Akhir Cerita Produsen Bir Tertua di AS Berumur 127 Tahun, Gulung Tikar Gara-Gara Ini

Anchor menghentikan operasi dan melikuidasi bisnisnya menyusul kombinasi faktor ekonomi yang menantang dan penjualan yang menurun sejak 2016.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Jul 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi Bir (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Produsen bir tertua di Amerika Serikat, membuat keputusan sulit dengan menutup bisnisnya setelah berjalan selama 127 tahun.

Mengutip CNN Business, Jumat (14/7/2023) perusaan yang berbasis di San Francisco mengumumkan telah menghentikan operasi dan melikuidasi bisnis mereka menyusul kombinasi faktor ekonomi yang menantang dan penjualan yang menurun sejak 2016.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit yang dicapai Anchor hanya setelah berbulan-bulan melakukan evaluasi yang cermat," kata juru bicara Anchor Brewing Sam Singer.

Dia menambahkan, "dampak pandemi, inflasi, terutama di San Francisco, dan pasar yang sangat kompetitif membuat perusahaan tidak punya pilihan selain membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi".

Pekerja di Anchor, yang mempekerjakan 61 orang akan menerima dukungan transisi dan paket pemisahan.

"Pembuatan bir segera dihentikan dan bir yang sudah jadi masih akan dijual hingga akhir Juli," terang perusahaan itu.

Sebelum menutup bisnisnya, Anchor sempat memangkas distribusi secara nasional, membatasi penjualannya hanya di California, dan mengumumkan akan mengakhiri produksi Christmas Ale favorit penggemarnya setelah hampir 50 tahun. 

"(Keputusan) itu dibuat untuk mengurangi biaya sementara upaya terakhir dilakukan untuk mengevaluasi semua hasil yang mungkin, namun, "pada akhirnya, pengeluaran terus melampaui pendapatan, membuat perusahaan tidak memiliki pilihan lain yang layak," ungkap pihak Anchor.

Anchor juga menghadapi masalah dari pembeli mereknya, Sapporo, perusahaan bir Jepang. 

Pegawai pembuat bir itu mengeluh kepada VinePair bulan lalu tentang dugaan kesalahan pengurusan oleh Sapporo dan kurangnya pemahaman tentang bir rumahan di AS.

 

 


Penjelasan Pihak Anchor

Ilustrasi minuman alkohol Bir (AP/Tony Talbot)

Selain itu, penggantian nama Anchor pada tahun 2021 dikritik karena berputar terlalu jauh dari tampilan klasik merek tersebut.

Menanggapi masalah tersebut, Anchor menjelaskan bahwa Sapporo telah melakukan upaya berulang selama setahun terakhir untuk menjual bisnis tersebut.

Di bawah kepemilikan Sapporo, produksi bir Anchor sebagian besar menurun setiap tahun (kecuali pada tahun 2021), menurut Brewers Association.

Brewbound, sebuah situs web industri bir, sebelumnya melaporkan bahwa pembelian Sapporo baru-baru ini terhadap pembuat bir Stone Brewing memicu kekhawatiran di antara karyawan Anchor tentang kesesuaian tempat pembuatan bir mereka dengan rencana Sapporo.


Sekilas Tentang Anchor, Salah Satu Merek Bir Tertua di AS

Apa sebenarnya manfaat minum bir untuk seorang atlet? (Ilustrasi/iStockphoto)

Anchor memulai bisninya pada tahun 1896 di San Francisco, menjadi tempat pembuatan bir pertama di AS.

Fritz Maytag, membeli Anchor pada tahun 1965 ketika berada di ambang kebangkrutan dan membantu mengantarkan industri kerajinan bir di Amerika Serikat. Produk minumannya yang paling terkenal saat itu adalah Steam Beer.

Keadaan pabrik bir di AS belum membaik tahun ini.

Data NIQ yang diberikan kepada Craft Business Daily menunjukkan penjualan kategori turun hampir 4 persen tahun ini dan volume turun lebih dari 7 persen, menunjukkan bahwa "kerajinan memiliki awal yang sulit hingga 2023," kata publikasi itu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya