158 Proyek Strategis Nasional Rampung Dibangun, 30 Proyek Dikejar Kelar Tahun Ini

Pemerintah menargetkan 58 proyek PSN selesai tahun 2024. Adapun proyek tersebut memiliki nilai investasi sekitar Rp 420 triliun.

oleh Tira Santia diperbarui 13 Jul 2023, 16:20 WIB
Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat selama 8 tahun ini ada 158 proyek dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah dituntaskan. Foto: Tira Santia

Liputan6.com, Jakarta Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat selama 8 tahun ini ada 158 proyek dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah dituntaskan.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, selaku Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo, dalam 

Media Gathering ‘Rangkaian kegiatan Main Event Sewindu PSN di Media Center Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

"Jadi 158 proyek itu adalah status sampai 11 Juli yang lalu, dimana pada tanggal 11 Juli Cisumdawu sudah diresmikan bapak Presiden. Ini sudah sejak 2016 pertama kali PSN sampai 11 Juli 2023 sebanyak 158 projek telah selesai tuntas," kata Wahyu Utomo.

Adapun kata Wahyu, untuk tahun 2023 pihaknya menargetkan bisa merampungkan 30 PSN. Namun, PSN yang diselesaikan tahun ini baru 5 PSN. "Sisanya untuk tahun ini saja kita targetnya 30 (PSN) sebetulnya, tapi sudah selesai, tahun ini aja 5 (PSN)," ujarnya.

Kendati demikian, KPPIP sendiri optimis target penyelesaian PSN tersebut bisa tercapai. Untuk tahun 2024 pun di targetkan 30 hingga 31 PSN yang akan diselesaikan.

"Kita harapkan sekarang sampai Desember masih ada tambahan 25 proyek lagi yang akan selesai tahun ini. Tahun depan masih ada sekitar 30-31 proyekan lagi yang akan kita selesaikan," ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah menargetkan 58 proyek PSN selesai tahun 2024. Adapun proyek tersebut memiliki nilai investasi sekitar Rp 420 triliun.


Sri Mulyani: Proyek Strategis Nasional Harus Rampung Sebelum 2024

Menkeu menyampaikan, sejak 2019 hingga 2023 tren belanja dari birokrasi di Kementerian Keuangan justru mengalami penurunan pada saat anggaran belanja secara total meledak tinggi karena adanya pandemi. Hal itu dikarenakan disiplin dan efisiensi anggaran di Kementerian Keuangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah melaksanakan Rapat Koordinasi Terbatas di Lingkup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Dalam rapat koordinasi terbatas tersebut membahas mengenai akselerasi penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Membahas akselerasi penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) bersama Pak Menhub @budikaryas, Pak Menperin @agusgumiwangk, dan Menteri ESDM Pak Arifin Tasrif dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Pak Menko @airlanggahartarto_official kemarin sore (11/7)," tulis @smindrawati, dikutip Kamis (13/7/2023).

Rampung Sebelum 2024

Kata perempuan yang akrab disapa Ani ini mengungkapkan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar seluruh PSN bisa dirampung kan sebelum tahun 2024, terutama untuk PSN bandara, jalan tol, bendungan, hingga smelter.

"Presiden @Jokowi meminta agar seluruh PSN dapat dirampungkan sebelum tahun 2024 – utamanya bandara, jalan tol, bendungan, dan juga smelter," ujarnya.

Sri Mulyani menyebut bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas nasional yang juga menjadi prioritas APBN #UangKita, yang saat ini untuk menciptakan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

 


Dorong Produktivitas

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja dengan dengan Komisi XI DPR RI terkait Pengantar RKA dan RKP Kementerian Keuangan Tahun 2024, Senin (12/6/2023). (Tira/Liputan6.com)

Lebih lanjut, bendahara negara ini berharap penyelesaian berbagai PSN ini akan semakin mendorong produktivitas, sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat yang kemudian juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat menghadiri peringatan sewindu pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) (14/5), bahwa selama 8 tahun ini ada 150 proyek dalam PSN yang sudah dituntaskan mencakup bendungan, jembatan, kawasan ekonomi, MRT, dan sebagainya.

Sementara masih ada 58 proyek yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024 dengan total nilai investasi proyek sebesar Rp420 triliun.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya