​​SimInvest dan PT Asuransi Sinar Mas Ajak Generasi Muda Melek Investasi

Strategi keuangan yang baik dengan perencanaan yang terukur dapat meningkatkan kemampuan untuk terhubung dengan masa depan melalui tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai.

oleh Arthur Gideon diperbarui 10 Jul 2023, 14:20 WIB
Ratusan karyawan generasi muda PT Asuransi Sinar Mas mengikuti kegiatan literasi keuangan dan investasi bertajuk SimInvestival Goes to Office. (Dok Sinar Mas)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan karyawan generasi muda PT Asuransi Sinar Mas mengikuti kegiatan literasi keuangan dan investasi bertajuk SimInvestival Goes to Office: Asuransi Sinar Mas di Plaza Simas, Tanahabang, Jakarta Pusat.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan dengan tema “Connecting to Your Future-Self” yang membahas strategi mengelola keuangan dan investasi untuk mencapai masa depan finansial yang lebih baik.

Head of Retail Research Sinarmas Sekuritas Ike Widiawati mengatakan, kunci sukses dalam berinvestasi adalah konsistensi. Strategi keuangan yang baik dengan perencanaan yang terukur dapat meningkatkan kemampuan untuk terhubung dengan masa depan melalui tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai.

"Dalam berinvestasi yang paling penting dibutuhkan adalah mental dan kemampuan menganalisa profil risiko. Kemudian susun strategi, baik jangka pendek, menengah, dan panjang,” jelas Ike dalam keterangan tertulis, Senin (10/7/2023).

Strategi investasi jangka pendek yang dimaksud mencakup pembentukan kebiasaan dan peningkatan pengalaman investasi. Selanjutnya, strategi investasi jangka menengah dapat difokuskan pada strategi investasi yang berpotensi menguntungkan, namun tetap mengedepankan keamanan dana sebagai persiapan pensiun.

Untuk strategi investasi jangka panjang dapat dilakukan dengan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen investasi atau yang dikenal dengan diversifikasi portofolio. Tentunya, hal ini harus disesuaikan dengan profil risiko masing-masing individu, karena dalam aktivitas berinvestasi selalu ada risiko.

 


Peran Artificial Intelligence

Ratusan karyawan generasi muda PT Asuransi Sinar Mas mengikuti kegiatan literasi keuangan dan investasi bertajuk SimInvestival Goes to Office. (Dok Sinar Mas)

Sementara itu, Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu menjelaskan tentang tren investasi masa depan diprediksi akan banyak menggunakan peranan artificial intelligence.

Sinarmas Asset Management adalah manajer investasi pertama yang menerapkan teknologi machine learning di Indonesia.

"Dalam dunia investasi, kita mengenal bahwa kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan. Penggunaan AI dan machine learning bagi manajer investasi dilakukan dengan mempelajari dinamika yang terjadi dalam pasar sehingga risiko menjadi lebih terukur," pungkas Genta.

SimInvestival secara rutin digelar oleh SimInvest sebagai platform investasi saham dan reksa dana online inovasi dari Sinarmas Sekuritas. Kali ini dilakukan secara offline dan online bekerjasama dengan PT Asuransi Sinar Mas.

Kegiatan ini merupakan sarana untuk mengedukasi generasi muda Indonesia supaya melek investasi menuju masa depan finansial yang lebih cerah. Komitmen ini juga sejalan dengan Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia 2021-2025 yang dicanangkan pemerintah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya