Jangan Langsung Berdiri Setelah Terjatuh dari Motor, Ini Penjelasannya

Sepeda motor merupakan transportasi andalan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang relatif terjangkau, kendaraan roda dua yang satu ini bisa dipakai untuk menghindari kemacetan di perkotaan.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 22 Jul 2023, 10:02 WIB
Jangan Langsung Berdiri Setelah Terjatuh dari Motor, Ini Penjelasannya (DAM)

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor merupakan transportasi andalan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang relatif terjangkau, kendaraan roda dua yang satu ini bisa dipakai untuk menghindari kemacetan di perkotaan.

Tentu saja setiap pengendara sepeda motor harus berkendara mengutamakan keselamatan dan mematuhi aturan lalu lintas. Oleh karena itu, pemotor wajib memahami berbagai potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan atau terjatuh dari sepeda motor.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, berbagi tips penting yang perlu diingat saat mengendarai sepeda motor agar perjalanan terasa menyenangkan dan aman.

Lepaskan Diri dari Motor dan Berguling ke Kiri Jalan

Ketika kehilangan keseimbangan saat berkendara dan dirasakan akan terjatuh, sebaiknya Anda langsung melepaskan genggaman pada kemudi setang motor dan membiarkan motor terjatuh secara terpisah dengan kita.

Tindakan tersebut bisa mencegah risiko terseret oleh sepeda motor dan mengakibatkan cedera yang lebih parah.

Saat sudah terjatuh tentunya setiap pengendara memiliki reflek yang berbeda-beda. Namun langkah yang paling baik adalah segera lipatkan tangan menutupi dada dan lengan ke dagu untuk melindungi tubuh serta mencegah terjadinya dislokasi pada sendi lengan atau patah tangan pada lengan akibat menahan tubuh yang terjatuh.

Setelah itu segera berguling ke arah kiri jalan agar tidak ada pengendara lain atau pengguna jalan lain yang akan membahayakan kita juga saat terjatuh.

 


Gunakan Perlengkapan Berkendara

 

Ludhy Kusuma menganjurkan pemotor untukk, selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap saat berkendara sepeda motor, mulai dari menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu agar dapat meminimalisir dampak terjatuh jika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi sepeda motor. Periksa ban, rem, lampu, dan semua bagian penting lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika ada kerusakan atau masalah, sebaiknya sepeda motor diperbaiki terlebih dahulu sebelum berangkat.

Selain memperhatikan kondisi sepeda motor, ada juga beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghindari potensi bahaya di jalan raya, misalnya menjaga kecepatan yang wajar atau hindari berkendara mengantuk

Dalam situasi darurat, tetap tenanglah sebisa mungkin. Dengan tetap tenang, Anda dapat berpikir lebih jernih dan mengambil keputusan yang tepat.

“Ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan berkendara saat berada di jalan raya, utamakan keselamatan diri dan mematuhi aturan lalu lintas menjadi salah satu cara penting untuk menghindari resiko kecelakaan,” tutup Ludhy.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya