Simak, Deretan Hoaks Terbaru Seputar Anies Baswedan

Hoaks banyak menyerang Bacapres jelang Pilpres 2024 tak terkecuali pada Anies Baswedan.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 25 Jul 2023, 16:54 WIB
Ilustrasi hoaks catut nama Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks banyak menyerang Bacapres jelang Pilpres 2024 tak terkecuali pada Anies Baswedan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Anies Baswedan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Penyambutan Anies Baswedan oleh Masyarakat Kaltim

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penyambutan masyarakat Kalimantan Timur atas kehadiran Anies Baswedan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Juli 2023.

Unggahan klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur menampilkan sejumlah orang memadati ruangan terbuka sambil menyanyikan lagu berjudul Indonesia Pusaka diiringi kibaran bendara yang dilakukan beberapa orang, dalam video juga terlihat panggung, mobil pemadam kebakaran dan sejumlah kendaraan bermotor.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Penyambutan Masyarakat Kalimantan Timur yang menginginkan perubahan atas kehadiran Anis Baswedan di daerahnya membludak"

Benarkah klaim video penyambutan Anies Baswedan oleh masyarakat Kalimantan Timur? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Video Anies Baswedan Didaulat Membaca Khutbah di Depan Ka'bah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 Juni 2023.

"Kenegaraan yang pertama setelah setelah 29 tahun, jadi kunjungan yang terakhir adalah dilakukan oleh ayahnya oleh ayah beliau, jadi beliau sangat senang bisa kembali ke Indonesia dan ini juga merupakan selain dari sisi kenegaraan juga pertemuan antara dua sahabat dekat, memiliki hubungan yang sangat dekat dengan istilahnya klick verymuch jadi sudah ngeklik kalau kita bilang.

Dan ini juga salah satu pertemuan yang terpanjang yang pernah dilakukan tamu dari negara lain, mulai dari Airport di dalam mobil sekitar kurang lebih satu setengah jam kemudian dilanjutkan dengan pembahasan di teras di beranda selama lebih dari 1 jam."

Dalam video tersebut juga menampilkan cuplikan foto Anies sedang berjalan bersama Raja Salman di dekat ka'bah.

Dalam video tersebut juga terdapat tulisan sebagai berikut.

"SATU-SATUNYA CAPRES RI!! RAJA SALMAN MINTA ANIES PIMPIN KHUTBAH DIDEPAN KA'BAH"

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ANIES DISAMBUT SEBAGAI TAMU KEHORMATAN OLEH RAJA SALMAN DAN DI DAULAT UNTUK MEMBACA KHOTBAH DIDEPAN KA'BAH SUBHANALLOH SEMOGA DIBERKAHI DAN DIRIDHOI MEMIMPIN BANGSA INDONESIA"

Benarkah mendapati kalim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Anies Baswedan Dapat Perlakuan Khusus dari Pemerintah Arab Saudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakukan khusus dari Pemerintah Arab Saudi. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Juni 2023.

Unggahan klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakuan khusus dari Pemerintah Arab Saudi menampilkan Anies Baswedan kenakan pakaian ihram sedang bersama Raja Salman di dekat Ka'bah. Dalam foto terdapat tulisan sebagai berikut.

"DIDAMPINGI RAJA SALMAN

ANIES DIKAWAL KETAT APARAT KERAJAAN ARAB SAAT TAWAF"

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Anies Baswedan mendapat undangan pribadi dan diperlakukan khusus oleh Raja Salman pemerintahan Arab Saudi, bahkan raja salman ikut wukuf sambil memberikan pengawalan yg ekstra ketat kepada @Anies Baswedan ada apa???"

Benarkah klaim foto Anies Baswedan mendapat perlakukan khusus dari Pemerintah Arab Saudi? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya