Cuaca Indonesia Hari Ini Kamis 20 Juli 2023: Langit Pagi Indonesia Dominan Cerah Berawan hingga Siang Nanti

Meski cuaca cerah mendominasi seluruh kota, BMKG memperingatkan adanya potensi hujan diselingi petir yang bakal terjadi disejumlah wilayah. Seperti yang terjadi di Pekanbaru dan Palembang, pada siang hari.

oleh Maria Flora diperbarui 20 Jul 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian kota besar di Indonesia hari ini, Kamis (20/7/2023) cerah berawan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah tersebut terjadi pada pagi hingga siang nanti. 

Meski langit cerah mendominasi seluruh kota, BMKG memperingatkan adanya potensi hujan diselingi petir yang bakal terjadi disejumlah wilayah. Seperti yang terjadi di Pekanbaru dan Palembang, pada siang hari.

Sementara, hujan intensitas ringan hingga sedang diprediksi BMKG bakal turun di wilayah Bengkulu, Pontianak, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Manokwari, Kendari, Manado, Padang serta Medan.

Memasuki malam hari, cuaca Indonesia hari ini untuk sejumlah wilayah juga berpotensi diguyur hujan. Bahkan Bengkulu disertai petir, sedangkan Medan hujan sedang. 

Ada pun cuaca berawan di malam hari dilaporkan BMKG bakal menyelimuti wilayah Banda Aceh, Jambi, Pontianak, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Padang. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Berawan  Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
Bengkulu Hujan Ringan Berawan Hujan Petir
Yogyakarta Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Jakarta Pusat Cerah Cerah Berawan Cerah
Gorontalo Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Jambi Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
 Bandung  Cerah  Cerah  Cerah
 Semarang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
Surabaya   Cerah  Cerah  Cerah
Pontianak  Cerah Berawan Hujan Sedang Berawan
Banjarmasin Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Palangkaraya Berawan Berawan Hujan Ringan
Samarinda Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Tarakan Berawan Tebal Cerah Berawan Hujan Ringan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Tanjung Pinang Hujan Sedang Hujan Ringan Berawan
Bandar Lampung Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Ambon Berawan Berawan Berawan
Ternate Berawan Berawan Berawan
Mataram Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Kupang Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Kota Jayapura Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Manokwari Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Pekanbaru Berawan Hujan Petir Berawan
Mamuju Berawan Berawan Hujan Ringan
Makassar Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kendari Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Manado Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Padang Berawan Hujan Sedang Berawan
Palembang Cerah Berawan Hujan Petir Cerah Berawan
Medan Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Sedang

Usai Banjir Padang, Warga Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Sebanyak 15 desa di Kecamatan Batang Lobu Sutam, Padang Lawas, Sumatera Utara, terdampak banjir bandang (BNPB)

Wali Kota Padang, Sumatra Barat Hendri Sapta meminta masyarakat setempat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem usai banjir besar melanda pada Jumat, 14 Juli 2023.

Hal ini seiring informasi yang didapatkan Hendri dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kalau curah hujan kemungkinan masih tinggi.

"Curah hujan kemungkinan masih tinggi dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat Kota Padang untuk tetap waspada," tutur dia di Padang, Sabtu, (15/7/2023), seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, curah hujan yang disertai angin kencang akan memicu terjadi bencana antara lain banjir, pohon tumbang, longsor dan lainnya.

"Ketika terjadi hujan deras yang berpotensi banjir, warga agar segera menyelamatkan diri," tutur dia.

Hendri juga meminta kepada masyarakat yang tinggal di sekitaran area perbukitan untuk berhati-hati dan meninggalkan rumah sementara ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Sekali lagi, saya dan pemerintah Kota Padang meminta kepada masyarakat yang tinggal di area perbukitan. Sekiranya terjadi hujan dengan intensitas tinggi untuk berhati-hati dan meninggalkan rumah,” tutur dia.


Dampak Banjir Padang, Lebih dari 1.000 Rumah Warga Terendam

Banjir melanda sebagian besar Kota Padang, Sumatera Barat pada Jumat (14/7/2023). (Liputan6.com/ Damkar Padang)

Sebelumnya, curah hujan yang tinggi di Kota Padang, Sumatra Barat  (Sumbar) sejak Kamis malam, 13 Juli 2023 mengakibatkan lebih dari 1.000 rumah warga terendam banjir di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang, Sumbar.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Novrizal menuturkan, hujan sudah turun dari Kamis malam, 13 Juli 2023. Banjir mulai menggenangi lebih 1.000 rumah warga pada Jumat, 14 Juli 2023 sekitar pukul 03.00 WIB. Demikian, seperti dikutip dari Antara, Jumat, (14/7/2023).

Novrizal menuturkan, banjir itu menggenangi rumah warga di sembilan Rukun Warga (RW) yang ada di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam dengan penghuni 1.500 orang.

"Banyak warga yang mengungsi serta dievakuasi dari rumah masing-masing, karena genangan air di dalam rumah satu meter lebih," kata dia.

Novrizal menuturkan, saat ini warga yang terdampak banjir membutuhkan bantuan berupa makanan, minuman, dan pakaian untuk persiapan malam nanti.

"Banjir menggenangi rumah serta barang-barang yang ada di dalamnya, sehingga warga belum bisa memasak untuk malam nanti," tutur dia.

Salah seorang warga yang terdampak banjir Nursamsuami (49) mengatakan, dirinya dan keluarga terpaksa mengungsi karena rumah yang ditempati tergenang air mencapai dua meter.

"Genangan air di dalam rumah saya hampir dua meter, sebelum dievakuasi oleh petugas saya terpaksa harus naik ke atas meja agar tidak tenggelam," jelas dia. 

Infografis Tips Hadapi Cuaca Ekstrem agar Tetap Selamat. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya