Proses Transfer ke Al-Nassr Rampung, Sadio Mane Jadi Pemain Afrika dengan Bayaran Tertinggi

Al-Nassr diketahui telah membayar sekitar 24 juta pounds untuk jasa Mane, yang nantinya akan bergabung dengan pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 01 Sep 2023, 15:24 WIB
Penyerang Bayern Munchen Sadio Mane. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Klub Arab Saudi Al-Nassr telah menyelesaikan penandatanganan pemain depan Senegal Sadio Mane dari Bayern Munchen. Pemain berusia 31 tahun itu telah menandatangani kontrak empat tahun hingga 2027.

Rampungnya proses transfer menjadikan Mane sebagai pemain sepak bola Afrika dengan bayaran tertinggi. Di klub baru dia menghasilkan lebih dari 650.000 pounds per minggu dan bebas pajak.

Al-Nassr diketahui telah membayar sekitar 24 juta pounds untuk jasa Mane, yang nantinya akan bergabung dengan pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo di Timur Tengah.

Mane menjadi rekrutan keempat Al-Nassr di jendela transfer musim panas setelah Alex Telles, Marcelo Brozovic dan Seko Fofana. Sang penyerang nantinya akan mengenakan nomor punggung 10 untuk klub barunya.

Pemain internasional Senegal yang memiliki 97 caps meninggalkan Bayern Munchen setelah hanya satu musim bersama raksasa Jerman itu menyusul transfer 35 juta dari Liverpool musim panas lalu.


Sane Pernah Diskors Usai Meninju Leroy Sane

Penyerang Bayern Munchen Sadio Mane. (Oli SCARFF / AFP)

Mane merayakan gelar Bundesliga dan DFL-Supercup bersama Bayern Munchen musim lalu. Namun, dia gagal memberikan dampak yang diinginkan dalam satu-satunya musimnya di Allianz Arena, hanya mencetak tujuh gol dalam 25 penampilan liga.

Penyerang itu tidak disukai di bawah pelatih kepala Thomas Tuchel setelah dia diskors dan didenda karena meninju rekan setimnya Leroy Sane setelah pertandingan perempat final Liga Champions dengan Manchester City pada April.


Sane Berharap yang Terbaik Buat Bayern Munchen

Mantan bintang Liverpool ini tampak kehilangan ketangguhannya sejak pindah ke Bayern Munchen. Menurunya performa Mane membuat nilai pasarnya yang semula pada musim panas 2022 sebesar 70 juta euro (Rp1,14 triliun) kini tinggal 25 juta euro (Rp408,3 miliar). (Photo by Christof STACHE / AFP)

Mane mengaku sebenarnya dia merasa "terluka" dengan kepergiannya dari Bayern Munchen. "Meninggalkan FC Bayern menyakiti saya. Saya berharap untuk akhir yang berbeda. Saya tahu bahwa saya bisa membantu tim musim ini," katanya pada Sky Sports.

"Saya ingin membuktikannya kepada semua orang musim ini. Namun demikian, saya hanya berharap yang terbaik untuk klub dan para penggemar untuk masa depan," ujar Sane.


Komentar Sane Mendapat Tanggapan Thomas Tuchel

Reaksi pemain Bayern Munchen, Sadio Mane saat laga lanjutan Liga Jerman 2022/2023 melawan FC Augsburg 1907 di Allianz Arena, Jerman, 11 Maret 2023. Mane memutuskan hengkang dari Liverpool ke Munchen pada awal musim ini. Ia diboyong ke Allianz Stadium dengan harga 32 juta euro. Sayangnya, pemain berkebangsaan Senegal tersebut tak mampu bersinar seperti di Liverpool. Ia sejauh ini tercatat baru mencetak 11 gol dan 5 assist dalam 32 penampilan di semua ajang. (AFP/Christof Stache)

"Kami berpelukan lama dan erat dan kami berdua sepakat bahwa kami tidak menyukai apa yang terjadi sekarang, tetapi kami pikir itu yang terbaik dalam situasi ini," kata Tuchel menanggapi komentar Sane pada BBC Sport.

"Kadang-kadang hal-hal tidak berjalan seperti yang diinginkan semua orang. Saya selalu memiliki hubungan yang sangat baik dengannya dan ini akan tetap ada. Saya sangat mengerti dia merasa sakit hati dan saya juga tidak akan merasa senang jika hal seperti ini terjadi.

"Jelas itu adalah sesuatu yang tidak kami bawa ke potensi penuh, yang merupakan tanggung jawab saya, tetapi dalam situasi khusus ini adalah solusi terbaik untuk melepaskan ikatan."


Manajemen Bayern Munchen Doakan Kepergian Sane

Penyerang Bayern Munchen, Sadio Mane tersenyum saat sesi latihan di Munich, Jerman selatan pada 31 Oktober 2022. - Bayern Munchen akan menjamu Inter Milan di Allianz Arena pada matchday terakhir Grup C Liga Champions 2022/2023. Pertandingan ini dijadwalkan kick-off Rabu, 2 November 2022, jam 03:00 WIB. (AFP/Christof Stache)

Kepergian Sane juga langsung diumukan CEO Bayern Jan-Christian Dreesen di situs resmi klub. "Kami ingin berterima kasih kepada Sadio Mane untuk musim lalu. Ini tentu bukan tahun yang mudah baginya, cedera tepat sebelum Piala Dunia dan menjadi tidak dapat mengambil bagian di dalamnya dengan Senegal, yang sebelumnya dia pimpin untuk kemenangan pertama di Piala Afrika dan kualifikasi Piala Dunia.

“Karena masa istirahatnya yang lama, dia juga tidak bisa memberikan pengaruh di FC Bayern seperti yang kita semua dan dia sendiri harapkan," ujarnya.

"Itulah mengapa kami sampai pada keputusan bersama bahwa dia akan memulai babak baru dalam karirnya dan membuat awal baru di klub yang berbeda. Kami mendoakan yang terbaik untuknya dan banyak kesuksesan untuk tantangan di depan di Al-Nassr."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya