Cek Fakta: Klarifikasi ICW Rilis Poster Apresiasi Ganjar Pranowo Berantas Korupsi

Beredar di media sosial postingan poster ICW memberikan apresiasi pada Ganjar Pranowo karena memberantas korupsi.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Jul 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi hoaks. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan poster ICW memberikan apresiasi pada Ganjar Pranowo karena memberantas korupsi. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 14 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat poster dengan judul "ICW Puji Ketegasan Ganjar Berantas Korupsi".

Di poster itu juga terdapat narasi:

"Ganjar copot kepsek lakukan pungli tuai pujian dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo nilai Ganjar pemimpin tegas. Tak pandang bulu berantas korupsi, bentuk komitmen wujudkan pemerintahan bersih dan melayani. Layak dicontoh kepala daerah lain."

Akun itu menambahkan narasi:

"Tegas berantas pungli di tiap sekolah di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat pujian dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Lewat komitmen galakkan aksi berantas pungli, koordinator ICW nilai Ganjar sebagai pemimpin yang tegas dan layak jadi percontohan kepala daerah lain."

Lalu benarkah postingan poster ICW memberikan apresiasi pada Ganjar Pranowo karena memberantas korupsi?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka akun resmi ICW di Instagram, @sahabaticw yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Dalam akun tersebut terdapat postingan terkait poster yang beredar:

"Nama ICW telah dicatut sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Kami dinarasikan dan diberitakan seolah-olah mengapresiasi Ganjar Pranowo soal berantas korupsi di lingkungan sekolah. Kami pastikan informasi tersebut tidak benar, alias hoaks!

ICW tidak pernah menyampaikan pernyataan mendukung Ganjar Pranowo seperti yang sempat diberitakan sejumlah media daring dan juga dalam publikasi konten di media sosial."

Di sisi lain Koordinator ICW saat ini adalah Agus Sunaryanto. Dia menggantikan Adnan Topan Husodo pada tahun 2022.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CurroAfvcGQ/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D


Kesimpulan

Banner cek Fakta: klarifikasi (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan poster ICW memberikan apresiasi pada Ganjar Pranowo karena memberantas korupsi telah diklarifikasi pihak ICW. Faktanya ICW tidak pernah mengeluarkan poster dukungan pada Ganjar Pranowo.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya