Bima Sakti Ungkap Alasan Welber Jardim Belum Gabung Timnas Indonesia U-17

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengungkapkan pemain keturunan Welber Jardim belum kunjung memenuhi panggilan pemusatan latihan jelang Piala Dunia U-17 2023 karena masih menjalani kompetisi bersama klubnya,.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 20 Jul 2023, 13:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti memimpin sesi letihan anak-anak asuhnya di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/7/2023). Bima Sakti mengeklaim salah satu pemain diaspora, yakni Welber Jardim, hingga kini belum bergabung dengan Garuda Asia lantaran masih menjalani kompetiis bersama klubnya di luar negeri. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengungkap alasan pemain keturunan Welber Jardim belum kunjung memenuhi panggilan untuk bergabung dengan skuad Garuda Asia di pemusatan latihan jelang Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih berusia 46 tahun itu mengeklaim orang tua Welber sudah menjelaskan langsung situasi sang anak kepada Timnas Indonesia U-17. Menurut mereka, Welber saat ini masih terikat kewajiban bersama klubnya di Sao Paulo sehigga belum bisa bertolak ke Tanah Air.

"Sebenarnya (kami) masih menunggu Welber (Jardim). Kami komunikasi dengan orang tuanya juga, orang tuanya menyampaikan Welber masih ada kompetisi di Sao Paulo," papar Bima Sakti saat ditemui awak media selepas latihan Timnas Indonesia U-17 di Lapangan A GBK, Kamis (20/7/2023) pagi WIB.

"Sekarang (Welber) sedang di Rio (de Jeneiro) dan mungkin setelah kompetisi, itu baru bergabung (dengan Timans Indonesia U-17)," sambung juru taktik yang pernah mengantar Timnas Indonesia U-16 meraih gelar Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 saat ini memang tengah menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Agenda tersebut dimaksudkan sebagai persiapan bagi skuad Garuda Asia sebelum menjamu negara-negara lain dalam ajang Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan bergulir pada akhir tahun ini.

Sebanyak 34 pemain semula dipanggil Bima Sakit untuk mengikuti TC di Jakarta. Namun, sistem promosi dan degradasi yang diberlakukan memungkinkan adanya nama-nama baru yang bakal didatangkan serta dipulangkan oleh Bima Sakti dalam Timnas Indonesia U-17.


Tak Masalah Welber Jardim Telat Gabung

Aksi Welber Jardim di tim junior Sao Paulo. (Instagram/Welber Jardim)

Bima Sakti mengaku tidak masalah Welber Jardim terlambat gabung dengan Timnas Indonesia U-17. Pasalnya, menurut dia, sang pemain sudah mendapat porsi latihan dan kompetisi yang bagus bersama Sao Paulo.

Menurut Bima, Welber kemungkinan baru akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 pada Agustus mendatang. Hal ini lantaran sang pemain baru selesai menjalankan kompetisi dengan klub pada periode tersebut.

"Tidak apa-apa (telat gabung), karena kan di sana (Welber) dapat latihan yang bagus, dapat kompetisi juga yang bagus," papar Bima Sakti kepada awak media.

"Kami beri kesempatan di sana. Setelah selesai di sana, bulan Agustus (Welber) mungkin baru bisa bergabung," sambung pelatih berusia 46 tahun selepas sesi latihan Timnas Indonesia U-17 di Lapangan A GBK, Kamis (20/7/2023).


Bima Sakti Masih akan Panggil Pemain Diaspora

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (dua kiri) saat memimpin sesi latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). Latihan tersebut digelar guna persiapan menghadapi Piala Dunia U-17 yang akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Welber Jardim bukan satu-satunya pemain diaspora yang masih dinanti kehadirannya oleh Timnas Indonesia U-17.

Menurut Bima Sakti, pihaknya masih akan menjalin komunikasi dengan keluarga penggawa keturunan lain, demi memastikan kesediaan mereka untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Garuda Asia.

"Kami akan panggil pemain diaspora juga. Kami sudah banyak komunikasi dengan orang tua (pemain diaspora) seperti Gabriel, Igor sudah komunikasi juga. Nanti tinggal tunggu surat dari PSSI," tutur Bima.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya