Pengusaha Startup Edukasi Byju Raveendran Terhempas dari Daftar Miliarder Akibat Salah Langkah

Akibatnya, 18 persen saham Raveendran sekarang bernilai di bawah USD 1 miliar

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 18 Jul 2023, 21:39 WIB
startup bimbingan belajar Byju. Dok Byju

Liputan6.com, Jakarta Tiga tahun setelah bergabung dengan klub miliarder, pengusaha startup pendidikan asal India Byju Raveendran kini keluar dari peringkat elit itu. Hal itu disebabkan karena serangkaian kesalahan langkah yang dilakukannya.

Perusahaan teknologi pendidikan multinasional India, yang bermarkas besar di Bangalore itu harus kehilangan secara kinerja.

Prosus yang berbasis di Belanda, sebelumnya Naspers, baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah menurunkan 9,6 persen sahamnya di Byju menjadi USD 493 juta per 31 Maret.

Penurunan harga secara efektif menghargai perusahaan edtech Raveendran sebesar USD 5,1 miliar, diskon tajam sebesar 77 persen dari penilaian puncak tahun lalu sebesar USD 22 miliar.

Akibatnya, 18 persen saham Byju Raveendran sekarang bernilai di bawah USD 1 miliar, tetapi setelah memperhitungkan pinjaman yang dia ambil tahun lalu untuk berinvestasi di Byju's, kekayaan bersih pribadinya diperkirakan mencapai USD 475 juta atau sekitar Rp 7,1 triliun.

Itu jauh dari kekayaan bersih Raveendran sebesar USD 1,8 miliar pada 2020, ketika dia memulai debutnya dalam daftar Miliarder Dunia Forbes. Saat itu perusahaannya bernilai USD 10 miliar.

Bahkan, dalam 2 tahun, kekayaannya naik dua kali lipat menjadi USD 3,6 miliar. Namun kini semuanya mulai berantakan.

Think & Learn, yang menaungi Byju yang didirikan Raveendran, mantan tutor matematika, mendapatkan dana besar-besaran kurun pada 2020-2021. Berhasil mengumpulkan hampir USD 4,2 miliar dari banyak investor termasuk UBS dan Abu Dhabi.

Sebagian dari uang itu dipakai untuk mendanai bisnis di seluruh India, Asia dan AS yang mencakup akuisisi USD 950 juta dari penyedia persiapan tes India Akash Educational Services. Adapula USD 600 juta untuk Great Learning Singapura, sebuah perusahaan pendidikan tinggi dan pelatihan profesional.

Laju pertumbuhan yang luar biasa memakan korban. Analis mengatakan bahwa pertumbuhan Byju terlalu cepat, tanpa pemeriksaan dan keseimbangan yang tepat.

Misalnya, perusahaan tidak memiliki kepala keuangan dari Desember 2021 hingga April 2023. Byju's mengklarifikasi bahwa mereka memiliki wakil presiden keuangan untuk berbagai divisinya. Namun, masih belum menyerahkan hasil keuangan untuk tahun yang berakhir pada 31 Maret 2022.

Hasil terakhir dipublikasikan pada September 2022 untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2021, setelah tertunda selama 12 bulan.

Byju's melaporkan kerugian sebesar 45,6 miliar rupee atau USD 573 juta naik dari 3,1 miliar rupee tahun sebelumnya. Pendapatan turun 3 persen menjadi 24,3 miliar rupee pada periode yang sama.

 


Berusaha Tenangkan Investor

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Raveendran berusaha menenangkan investor yang gelisah dengan berpartisipasi dalam putaran pendanaan perusahaan pada Maret 2022, menginvestasikan USD 400 juta pada penilaian USD 22 miliar.

Putaran pendanaan tersebut diragukan. Bahkan investor, seperti Sumeru Ventures dan Vitruvian Partners mundur. "Saya akan memberikan semua," kata Raveendran selama konferensi CEO Global Forbes pada September 2022.

“Saya telah melakukan ini selama 15 tahun, dan tujuannya adalah untuk melakukan ini selama 30 tahun lagi,” tambahnya dalam konferensi tersebut.

“Dunia membutuhkan 10 perusahaan lagi seperti kami. Jika Anda berbuat baik, pada akhirnya Anda akan melakukannya dengan baik.”

Namun hal itu tidak memuaskan beberapa investor. BlackRock memangkas valuasi Byju menjadi USD 11,5 miliar pada Oktober dan selanjutnya menjadi USD 8,4 miliar pada Mei.

Prosus, investor terkemuka di edtech secara global yang telah mendanai Byju hingga USD 536 juta sejak 2018, juga kehilangan kesabaran.

 


Mulai Ditinggalkan

Pada September 2022, Prosus, yang memiliki selusin investasi edtech, termasuk platform peningkatan keterampilan yang berbasis di San Francisco Udemy dan komunitas pembelajaran sosial yang berbasis di New York, Brainly, menurunkan nilai investasinya di Byju menjadi USD 578 juta, menilai perusahaan tersebut sebesar USD 6 miliar .

Prosus mencatat dalam laporan tahunan 2022 bahwa "pada September 2022, grup tersebut kehilangan pengaruh signifikan di Byju's karena tidak lagi memberikan pengaruh signifikan atas kebijakan keuangan dan operasional entitas".

Perusahaan yang berbasis di Bangalore ini terhuyung-huyung dari satu krisis ke krisis lainnya. Kejadian terbaru adalah pengunduran diri auditor Deloitte pada Juni akibat penundaan laporan keuangan. Tiga anggota dewan juga berhenti.

Sekarang, Byju's sedang dalam proses menyusun kembali jajaran dewan dengan mendatangkan beberapa direktur independen. Serta membentuk dewan penasihat.

Pada rapat dewan eksekutif baru-baru ini dengan pemegang saham, Raveendran mengaku melakukan kesalahan tetapi menegaskan akan fokus kembali memperbaiki bisnisnya. Perusahaan sempat pada Juni lalu mengumumkan rencana IPO pada pertengahan 2024. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya