Gibran Rakabuming Raka di Jakarta, Sambangi Relawan Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi acara makan siang dengan sejumlah organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 27 Jul 2023, 13:38 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi acara makan siang dengan sejumlah organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com).

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi acara makan siang dengan sejumlah organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo. Gibran mengaku tidak ada pembahasan isu politik dengan relawan pendukung Jokowi itu.

"Agenda hari ini makan. Enggak ada (pembicaraan dengan relawan), makan aja," kata Gibran di restoran Talaga Sampireun, Kwitang, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2023).

Pria yang mengenakan kaos putih dan celana jeans itu mengaku ada acara lain di Jakarta. Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak cuti dari kerjaannya sebagai kepala daerah.

"Tadi saya ke Rosi, terus mampir mau makan doang, makan, makan. Ngapain cuti? Enggak, saya mendatangi Rosi," ungkap dia.

Gibran mengaku tidak mengarahkan para relawan Jokowi untuk mendukung calon presiden tertentu. Ia mengaku bukan siapa-siapa.

"Enggak gimana-gimana. Hari ini kita makan doang ya. Enggak ada arahan-arahan. Emangnya saya siapa ngarah ngarahin orang," jelasnya.

Adapun ada sejumlah organ relawan yang hadir dalam acara makan siang bareng Gibran hari ini. Yaitu, Rejo, Arus Bawah Jokowi (ABJ), Josmart, Samawi, Bara JP, Pertiwi Indonesia, Sedulur Jokowi, Kornas Jokowi, dan Sajojo.

 


Gibran Bicara soal Kedekatan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi acara makan siang dengan sejumlah organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku memiliki kedekatan dengan semua bakal calon presiden (bacapres). Namun ia mengaku merasa paling dekat dengan Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo.

“Saya dekat dengan semua. Pak Prabowo, Pak Anies, ya paling dekat ya sama Pak Ganjar,” ujar Gibran di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023).

Pernyataan tersebut Gibran sampaikan ketika ditanya soal kedekatannya dengan bakal calon presiden Gerindra Prabowo Subianto.

Namun demikian, Gibran menyampaikan bahwa kehadirannya di safari politik Ganjar tidak mewakili ayahnya atau Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Saya tidak mewakili Pak Jokowi,” kata Gibran.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Adian Napitupulu menyebut, tidak ada alasan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak mendukung Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo.

Namun, Adian menyadari Jokowi tidak mungkin berbicara secara terang-terangan mendukung Ganjar, karena berstatus kepala negara.

Dia mengatakan itu saat menjawab pertanyaan awak media soal status Wali Kota Solo sekaligus putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang menjadi juru kampanye Ganjar sebagai pertanda kepala negara mendukung Gubernur Jawa Tengah itu.

"Tidak ada alasan Jokowi untuk tidak mendukung Ganjar, dong, walaupun dia sebagai kepala negara dia (Jokowi, red) tidak mungkin menyampaikan dalam pidato terbuka, enggak mungkin," kata Adian, Sabtu (22/7/2023).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya