur hingga Dukuh Atas dengan hub di Stasiun Cawang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

PT KAI (Persero) melakukan uji coba LRT Jabodebek bersama awak media pada Kamis, 6 Juli 2023. Pemberangkatan dimulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat menuju Stasiun Jatimulya, Kabupaten Bekasi.

Waktu yang ditempuh pada LRT Jabodebek ke Bekasi itu sekitar 48 menit. Kereta berangkat dari Stasiun Dukuh Atas pukul 11.13 WIB, dan tiba di Stasiun Jatimulya pada pukul 12.01 WIB.

Kuswardojo menuturkan, waktu tempuh tersebut sedikit lebih lama dari prediksi sektiar 45 menit. Hal ini lantaran tak seluruh trainset diujicobakan, sehingga menimbulkan jeda waktu antara dua kereta (headway) lebih panjang.

"Jadi hari ini kita melakukan uji coba perjalanan dari mulai Dukuh Atas sampai dengan Jatimulya. Tentunya kalau kita coba hari ini, pastinya untuk waktu perjalanannya akan berbeda. Karena pada hari ini kita tidak full mengoperasikan 27 (trainset)," ujar dia. Kuswardojo saat berada di atas kereta LRT Jabodebek, Kamis, 6 Juli 2023.

"Untuk lintas (LRT Jabodebek Lin Bekasi, Dukuh Atas-Jatimulya) ini kita hanya mengoperasikan 6-8 perjalanan kereta api. Tentunya itu akan menimbulkan headway lebih panjang. Dengan headway lebih panjang ini, dipastikan waktu tempuhnya akan bertambah, tidak akan 45 menit lagi," ia menambahkan. 

Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya