Kementerian PUPR Minta Tol Bocimi Rampung hingga Cibadak Akhir Juli

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendesak percepatan pengerjaan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 11 Jul 2023, 21:49 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendesak percepatan pengerjaan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Sumedang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendesak percepatan pengerjaan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, progres pengerjaan Tol Bocimi Seksi II sudah di atas 95 persen. Namun, masih ada sedikit masalah teknis di sisi ujung arah Cibadak.

"Kita minta lakukan percepatan, dan mudah-mudahan akhir Juli awal Agustus sudah selesai fisiknya. Kemudian perapihan, terus kita tunggu jadwal Presiden nanti (untuk meresmikan)," ujar Endra di Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Endra menyampaikan, sedikit masalah teknis yang dimaksud berupa urusan tanah atau land clearing.

"Termasuk akses ke MNC Land nanti kita rapikan di situ. Namanya pekerjaan fisik pasti ada masalah tanah di situ, dan rapikan pelan-pelan," imbuhnya.

Sempat Bermasalah

Sebelumnya, ruas Tol Bocimi Seksi 2 sempat mengalami kendala saat arus balik libur Idul Adha 2023 lalu. Pasalnya, ruas dengan panjang 11,9 km tersebut dikabarkan belum memiliki sertifikat hasil uji kelayakan operasi dari Kementerian PUPR.

Hal demikian disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus. Ia mengatakan, menjelang lebaran Idul Adha tahun ini, tidak akan ada fungsionalisasi Tol Bocimi seksi 2.

"Berdasarkan koordinasi kami dengan BPJT, katanya Insya Allah kalau tidak ada kendala akan dibuka di pertengahan Agustus 2023. Makanya, jalan tol Seksi 2 itu belum bisa dibuka secara fungsional pada liburan panjang Idul Adha," kata Uus dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

 


Butuh Perbaikan

Suasana pada ruas tol fungsional Bogor-Sukabumi di Cigombong, Bogor (16/6). Mulai hari ini petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup di Ciawi untuk mengurangi kemacetan pada ujung keluar tol di Cigombong. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Dia menjelaskan, jalan Tol Bocimi Seksi 2 ini belum bisa digunakan secara fungsional pada Lebaran Idul Adha tahun ini, karena masih ada beberapa perbaikan.

"Ya, kalau informasi dari BPJT seperti itu, karena masih ada perbaikan dan informasinya pengen diresmikan pertengahan Agustus tahun ini. Jadi tidak difungsikan menjelang libur panjang Idul Adha," terang dia.

Saat pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak BPJT. Uus menyebut, sejauh ini progres Tol Bocimi Seksi 2 tersebut tengah memasuki proses finishing dan pengujian dari PUPR dan Kemenhub serta pihak Kepolisian.

"Jadi, informasi sementara seperti itu yah. Bahwa jalan Tol Bocimi Seksi 2 itu, belum bisa digunakan para pemudik pada lebaran Idul Adha," tutup dia.


Tol Bocimi Macet Parah hingga 5 Km, Mobil Jakarta Mengular ke Pelabuhan Ratu Sukabumi

Petugas dari PT Waskita Karya mengatur kendaraan saat pola buka tutup pada ruas tol fungsional Bogor-Sukabumi di Cigombong, Bogor (16/6). Kemacetan terjadi sepanjang lebih dari lima kilometer pada jalan arteri Ciawi-Sukabumi. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi macet parat pada H+1 Lebaran 2023 atau pada Senin 24 April 2023. Kemacetan ini membuat mobil yang melalui Tol Bocimi mengular sepanjang 5 Kilometer (km) menuju Pelabuhan Ratu. 

Dikutip dari Antara, Senin (24/4/2023), Kemacetan kendaraan terjadi di exit Tol Bocimi seksi Cibadak-Parung Kuda, Jawa Barat. Dilaporkan kemacetan kendaraan terjadi pada pukul 09.44 WIB sepanjang 4-5 km mengarah Parung Kuda, Cibadak dan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

"Kepadatan ini sudah terjadi sejak Minggu (23/4) dan disebabkan oleh meningkatnya volume kendaraan arus balik," tulis Jasa Marga dalam keterangannya.

Kemacetan itu membuat sejumlah penumpang mobil memutuskan untuk beristirahat sejenak dan menggunakan toilet darurat di pos lantas Polres Bogor di kawasan Ciawi, Bogor.

Antrean kendaraan bahkan masih terjadi setelah keluar tol yang mengarah ke Sukabumi.

Mobil-mobil bernomor polisi Jakarta masih mendominasi di tol Bocimi yang terlihat bergerak masuk ke arah Sukabumi.

Pemerintah memperkirakan bahwa puncak arus milir libur Idul Fitri 1444 H terjadi hari Senin ini dan Selasa 25 April 2023

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya