Lisa Blackpink Diisukan Tak Perpanjang Kontrak, Saham YG Entertainment Turun 7%

Saham YG Entertainment turun hampir 7 persen setelah kabar pembaruan kontrak untuk girl grup Blackpink terutama dengan Lisa.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 12 Jul 2023, 14:51 WIB
Saham YG Entertainment anjlok pada perdagangan Rabu, 12 Juli 2023 di tengah sentimen kontrak dengan anggota Blackpink terutama Lisa. (FOTO: YG Entertainment )

Liputan6.com, Jakarta - Saham YG Entertainment turun hampir 7 persen setelah kabar pembaruan kontrak untuk girl grup Blackpink. Saham YG diperdagangkan pada KRW 73.900 pada pukul 14:41 waktu setempat.

Harga saham YG Entertainment tersebut sentuh level terendah sejak 11 Mei, ketika saham perusahaan ditutup pada posisi KRW 66.700. Menurut laporan eksklusif dari Munhwa Ilbo yang dikutip dari CNBC International, Rabu (12/7/2023), Lisa dan YG Entertainment sedang dalam tahap diskusi pembaruan kontrak. Namun, belum ada kesepakatan yang dibuat karena tuntutan dan persyaratan keduanya masih berjauhan.

Sementara negosiasi perpanjangan kontrak YG Entertainment dengan member BLACKPINK lainnya, Jennie, Jisoo, dan Rosé berjalan lancar. Baik anggota maupun YG Entertainment menyetujui persyaratan tertentu untuk menyetujui perpanjangan kontrak. YG Entertainment pun memberikan komentarnya.

YG Entertainment mengatakan permintaan acara China tersebut tidak ada hubungannya dengan situasi pembaruan kontrak. Hal itu lebih berkaitan dengan tur BLACKPINK dan jadwal pribadi Lisa BLACKPINK.

Meski demikian, YG Entertainment tak berbicara banyak terkait perpanjangan kontrak dengan BLACKPINK dan hanya menegaskan perpanjangan kontrak sedang didiskusikan dengan semua member. Saat ini, grup idol Kpop BLACKPINK masih melangsungkan rangkaian tur konser 'BORN PINK' yang telah dimulai sejak Oktober 2022.

Adapun kegiatan grup, selanjutnya diperkirakan akan diputuskan setelah YG Entertainment secara resmi mengumumkan status kontrak masing-masing anggota dengan perusahaan. Blackpink, terdiri dari anggota Jisoo, Jennie dan Rosé, selain Lisa — telah menjadi salah satu grup K-pop paling sukses di YG Entertainment.

Grup beranggotakan empat orang ini memulai debut dengan YG pada Agustus 2016. Karena grup K-pop biasanya menandatangani kontrak tujuh tahun, kontrak Blackpink diperkirakan berakhir pada Agustus tahun ini.

Grup ini adalah grup artis Asia dan K-pop pertama yang menjadi headline festival Coachella di AS, dan band K-pop pertama yang menjadi headline festival besar di Inggris pada festival BST Hyde Park. Blackpink juga memegang Rekor Dunia Guinness untuk kanal musik yang paling banyak dilihat di YouTube untuk sebuah grup, mengalahkan band pop AS Maroon 5 pada April.

 


Lisa Blackpink Diisukan Bakal Tinggalkan YG Entertainment Agustus Mendatang, Pihak Agensi Berkelit

Pasalnya, meski hanya menggunakan kemeja putih serta celana jeans, penampilan Lisa tetap terlihat menawan. Ia bahkan selalu memeluk kucing-kucing kesayangan, mulai dari Leo, Luca, Lily, Louis hingga Lego. (Liputan6.com/IG/@lalalalisa_m)

Sebelumnya, lagi-lagi muncul isu mengenai kontrak Lisa Blackpink dengan agensinya,YG Entertainment. Kali ini muncul spekulasi bahwa besar kemungkinan sang pelantun “Money” tak akan memperpanjang kontraknya dengan agensi tersebut.

Dilansir dari Soompi, Rabu (12/7/2023), isu ini pertama kali diembuskan oleh media Korea Selatan, Munhwa Ilbo. Wanita bernama asli Lalisa Manobal ini disebut sudah berdiskusi dengan YG Entertainment soal perpanjangan kontrak, tapi keduanya tak mencapai titik temu.

Di sisi lain, menurut artikel ini, proses perpanjangan kontrak untuk ketiga member Blackpink lainnya disebut berjalan dengn mulus.

Kabar ini juga diperkuat oleh pernyataan dari seorang sumber anonim dari sebuah agensi di China.   

“Kami mendiskusikan penampilan Lisa [dalam sebuah acara] sembari berkoordinasi dengan YG mengenai jadwal Lisa. Namun kami diberi tahu bahwa sulit untuk mengatur kegiatan yang dijadwalkan setelah Agustus, karena pembaruan kontrak mereka dengan Lisa masih tidak pasti,” begitu pernyataan sang sumber.

 


Dibantah YG Entertainment

Lisa Blackpink. (Instagram/ lalalalisa_m)

Seorang juru bicara dari YG Entertainment kemudian merilis sanggahan terkait pemberitaan Munhwa Ilbo. 

"[Jadwal Lisa yang tak pasti] ini karena jadwal tur dan juga kegiatan individualnya. Ini tak ada hubungannya dengan pembaruan kontrak," kata pihak YG. 

Ditambahkan, diskusi kontrak saat ini masih berlangsung.

Kontrak Blackpink dengan YG Entertainment diketahui memang bakal berakhir pada Agustus 2023. Tak heran, hal ini belakangan menjadi topik perbincangan hangat di kalangan para penggemarnya, Blink.

Bahkan ucapan Rose Blackpink di tengah konser juga dianggap sebagai petunjuk soal perpanjangan kontrak ini. 

"Blackpink tak ke mana-mana," ujar Rose dalam konser Born Pink yang digelar di National Stadium Singapura pada Mei lalu. 

Awal tahun ini, NH Investment & Securities sempat memprediksi bahwa Blackpink akan melanjutkannya kontraknya dengan YG Entertainment.

Namun di luar itu, para member Blackpink telah mendapatkan tawaran yang lebih menggiurkan. Januari 2023, kabar Munhwa Ilbo bahwa semua personel ditawarkan jaminan yang jauh lebih tinggi di tempat lain.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya