Badminton Asia Junior Championships 2023: Mutiara Ayu Puspitasari Melesat ke Final

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari melaju ke final Badminton Asia Junior Championships 2023. Dia masih menunggu lawan di partai puncak.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 15 Jul 2023, 19:40 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari lolos ke partai puncak Badminton Asia Junior Championships 2023 setelah menang atas wakil China Shou Qun Yu 22-20 dan 21-13 di GOR Amongraga, Yogyakarta, Sabtu (15/7). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Mutiara Ayu Puspitasari lolos ke partai puncak Badminton Asia Junior Championships 2023. Kepastian itu didapat usai pebulu tangkis tunggal putri Indonesia tersebut menang atas wakil China Shou Qun Yu 22-20 dan 21-13.

Dalam laga yang digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta, Sabtu (15/7), Mutiara Ayu Puspitasari mengaku sempat kesulitan di penghujung game pertama. Saat Mutiara unggul 19-14, Shou bisa menyamakan skor menjadi 19-19.

Pada poin-poin kritis, Mutiara dapat bermain lebih tenang untuk mengakhiri game pertama dengan skor 22-20. Pada game kedua, tunggal putri peringkat 107 dunia tersebut bermain lebih tenang sehingga bisa menang dengan skor 21-13 dan melaju ke final dalam laga selama 35 menit.

"Hari ini saya sudah bermain maksimal. Saya melihat lawan punya postur tinggi jadi saya mencoba menyerang langsung ke bawah. Saya sempat kesulitan di game pertama saat ingin terburu-buru menyerang dengan langsung smash ke arah badan lawan," kata Mutiara usai pertandingan semifinal Badminton Asia Junior Championships.

"Dalam posisi itu, saya berspekulasi sehingga bermain tidak tenang. Bersyukur bisa mengatasi hal itu dan meraih kemenangan," tambah juara Slovenia International 2021 itu.

 

 


Mutiara Ayu Puspitasari Tunggu Lawan di Final

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Mutiara Ayu Puspitasari akan menghadapi tunggal putri China Xu Wen Jing atau Kim Min Ji dari Korea Selatan pada laga final Badminton Asia Junior Championships 2023 di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7). (foto: PBSI)

Mutiara Ayu Puspitasari masih menunggu lawan di final Badminton Asia Junior Championships 2023. Dia akan menghadapi tunggal putri China Xu Wen Jing atau Kim Min Ji dari Korea Selatan.

Mutiara bertekad ingin mengakhiri turnamen ini dengan kemenangan. Dia telah bermain 10 kali pada nomor beregu dan perorangan di Badminton Asia Junior Championships 2023.

Untuk itu, Mutiara berupaya motivasi diri sendiri agar bisa menang dan juara. Selain menjaga hal itu, dia juga berupaya untuk menjaga fokus.

"Untuk laga besok, saya mencoba menjaga pikiran dan kondisi terlebih dahulu. Saya tidak mau terbebani karena takut permainan terbaik saya tidak keluar," tutur Mutiara.

"Saya mencoba berusaha semaksimal mungkin untuk laga besok. Saya merasa baik saya maupun lawan juga sama-sama punya beban yang sama untuk menjadi juara,” tambah Mutiara.

Menilik rekor pertemuan jika menghadapi tunggal putri China, Xu Wen Jiang, Mutiara sempat kalah di nomor beregu. Dia kalah dengan skor cukup telak 12-21 dan 10-21 dari wakil Negeri Tirai Bambu itu.

 


Hasil Semifinal Badminton Asia Junior Championships 2023

Sabtu, 15 Juli 2023

Tunggal Putri:

Mutiara Ayu Puspitasari vs Shou Qun Yu (China) 22-20, 21-13

Tunggal Putra:

Alwi Farhan vs Hu Zhe An (China) 17-21, 13-21

Ganda Putra:

Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso vs Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan (China) 13-21, 20-22

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya