6 Fakta Menarik Samoa Amerika, Bagian Wilayah AS di Oceania yang Dipimpin Gubernur

Samoa Amerika merupakan bagian dari Polinesia, meliputi terdiri atas dua pulau utama dan tujuh pulau kecil mencakup pulau Tutuila, Tau, Olosega, Ofu, dan Aunuu yang berpenghuni, bersama dengan atol karang tak berpenghuni bernama Rose Atoll.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Agu 2023, 08:30 WIB
Pemandangan di Samoa Amerika dengan pulau dan pantainya. (Dok: Instagram @nationalopark.usa)

Liputan6.com, Jakarta - Samoa Amerika, secara resmi disebut Territory of American Samoa, negara yang wilayahnya tak tergabung Amerika Serikat. Samoa Amerika terdiri dari bagian timur kepulauan Samoa, terletak di selatan-tengah Samudera Pasifik.

Mengutip dari laman Britannica, Senin, 31 Juli 2023, negara di wilayah oceania ini berbatasan dengan Kepulauan Tokelau di utara dan Kepulauan Cook di selatan. Sementara di barat daya berbatasan dengan negara Fiji, negara Tonga, dan negara Vanuatu, serta di barat laut berbatasan dengan Tuvalu.

Wilayahnya, yang merupakan bagian dari Polinesia, meliputi dua pulau utama dan tujuh pulau kecil mencakup pulau Tutuila, Tau, Olosega, Ofu, dan Aunuu yang berpenghuni, bersama dengan atol karang tak berpenghuni bernama Rose Atoll. Pulau Swains, atol karang berpenghuni, di barat laut Tutuila dan secara fisiografis terpisah dari kepulauan, dijadikan bagian dari Samoa Amerika pada tahun 1925.

Ibu kota Samoa Amerika adalah Pago Pago, di Tutuila. Pada 2022 menurut World Fact Book, populasi Samoa Amerika adalah sekitar 45.443 orang. Sebagian besar orang Samoa Amerika bisa bilingual dan berbicara dalam Bahasa Inggris dan Samoa dengan lancar.

Masih banyak hal mengenai Samoa Amerika selain letak geografisnya. Berikut enam fakta menarik Samoa Amerika yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (31/7/2023). 

1. Sempat Diperintah Raja

Pada abad ke-19 Samoa masih dipimpin oleh seorang raja. Sejarah lisan menunjukkan bahwa raja-raja Tui Manuʻa memerintah sebuah konfederasi pulau-pulau yang sangat jauh termasuk Fiji, Tonga serta kerajaan Pasifik barat yang lebih kecil dan pencilan Polinesia seperti Uvea, Pulau Futuna, Tokelau, dan Tuvalu. Di saat yang sama, Samoa telah pecah dan diperebutkan oleh Jerman, Amerika Serikat dan Inggris.

 


2. Negara Tak Berbadan Hukum

Salah satu pemandangan di Samoa Amerika. (Dok: Instagram @mikahmey)

Samoa Amerika merupakan sebuah negara tak berbadan hukum dan wilayah tak terorganisir Amerika Serikat yang dikelola oleh Kantor Urusan Insuler Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat. Konstitusi Samoa Amerika diratifikasi pada 1966 dan mulai berlaku pada 1967.

Meskipun secara de jure tidak terorganisir, Samoa Amerika secara de facto terorganisir, dengan politiknya berlangsung dalam kerangka demokratis perwakilan presidensial ketergantungan. Di Samoa Amerika Gubernur adalah kepala pemerintahan, dan menganut Sistem multipartai pluriform.

3. Etnis dan Agama di Samoa Amerika

Sebagian besar penduduknya merupakan etnis Samoa, namun ada minoritas kecil asal Tonga dan Filipina dan orang-orang dari etnis campuran. Orang Samoa adalah orang Polinesia yang terkait erat dengan penduduk asli Selandia Baru, Polinesia Prancis, Hawaii, dan Tonga.

Cara hidup orang Samoa, atau fa'a Samoa, bersifat komunal. Sekitar setengah dari populasi termasuk salah satu dari beberapa denominasi Protestan, di antaranya Gereja Kristen Jemaat memiliki pengikut terbesar. Lebih dari seperenam populasi menganut Katolik Roma, dan kurang dari seperenam adalah Mormon.


4. Salah Satu Pulau di Oceania Milik Amerika

Taman Nasional paling ikonik di Samoa Amerika yaitu Pulau Ofu. (Dok: Instagram @mikahmey)

Samoa Amerika, yang terletak di wilayah Oseania merupakan salah satu dari hanya dua kepemilikan Amerika Serikat di belahan bumi selatan, yang lainnya adalah Pulau Jarvis. Luas tanah seluruhnya meliputi 761 mil persegi, sedikit lebih besar dari Washington, D.C. dan terdiri dari lima pulau vulkanik terjal dan dua atol karang.

5. Wisata di Samoa Amerika

Mengutip dari laman The Travel, Senin, 31 Juli 2023, Samoa Amerika adalah destinasi tropis dan merupakan rumah bagi terumbu karang yang menakjubkan dan ikan berwarna-warni. Ini merupakan tempat yang bagus untuk menjelajahi dunia bawah laut di bawah ombak.

Beberapa karang dan garis pantai dilindungi di Taman Nasional Samoa Amerika. Scuba diving dan snorkeling adalah daya tarik utama mengunjungi Samoa Amerika.

Samoa Amerika memiliki hutan hujan dan pegunungan yang rimbun, dan sebagian kecil pulaunya merupakan tempat yang bagus untuk hiking. Banyak tur di Samoa Amerika termasuk mendaki jalan setapak di Taman Nasional dan Pulau Aunu'u. Pengunjung juga dapat menikmati tur berpemandu ke flora dan fauna hutan hujan, serta mencoba kayak.

 


6. Kuliner di Samoa Amerika

Hidangan kuliner lokal di Samoa Amerika. (Dok: Instagram @measinasamoa)

Mengutip dari laman Study Caountry, Senin, 31 Juli 2023, barbeque lokal dan makanan lokal yang dipanggang di perapian batu seperti sukun, babi, ayam, dan pisang tersedia di sebagian besar desa di Samoa Amerika. Spesialisasi lokal termasuk persiapan kaya yang disebut fia fia, yang merupakan Pesta Samoa.

Bahannya terdiri dari babi guling, ayam, ikan, palusami (krim kelapa yang dibungkus daun talas dan dimasak dalam umu, atau oven lubang), buah sukun, kelapa, pisang, jeruk nipis dan mangga. Minuman nasional adalah kava, yang diminum dalam upacara sakral yang memiliki ritual rumit dan sulit untuk dihadiri kecuali diundang oleh seorang teman Samoa.

Selain itu mencicipi makanan langsung dari umu (oven tanah) adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan di Samoa Amerika. Banyak resor menawarkan makanan yang dimasak umu sebagai bagian dari malam fiafia (budaya) mingguan mereka. 

Makanan lokal tradisional, seperti palusami, tersedia di pasar harian di Apia, Upolu dan Salelogo di Savai'i. Kuliner itu benar-benar asli dari Samoa dan tak ada yang lebih otentik dari itu.

Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya